Kapan Perlu Mencari Perawat Lansia untuk Orangtua di Rumah?

Dipublish tanggal: Jul 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 23, 2019 Waktu baca: 3 menit
Kapan Perlu Mencari Perawat Lansia untuk Orangtua di Rumah?

Seiring bertambahnya usia, kemampuan fungsi organ tubuh serta kemampuan gerak tentu akan menurun. Hal inilah yang dirasakan oleh orangtua Anda yang sudah lansia. Jika Anda tinggal di rumah bersama orangtua yang sudah sepuh, tapi Anda tidak bisa menjaganya selama 24 jam karena harus bekerja, mungkin ini saatnya Anda perlu bantuan seorang perawat lansia.

Perawat lansia bertugas untuk mengurus orangtua selama Anda tidak berada di rumah. Perawat lansia akan memenuhi kebutuhan orangtua Anda, mulai dari makan, mandi, minum dan kebutuhan lainnya. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Lantas, kapankah perawat lansia mulai dibutuhkan dan bagaimana cara mendapatkan perawat lansia yang cocok untuk orangtua di rumah? Semua jawabannya ada di ulasan berikut ini. 

Kapankah waktu yang tepat untuk mencari perawat lansia?

Memang tidak semua orangtua yang sudah lanjut usia memerlukan bantuan orang lain selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhannya. Namun, ada beberapa hal dan kondisi yang membuat seorang lansia merasa butuh pendamping yang selalu stand by di dekatnya.

Jika orangtua Anda masih sehat bugar, maka bersyukurlah karena artinya Anda dapat dengan tenang meninggalkan orangtua di rumah selama Anda bekerja. Namun, jika orangtua Anda sudah tidak lagi mampu beraktivitas, baik karena harus berbaring atau memerlukan bantuan kursi roda, maka artinya kehadiran perawat lansia sudah sangat dibutuhkan.

Beberapa kondisi yang mengharuskan Anda memiliki perawat lansia adalah sebagai berikut:

  • Orangtua yang sudah sepuh mengalami gangguan ingatan, hingga sering lupa jalan pulang dan tersesat. Perawat lansia sangat dibutuhkan untuk menemani orangtua Anda ke manapun agar tidak tersesat atau hilang.
  • Orang tua lansia mengidap penyakit tertentu yang menghalanginya beraktivitas dengan normal. Misalnya penyakit stroke atau penyakit lain yang membuatnya hanya bisa berbaring di kasur atau berjalan dengan bantuan kursi roda.
  • Anda maupun anggota keluarga lainnya harus bekerja dan tidak dapat menemani lansia selama 24 jam di rumah.

Baca Juga: 11 Penyakit Lansia yang Sering Terjadi di Indonesia

Tugas perawat lansia adalah merawat kebutuhan sehari-hari orangtua ketika Anda sekeluarga sedang berada di luar untuk bekerja. Perawat lansia akan membantu membersihkan tubuh lansia, seperti mandi ataupun membersihkan bekas buang air kecil dan buang air besarnya. 

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Pasca Stroke 5 Kali Visit di NK Health

Untuk Pemulihan Pasien, pasca pemulihan dari rawat inap stroke. Latihan termasuk Anamnesa dan Tes Khusus, dengan terapi Bobath Method, Breathing Exercise, PNF (Procioceptive Neuromuscular Stabilization), Modality dan Exercise Therapy. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi pasca stroke 1x visit di nk health

Selain itu, perawat lansia juga bertugas untuk mempersiapkan makanan dan minuman, bahkan sampai menyuapinya. Apabila lansia sedang dalam terapi pengobatan, maka perawat lansia akan membantu jalannya terapi seperti fisioterapi stroke.

Baca Selengkapnya: Vitamin untuk Lansia, Apakah Memang Diperlukan?

Tips mencari perawat lansia

Tidak semua orang dapat menjadi perawat lansia. Sama seperti mencari baby sitter untuk bayi, mencari perawat lansia juga susah-susah gampang dan cocok-cocokan.

Pilihlah perawat lansia yang sudah tersertifikasi. Pasalnya, perawat lansia yang punya sertifikat khusus berarti telah melalui serangkaian pelatihan dan ujian, sehingga lebih profesional dan dapat memenuhi kriteria yang dibutuhkan. 

Tenang, berikut ini beberapa tips mencari perawat lansia yang sesuai dengan kebutuhan orangtua Anda di rumah:

1. Mampu berkomunikasi dengan baik dan lembut

Perawat lansia harus dapat menempatkan diri sesuai dengan kebutuhan orang tua yang dirawatnya. Ada beberapa lansia yang membutuhkan teman bicara sehingga nantinya perawat lansia akan berperan sebagai teman dan sahabat mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Kemampuan komunikasi yang baik juga diperlukan, mengingat lansia sering kali mengalami perubahan suasana hati yang cepat. Oleh karena itu, perawat lansia harus dapat berkomunikasi dengan tepat dan sabar agar kebutuhan orang tua tetap dapat terpenuhi.

2. Mampu beradaptasi yang cepat

Karena harus berhadapan dengan lingkungan yang berbeda, perawat lansia harus memiliki kemampuan adaptasi yang cepat ketika merawat lansia. Selain itu, perawat juga harus mampu beradaptasi dengan keluarga pasiennya.

3. Sabar

Kesabaran merupakan salah satu poin terpenting yang dibutuhkan sebagai perawat lansia. Hal ini dikarenakan lansia cenderung mudah mengalami perubahan suasana hati yang cepat dan mungkin terkadang menjengkelkan. Karena itulah, kesabaran sangat dibutuhkan dalam merawat lansia. 

Baca Juga: Lansia Sehat: Aktivitas Fisik dan Waktu Tidur Sangat Berpengaruh

20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nursing Home Care: Services, Costs, and More Information. WebMD. (https://www.webmd.com/health-insurance/nursing-home-care#1)
Patient Safety and Quality in Home Health Care - Patient Safety and Quality. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2631/)
Senior Health Information: Longevity, Exercises, and More. Healthline. (https://www.healthline.com/health/senior-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app