Jurus Melawan Trikomoniasis

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit

Trikomoniasis adalah salah satu dari Penyakit Menular Seksual (PMS).  Trikomoniasis paling sering menyerang wanita,  namun pria dapat terinfeksi dan menularkan ke pasangannya lewat kontak seksual. Pada wanita tempat yang paling sering terinfeksi adalah vagina, sedangkan pada pria tempat infeksi paling sering adalah saluran kemih.

Cara Penularan Trikomoniasis

Penularan Trikomoniasis terjadi tidak hanya saat melakukan kontak seksual. Seorang pengidap Trikomoniasis dapat menularkan parasit pada orang lain melalui pinjam meminjam handuk dan pakaian dalam. Untuk menghambat dan mencegah penularan disarankan untuk menjaga kebersihan alat vital, tidak berganti-ganti pasangan seksual, serta mengenakan kondom.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Keluhan akibat Trikomoniasis

Beberapa keluhan akibat trikomoniasis antara lain:

Pada perempuan

  • Pengidap trikomoniasis kerap merasa gatal serta timbul rasa panas pada instrument kewanitaannya. Terkadang disertai dengan keputihan.
  • Timbul rasa sakit saat melakukan hubungan badan.
  • Keputihan akut berupa busa atau berdarah.
  • Nyeri perut bagian bawah saat melakukan hubungan seksual.

Pada laki-laki

  • Keluhan saat buang air seni
  • Nyeri pada testis
  • Ngilu di bagian bawah perut

Gejala trikomoniasis pada pria yang terinfeksi biasanya akan hilang dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Namun, pria yang terinfeksi tersebut, walaupun tidak pernah memperlihatkan gejala atau gejalanya sudah tidak ada, dapat terus menularkan ke pasangan seksualnya sampai ia selesai diobati. Oleh karena itu, kedua pasangan seksual tersebut harus diobati sekaligus untuk menghentikan penyebaran penyakitnya.

Penderita yang sedang diobati disarankan tidak melakukan hubungan seksual selama pengobatan dan sebelum dinyatakan sembuh. Orang yang pernah terkena trikomoniasis tidak berarti jadi immun atau tidak terkena lagi. Walaupun pengobatannya berhasil, orang tersebut dapat terkena infeksi kembali.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Trichomoniasis - Prevention. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/conditions/trichomoniasis/prevention/)
Trichomoniasis - 2015 STD Treatment Guidelines. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/std/tg2015/trichomoniasis.htm)
Trichomonas vaginalis: treatment questions and challenges. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4670086/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app