Jerawat Parah? Sembuhkan dengan Obat Dokter

Dipublish tanggal: Jul 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Jerawat Parah? Sembuhkan dengan Obat Dokter

Memiliki jerawat wajah pasti dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlebih lagi jika kondisi jerawat sudah parah dan meradang. Tentu hal ini bukan hanya menurunkan rasa percaya diri saja, namun juga dapat memunculkan penyakit lain yang harus diwaspadai.

Jika jerawat Anda termasuk meradang dan parah, Anda harus segera melakukan tindakan. Ada beberapa tanda dan ciri yang menunjukkan jerawat Anda termasuk sebagai jenis jerawat yang meradang. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Berikut ini tanda jerawat Anda sudah meradang dan begitu parah:

Kulit wajah dipenuhi jerawat dan bekas jerawat

Wajah yang sudah dipenuhi dengan jerawat dan bekasnya menjadi tanda sebagai jerawat yang sudah meradang. Selain meninggalkan rasa nyeri, bekas jerawat yang ada di wajah pun juga bisa mengganggu penampilan diri seseorang.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi jerawat tersebut. Dengan perawatan yang tepat, nantinya jerawat dan bekas jerawat bisa dihilangkan.

Sudah menggunakan berbagai obat jerawat namun tidak mempan

Apabila jerawat Anda sudah diobati menggunakan berbagai obat jerawat namun tidak mempan juga, artinya jerawat Anda sudah parah. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan hanya membiarkan jerawat Anda tinggal di wajah. Sebaiknya segera memeriksakannya ke dokter kecantikan terdekat.

Kondisi mood yang tiba-tiba berubah saat bertemu orang lain

Kondisi jerawat yang bandel dan meradang bisa membuat mood berubah secara tiba-tiba, khususnya ketika bertemu dengan banyak orang. Kondisi seperti ini menjadi hal yang sangat wajar, karena kemunculan jerawat menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Kondisi jerawat berwarna merah

Warna merah jerawat dapat dijadikan sebagai tanda jerawat sudah meradang. Untuk mengetahui penyebabnya , sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter. Warna merah pada jerawat itu penyebabnya bisa beragam. Biarkan dokter yang melakukan pemeriksaan dan mendiagnosa secara medis.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Jerawat bertambah banyak

Kondisi jerawat yang parah dapat ditandai dengan jumlah jerawat yang semakin bertambah. Bukan tidak mungkin seluruh kulit wajah dipenuhi dengan jerawat. Apabila kondisi wajah Anda sudah seperti ini, jangan diam saja. Anda harus segera mencoba datang ke dokter jerawat terdekat agar segera mendapatkan penanganan.

Jerawat berisi nanah dan darah

Jerawat yang parah dan meradang ditandai dengan jerawat berisi nanah dan darah. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak memencet jerawat agar kondisinya tidak semakin parah. Nanah pada jerawat tersebut menunjukkan sudah terjadi infeksi. Oleh karena itu, perlu penanganan yang berhati-hati untuk mengobatinya.

Merawat jerawat tidak harus menunggu jerawat menjadi parah terlebih dahulu. Karena semakin cepat Anda melakukan pengobatan, maka diharapkan kondisi jerawat akan makin pudar. Sebaliknya apabila kondisi jerawat terus-menerus dibiarkan, maka menjadikan jerawat menjadi meradang dan dapat menimbulkan infeksi.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di wajah Anda. Namun jika kondisi jerawat sudah meradang, salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan datang ke dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Mungkin bisa juga Anda mencoba cara alami menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Seperti misalnya dengan menggunakan ramuan tradisional. Namun jika Anda kurang yakin, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan perawatan ke klinik kecantikan. 

Sehingga nantinya pemeriksaan akan dilakukan secara lebih intensif disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajah Anda. 

22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
FDA drug safety communication: FDA warns of rare but serious hypersensitivity reactions with certain over-the-counter topical acne products. U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm400923.htm.
Emmy Graber. Treatment of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.
Thiboutot D, et al. Pathogenesis, clinical manifestations and diagnosis of acne vulgaris. https://www.uptodate.com/contents/search.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app