GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Jenis dan Gejala Psoriasis yang Harus Anda Waspadai

Dipublish tanggal: Agu 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 28, 2020 Waktu baca: 3 menit
Jenis dan Gejala Psoriasis yang Harus Anda Waspadai

Banyak orang yang mengira berubahnya warna kulit menjadi kemerahan dan disertai dengan bercak putih mirip sisik merupakan gejala kurap atau kudis, padahal kondisi tersebut bisa jadi merupakan pertanda terkena penyakit psoriasis. Gejala psoriasis memang mirip dengan gejala kudis dan kurap, tetapi psoriasis biasanya muncul pada tangan, kaki, punggung, dan kepala. 

Psoriasis dapat terjadi akibat peradangan kronis pada kulit karena terserangnya sistem imunitas tubuh. Hal ini menyebabkan pembelahan sel kulit terjadi secara berlebihan dan secara umum kulit akan mengalami pengelupasan dan digantikan oleh sel kulit baru. Pada penderita psoriasis, pertumbuhan kulit akan terasa tidak wajar sehingga terjadi penumpukan lapisan kulit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli HYDROCORTISON CREAM KALBE 1% 5GR via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Hydrocortison kalbe 1 krim 5 gram 4

Selain karena faktor sistem daya tahan tubuh, munculnya psoriasis juga bisa disebabkan akibat konsumsi alkohol, stres berlebihan, atau cedera akibat kecelakaan. Bekas suntikan, vaksin, dan paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab terkena psoriasis.

Baca juga: 6 Penyebab Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Gejala psoriasis

Gejala psoriasis pada dasarnya hampir mirip dengan gejala kurap dan kudis yang biasanya ditandai dengan munculnya kulit memerah dan gatal, kulit pecah-pecah, kuku menebal, serta terjadi pembengkakan pada sendi. Kulit memerah dan bersisik disertai dengan munculnya rasa gatal sering diduga sebagai penyakit kurap padahal itu juga bisa menjadi tanda psoriasis.

Gejala psoriasis tidak hanya ditandai dengan kulit memerah, bersisik, dan gatal, tetapi juga terjadi penebalan pada kulit bagian tubuh tertentu. Selain itu, psoriasis juga ditandai munculnya kulit pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena penebalan kulit yang terjadi saat mengalami psoriasis. Tidak jarang penderita psoriasis jua mengalami luka akibat terjadinya penebalan kulit. 

Psoriasis jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan rasa perih pada kulit. Psoriasis tidak hanya menyerang tangan, punggung, atau kaki saja, tetapi juga dapat menyerang kuku jari di mana kuku akan ditandai dengan perubahan dan penebalan pada kuku. Jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kuku mudah hancur atau patah.

Tak hanya itu, psoriasis yang tidak segera ditangani akan menyebar pada kulit tubuh bagian lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penderita mengalami pembengkakan sendi serta menyebabkan nyeri pada sendi dan otot menjadi kaku.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Baca juga: 3 Jenis Nyeri Sendi, Termasuk Psoriatic Arthritis

Jenis dan gejala psoriasis

Psoriasis dibagi menjadi 6 jenis beserta dengan gejala yang juga berbeda, yaitu:

Psoriasis Guttate

Guttate psoriasis ditandai dengan munculnya bercak dan sisik kemerahan di seluruh bagian tubuh di mana bercak merah yang muncul pada umumnya memiliki ukuran yang kecil. Jika Anda menemukan bercak merah berukuran kecil hampir di seluruh bagian tubuh mungkin ini merupakan gejala guttate psoriasis.

Psoriasis di kulit kepala

Psoriasis di kulit kepala sering dianggap sebagai ketombe. Selain munculnya kulit yang bersisik seperti ketombe, psoriasis juga ditandai dengan munculnya bercak merah di kepala seperti iritasi dan terjadinya penebalan kulit kepala.

Psoriasis vulgaris

Psoriasis vulgaris ditandai dengan munculnya kulit kemerahan yang bersisik disertai kilauan warna perak di atasnya. Jika tidak segera ditangani, psoriasis vulgaris akan semakin parah sehingga dapat menyebabkan rasa gatal dan sakit secara berlebihan.

Psoriasis Inverse

Inverse psoriasis merupakan kondisi munculnya bercak di bagian tubuh yang tidak terlihat (tertutup), seperti ketiak, organ intim, selangkangan, dan payudara. Secara umum, inverse psoriasis memiliki gejala yang hampir sama dengan psoriasis lainnya seperti munculnya bercak merah yang bersisik dan disertai rasa gatal.

Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik merupakan jenis psoriasis paling berbahaya yang disebabkan oleh mengelupasnya bagian tubuh dan adanya ruam merah sehingga terlihat seperti luka bakar. Kondisi ini lebih rentan terhadap infeksi serta penderita jantung dan pneumonia.

Psoriasis pustular

Psoriasis pustular memiliki tanda adanya lepuhan berwarna putih dan disertai dengan nanah di dalamnya yang dapat terjadi di bagian kulit tertentu atau seluruh tubuh. Gejala lainnya adalah terlihatnya kemerahan dan bersisik pada kulit setelah lepuhan menghilang.

Jika kulit berubah warna menjadi kemerahan, bersisik, serta disertai rasa gatal dan penebalan pada kulit sebaiknya Anda perlu waspada. Karena hal terserbut bisa saja bukan penyakit kadas atau kurap, tetapi merupakan gejala psoriasis. Saat muncul keanehan pada kulit, segera konsultasikan dengan dokter kulit karena penanganan yang sesegera mungkin akan menghambat gejala psoriasis menjadi semakin parah dan mengurangi tingkat gatal berlebihan pada tubuh. Untuk mencegah psoriasis, Anda juga wajib menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh.

40 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Dowlatshahi EA. Lifestyle changes can make a difference in psoriasis. British Journal of Dermatology. 2015;172:317.
Managing itch. National Psoriasis Foundation. https://www.psoriasis.org/life-with-psoriasis/managing-itch.
Zhu TH, et al. The patient's guide to psoriasis treatment. Part 4: Goeckerman therapy. Dermatology and Therapy. 2016;6:333.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app