Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Jari Keriting - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 10, 2019 Tinjau pada DEC 10, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.565.033 orang

Jari-jari keriting adalah kondisi dimana jari Anda nampak keriting atau bengkok. Kondisi ini dapat mempengaruhi satu atau lebih jari Anda dan pada kedua tangan. Kondisi ini diberi nama seperti itu karena jari-jari berbentuk keriting, yang membuat tangan menyerupai cakar beruang. Jari-jari keriting bisa jadi merupakan cacat kongenital, cacat yang muncul ketika lahir atau dikarenakan gangguan atau cedera tertentu. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengambil atau memegang sesuatu dengan tangan. Hal ini terjadi bergantung dari tingkat keparahan dari kondisi jari Anda.

Penyebab Jari Keriting

Terdapat beberapa penyebab umum jari-jari keriting yaitu:

  • Cacat Lahir Kongenital, seperti disebutkan sebelumnya kondisi ini bisa jadi merupakan cacat lahir kongenital.
  • Kerusakan saraf, kerusakan saraf dapat terjadi pada lengan atau tangan akibat cedera atau penyakit seperti diabetes. Diabetes neuropati merupakan kerusakan saraf yang diakibatkan oleh kadar gula darah yang tidak terkontrol. Hal ini dapat berakibat pada jari-jari keriting. Terdapat juga penyebab lainnya seperti spondylosis serviks dan neuropati alkohol.  Spondylosis serviks merupakan kondisi aus abnormal kartilago atau tulang pada tulang belakang yang mengakibatkan tekanan pada saraf. Sementara neuropati alkohol merupakan kerusakan saraf yang disebabkan oleh penggunaan alkohol secara berlebihan atau dalam jangka panjang.
  • Bekas Luka di Kulit (keloid pads persendian jari), hal ini dapat juga menyebabkan jari-jari keriting yang diakibatkan oleh terbakar.
  • Penyakit akibat bakteri, salah satu contohnya adalah kusta, dapat menyebabkan jari-jarj keriting. Meskipun begitu hal ini jarang terjadi.

Diagnosis Jari Keriting

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda menemukan tanda-tanda mengalami kelainan ini. Selain itu perlu juga segera memeriksakan diri ke dokter jika Anda menderita jari-jari keriting, gejala yang Anda alami memburuk atau kondisi tidak membaik setelah diberikan pengobatan. 

Dokter dapat membuat diagnosis jari-jari keriting berdasarkan tampilan jari Anda. Namun dokter juga perlu melakukan tes untuk mengetahui penyebab dan seberapa parah kondisi yang Anda alami. Beberapa pemeriksaan dan tes tersebut yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat
  • Riwayat kesehatan, dokter mungkin akan bertanya tentang riwayat medis untuk mengetahui jika sakit atau cedera di masa lalu menyebabkan gejala yang Anda rasakan sekarang.
  • Pemeriksaan fisik, dokter mungkin akan menyuruh Anda untuk menekuk jari-jari dan menggenggam sesuatu. Hal ini merupakan tes tambahan untuk mengetahui seberapa kuat dan fleksibel jari-jari dan tangan Anda.
  • Pemeriksaan sinar X Ray untuk mengetahui bentuk tulang
  • Elektromyografi, tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik kerja saraf Anda. Untuk melakukan tes ini, dokter akan memasukkan jarum tipis melalui kulit menuju otot Anda. Jarum tersebut terhubung dengan mesin yang mengukur rangsangan listrik dari saraf Anda ketika Anda bergerak. Anda mungkin akan merasa kurang nyaman akibat jarum ini, namun rasanya cukup ringan. Anda mungkin juga akan mengalami sedikit memar atau agak kesakitan selama beberapa hari setelah tes.

Jika hasil tes EMG menunjukkan Anda memiliki aktivitas saraf abnormal, dokter akan melakukan tes lain untuk mencari tahu penyebab kerusakan saraf. Tes yang akan dilakukan tergantung dari riwayat medis Anda dan gejala lain yang Anda alami.

Perawatan pada Jari Keriting

Jari-jari keriting biasanya dapat diobati. Dengan perawatan yang tepat, gejala yang Anda alami mungkin akan berkurang atau mungkin hilang sama sekali. Hal ini bergantung pada penyebab dan keparahan kondisi Anda. Jenis perawatan yang terbaik bagi Anda bergantung dari penyebab utama jari-jari keriting. 

Berikut adalah beberapa pengobatan yang mungkin disarankan oleh dokter:

  • Terapi fisik, dokter akan merekomendasikan Anda melakukan terapi fisik untuk membantu meningkatkan fleksibilitas pada jari-jari dan tangan Anda. Terapi ini terdiri dari peregangan dan latihan untuk menguatkan otot-otot tubuh. Terapi fisik bisa jadi merupakan satu-satunya pengobatan yang Anda lakukan atau mungkin sebagai pelengkap dari pengobatan lain.
  • Perawatan Rumahan, jika bengkok pada jari-jari Anda disebabkan oleh cedera, mengistirahatkan tangan merupakan pengobatan satu-satunya yang Anda butuhkan. Dokter mungkin menyarankan Anda juga menggunakan penahan yang membuat pergelangan tangan tetap lurus dan mencegah cedera lebih parah.
  • Operasi, Anda mungkin membutuhkan operasi untuk memperbaiki kerusakan saraf, ligamen atau otot yang menyebabkan gejala jari-jari keriting. Jika cedera yang Anda alami disebabkan oleh kulit yang kulit yang tertarik, sebagaimana terjadi pada seseorang dengan luka bakar, pencangkokan kulit dan operasi menghilangkan jaringan luka mungkin dibutuhkan. Operasi beberapa kali mungkin penting untuk cacat serius dan luka bakar.
  • Obat-obatan, dokter mungkin akan meresepkan obat penyakit utams yang menyebabkan munculnya gejala. Misalnya antibiotik untuk mengobatj kusta.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit