Inilah 5 Manfaat Memelihara Tanaman Di Rumah

Dipublish tanggal: Sep 8, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit

Kebanyakan orang mengira memelihara tanaman di sekitar rumah hanya sebatas untuk kepentingan dekorasi dan estetika saja. Padahal memelihara tumbuhan di rumah memiliki beberapa manfaat yang lebih sangat beragam. 

Selain faktor keindahan, banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Simak informasinya sebagai berikut:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Manfaat tanaman bagi kesehatan

  • Menghasilkan oksigen untuk bernafas

Saat ini, tanaman merupakan penghasil oksigen terbesar bagi kehidupan di muka bumi. Dengan memelihara tanaman, maka jumlah karbondioksida di sekitar kita itu akan berkurang. Proses produksi oksigen ini dinamakan proses fotosintesis.

Namun perlu diperhatikan, sebagian besar tanaman akan berhenti melakukan proses fotosintesis pada malam hari. Seperti manusia, di malam hari tanaman akan menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida. Maka dari itu, hindari tidur disekitar tanaman pada malam hari. 

Beberapa tanaman dianggap aman karena tetap menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen pada malam hari, seperti anggrek, tanaman sejenis kaktus (succulent), dan tanaman epifit lainnya.

  • Membersihkan udara

Banyak orang yang masih belum menyadari racun-racun yang dapat dihasilkan dari produk di dalam rumah seperti pengharum kimia, produk rambut, furniture, dan cat kuku. 

Racun yang dihasilkan seperti formaldehid, benzena, xilena, karbon monoksida, dan lainnya bisa mengganggu kesehatan tubuh. Memelihara tumbuhan di rumah dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat membersihkan racun-racun tersebut.

Tanaman seperti spider plant, sirih gading, dan lidah mertua dikenal sebagai contoh tanaman yang dapat membersihkan udara dari racun jenis formaldehid. Dengan memelihara tanaman ini disekitar Anda, udara akan menjadi lebih bersih dan segar.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  •  Menjaga kelembapan udara

Tidak hanya membersihkan dan menyegarkan ruangan, manfaat tumbuhan di rumah juga dapat melembabkan ruangan secara alami. Kelembaban udara di dalam rumah harus terkendali dengan baik. 

Beberapa tanaman seperti kaktus bisa menekan jumlah air yang terlepas ke udara sehingga kelembapan tetap terjaga.

  • Meningkatkan kondisi fisik

Salah satu manfaat yang didapat dari memelihara tanaman adalah menyaring mikroba di udara. Hal ini dapat mencegah atau menurunkan risiko terjadinya infeksi saluran pernapasan akibat bakteri. Debu-debu yang beterbangan pun bisa dikurangi oleh tanaman yang ada di dalam rumah. 

Beberapa masalah kesehatan seperti batuk, pilek, mata gatal, dan tenggorokan kering bisa tersembuhkan dengan kehadiran tanaman di dalam rumah.

  • Memperbaiki kondisi psikologis

Tahukah Anda bahwa menyentuh tanaman bisa membuat jiwa menjadi lebih tenang. Ini bisa membantu membuat mood Anda menjadi positif. Beberapa mood negatif seperti cemas, tertekan, stres, dan lainnya bisa dikurangi dengan adanya tanaman di rumah.

Beberapa manfaat  dari memelihara tanaman di sekitar rumah terhadap kondisi mood dan psikologis seseorang, menurut Menurut American Horticultural Therapy Association (AHTA), yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Mengurangi stress dan kecemasan
  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri dan optimisme
  • Membantu menenangkan pikiran
  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  • Membantu meningkatkan kemampuan memori

Memelihara tanaman di rumah juga dapat meningkatkan energi dan sikap positif seperti calmness (rasa tenang), sejahtera, stabilitas, relaksasi dan lainnya. Manfaat ini banyak didapat dari tanaman berjenis bunga-bungaan.

Pilih tanaman yang cocok dipelihara

Tidak semua tanaman dapat Anda pelihara di rumah. Bukan memberikan manfaat, beberapa tanaman justru akan menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Rekomendasi tanaman yang cocok dipelihara di rumah diantaranya seperti sansevieria (lidah mertua), lidah buaya, spider plant, aglaonema, sirih gading, monstera, philodendron, dracaena, lily, bunga melati, mawar, anggrek, sedap malam, dan kuping gajah.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Importance of Plants in the Home. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/importance-plants-home)
Health Benefits of Houseplants. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-houseplants)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app