HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Inilah 5 Cara Aman Menghilangkan Bulu Kaki

Dipublish tanggal: Agu 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 22, 2020 Waktu baca: 3 menit
Inilah 5 Cara Aman Menghilangkan Bulu Kaki

Penampilan fisik sudah semakin menjadi perhatian bagi banyak orang. Mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki pun sudah tersedia berbagai jenis perawatan di klinik kecantikan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan penampilan terbaik dan sempurna bagi Anda yang menginginkannya.

Termasuk yang tak luput dari perhatian sebagian besar orang, terutama para kaum wanita adalah bagian kaki. Kaki yang tampak mulus dan indah tanpa lebatnya bulu kaki menjadi idaman banyak wanita. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Semakin mulus kaki dan terbebas dari bulu kaki, dianggap semakin indah dan sempurna penampilannya. Bahkan, mereka yang memiliki bulu kaki pun terkadang menjadi tidak percaya diri dan banyak yang menutupinya dengan menggunakan bawahan seperti celana atau rok panjang. 

Bulu yang tumbuh di bagian kaki yang tampak cukup lebat dan panjang memang dianggap mengganggu penampilan seseorang dan akan mengurangi rasa percaya diri. Maka dari itu, banyak dari kalangan wanita maupun pria berusaha melakukan banyak cara untuk melenyapkan si bulu kaki.  

Kini semakin banyak cara yang bisa dilakukan, hasilnyapun juga beragam. Namun, adakah cara yang aman untuk menghilangkan bulu kaki yang mengganggu tersebut ? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak ulasannya di bawah ini.

Ini dia 5 cara untuk menghilangkan bulu kaki Anda

  • Teknik laser

Teknik laser yang menggunakan sinar laser merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bulu yang akan dilakukan dengan memotong serta memberhentikan tumbuhnya batang rambut bulu di kulit kaki Anda. 

Pada umumnya, sinar laser akan dipakai untuk menghilangkan bulu di bagian tubuh seperti area punggung, dada, perut, atau pun pada area kaki.

Prosedur sinar laser tidak akan mematikan folikel-folikel rambut di kulit Anda. Sehingga, secara teknis, nantinya rambut Anda masih dapat tumbuh kembali di tempatnya, namun kemungkinan tumbuhnya menjadi lebih sulit dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk tumbuh lagi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Umumnya, teknik laser ini akan memakan waktu kurang lebih 30 hingga 45 menit dalam melakukan perawatannya. Teknik laser ini juga sebaiknya harus dilakukan oleh ahlinya guna menjaga keamanan bagi Anda.

Waxing merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bulu atau rambut yang sifatnya semi permanen, tindakannya berupa pencabutan bulu atau rambut dari akarnya. Bulu atau rambut yang sudah di-waxing  tidak akan tumbuh lagi selama 1 hingga 2 bulan. 

Nah, apabila Anda melakukan waxing dengan teratur, bisa jadi rambut Anda akan hilang secara permanen atau tidak tumbuh lagi.

Biasanya, metode waxing ini dilakukan dengan cara mengoleskan bahan campuran lilin di atas permukaan kulit Anda. Selanjutnya, akan ditempelkan handuk atau kain kassa di atasnya, lalu ditekan-tekan dan ditarik langsung sesuai dengan arah tumbuhnya rambut di kaki Anda. 

Tetapi, ada juga metode waxing yang caranya tidak seperti di atas tadi. Untuk kasus tertentu, apalagi bagi mereka yang jenis kulitnya sensitif, metode waxing akan dilakukan tanpa adanya alat bantu, entah itu handuk atau kain, serta harus dilakukan oleh ahlinya atau dokter spesialis kulit.

  • Elektrolisis

Elektrolisis merupakan salah satu cara menghilangkan bulu di kaki yang cukup menyakitkan dan harganya pun relatif mahal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Elektrolisis adalah suatu tindakan untuk menghilangkan bulu dengan cara menusukkan jarum ke sel-sel di belakang sel kulit Anda, yang fungsinya untuk mematikan pertumbuhan bulu dengan permanen menggunakan sebuah proses aliran listrik yang kecil. 

Dalam seketika, maka rambut Anda tidak akan tumbuh kembali di kaki. Setelah itu, beberapa jarum kemudian akan ditusukkan kembali ke dalam kulit, hal ini rasanya mungkin agak sedikit menyakitkan.

  • Bercukur

Menghilangkan bulu atau rambut dengan menggunakan sebuah alat cukur listrik atau pun yang manual, bulu Anda akan hilang dalam beberapa waktu saja. Metode ini mungkin lebih efektif dan terjangkau, akan tetapi nantinya Anda harus rutin melakukannya supaya bulu tidak tumbuh lagi. 

Sebelum melakukannya, sebaiknya Anda pilih dan beli alat cukur yang aman serta anti karat di toko. Selain itu, pakailah juga pelembab atau gel lidah buaya seusai mencukur supaya kulit terhindari dari rasa gatal, panas atau kering.

  • Menggunakan krim penghilang bulu

Salah satu cara menghilangkan bulu kaki adalah dengan penggunaan krim berbahan kimia. Krim yang mengandung beberapa bahan zat kimia yang mampu mencegah tumbuhnya bulu atau rambut di tubuh Anda. 

Cara ini cukup efisien dan mudah untuk melakukannya, namun paling tidak harus dilakukan setiap minggu guna mendapatkan hasil yang optimal. Perlu Anda ketahui juga bahwa penggunaan krim penghilang bulu ini dapat mengakibatkan beberapa reaksi iritiasi atau pun alergi tertentu di kulit.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Town G, et al. (2019). Light-based home-use devices for hair removal: Why do they work and how effective they are? (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/30681170)
Shenenberger DW, et al. (2002). Removal of unwanted facial hair. (https://www.aafp.org/afp/2002/1115/p1907.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app