Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Dipublish tanggal: Jun 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Tubuh

Menangis merupakan ungkapan perasaan baik saat merasa sedih, terharu, ataupun bahagia. Orang yang sering menangis biasanya sering dicap sebagai sosok yang lemah dan cengeng. Biasanya laki-laki lah yang biasanya mendapat cap tersebut saat menangis. Sedangkan pada wanita, menangis dianggap sebagai hal yang wajar.

Banyak orang yang menahan menangis karena malu. Walaupun dalam keadaan sedih dan ingin meneteskan air mata, terkadang hal tersebut ditahan karena malu dan takut dianggap orang yang cengeng. Sebenarnya, mengeluarkan air mata ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Jenis-jenis air mata

Tubuh akan mengeluarkan 3 jenis air mata, dimana setiap air mata memiliki fungsinya masing-masing.

  • Air mata refleks. Air mata ini keluar ketika mata kemasukan sesuatu. Air mata ini berfungsi untuk membersihkan mata dari debu, asap, ataupun partikel-partikel kecil.
  • Air mata kontinu/basal. Air mata ini diproduksi secara terus-menerus untuk melubrikasi mata. Air mata ini mengandung lysozyme yang bermanfaat untuk melindungi mata dari iritasi dan infeksi. Selain itu, air mata ini juga akan melewati hidung untuk menjaga agar tetap lembab dan terhindar dari bakteri.
  • Air mata emosional. Air ini dikeluarkan ketika muncul perasaan emosional. Air mata ini mengandung hormon-hormon yang diproduksi saat stres.

Manfaat Menangis

Selain untuk meluapkan perasaan, baik perasaan sedih maupun bahagia, menangis juga memiliki manfaat bagi tubuh baik secara fisik maupun mental. Berikut beberapa manfaat dari menangis, antara lain:

Melepaskan stress

Pada saat mengeluarkan air mata emosional hormon-hormon stres akan ikut ke luar dari tubuh. Selain itu, racun yang menumpuk saat mengalami stres juga akan ikut keluar. Saat menangis tubuh juga akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menurunkan kadar stres dan memberikan efek nyaman pada tubuh.

Meningkatkan mood

Saat menangis, kadar mangan dalam tubuh akan berkurang. Mineral mangan dalam tubuh dapat mempengaruhi suasana hati, seperti perasaan cemas, sedih, gelisah, dan gangguan emosi lainnya. Kandungan hormon endorfin yang dikeluarkan saat menangis juga dapat membantu menurunkan perasaan cemas dan memberikan efek bahagia serta nyaman.

Melegakan perasaan

Menangis merupakan salah satu cara untuk meluapkan perasaan. Menangis biasanya dilakukan saat sedang frustasi, berkabung, atau sedang dalam kondisi buruk. Setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega dan suasana hati akan menjadi lebih baik.

Membantu melewati masalah sulit

Manfaat dari menangis adalah dapat memberikan efek lega dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini tentunya akan membantu dalam melewati kondisi yang menyulitkan atau menyakitkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Hal yang perlu diperhatikan saat menangis

Menangis memang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental. Namun, bukan berarti harus menangis terus-terusan. 

Hal ini justru semakin membuat Anda tampak lemah dan menjadi orang yang cengeng. Terlalu banyak menangis juga merupakan pertanda bahwa Anda mengalami depresi, tertekan, maupun gangguan suasana hati.

Saat menangis pilihlah tempat yang tepat. Carilah tempat yang tertutup dan hindari menangis di tempat umum. Hal ini tentunya akan menimbulkan perasaan malu dan suasana hati akan semakin buruk. Selain itu, menangis saat bersama teman atau pasangan akan memudahkan melepaskan emosi, dibandingkan dengan menangis sendiri.

Pada seseorang yang mengalami gangguan emosi, seperti depresi dan kecemasan yang berlebihan, menangis justru dapat membuat suasana hati menjadi semakin buruk. Oleh karena itu, saat seseorang yang memiliki gangguan emosi ingin menangis, sebaiknya berkonsultasi ke psikolog atau terapis untuk menemukan solusi yang terbaik.

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Why You Should Cry - 5 Reasons to Let It All Out. University of Pennsylvania Health System | Penn Medicine. (Accessed via: https://www.pennmedicine.org/updates/blogs/health-and-wellness/2016/november/health-benefits-of-crying)
The Health Benefits of Tears. Psychology Today. (Accessed via: https://www.psychologytoday.com/us/blog/emotional-freedom/201007/the-health-benefits-tears)
17 Amazing Benefits of Crying. Best Life. (Accessed via: https://bestlifeonline.com/benefits-of-crying/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app