Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Inguinal Mass - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: DEC 4, 2019 Tinjau pada DEC 4, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.531.359 orang

Inguinal mass juga disebut sebagai benjolan pada selangkangan. Benjolan dapat bervariasi dalam bentuk dan ukuran, benjolan bisa terasa menyakitkan atau bahkan tidak menyakitkan sama sekali. Jumlah benjolan pada selangkangan mungkin hanya satu buah, atau mungkin beberapa buah. Beberapa benjolan mungkin dapat digerakan dan beberapa benjolan lainnya tidak dapat digerakan. 

Benjolan pada selangkangan mungkin memiliki warna yang sama dengan kulit sekitar, atau memiliki warna yang berbeda dengan warna kulit normal, warna menjadi warna merah atau ungu. Beberapa benjolan pada pangkal paha dapat pecah dan membentuk ulkus, atau luka.

Bentuk dan penampilan benjolan pangkal paha tergantung pada penyebabnya. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika Anda memiliki benjolan pada selangkangan.

Apa penyebab munculnya Inguinal Mass?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya benjolan pada daerah selangkangan. Yang paling umum adalah hernia yang terjadi pada pria atau pada wanita. Tetapi ada beberapa penyebab lain yang mungkin dapat menyebabkan munculnya benjolan pada daerah selangkangan yang dapat menjadi indikator kondisi yang lebih serius, diantaranya :

Kista

Kista adalah benjolan jinak, atau bukan kanker. Biasanya kista muncul dalam jumlah yang lebih dari satu. Kista mungkin membesar hingga menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Pembengkakan kelenjar

Jika Anda memiliki infeksi atau penyakit, seperti pilek, flu, atau mononukleosis, maka kondisi medis tersebut dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi Pada daerah genital dan sistem saluran kemih, dapat menyebabkan peradangan kelenjar getah bening di daerah selangkangan sehingga dapat menimbulkan benjolan pada daerah selangkangan.

Hernia Inguinal

Hernia Inguinal adalah benjolan yang lunak dan bisa digerakan yang terletak pada daerah selangkangan. Hernia terjadi ketika usus atau jaringan perut terdorong melalui lapisan perut bagian bawah yang melemah atau robek. Hernia membutuhkan perhatian medis segera jika benjolan terasa nyeri dan tidak bisa dimasukkan kembali.

Anda mungkin lebih berisiko mengalami hernia jika Anda:

  • memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita hernia
  • kelebihan berat badan
  • sedang hamil
  • menderita batuk kronis

Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa infeksi menular seksual (IMS) dapat menyebabkan timbulnya benjolan selangkangan karena pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa IMS yang dapat menyebabkan hernia meliputi:

  • herpes
  • klamidia
  • gonorrhea
  • sipilis

Beberapa IMS dapat menyebabkan timbulnya benjolan dalam jumlah banyak dan membentuk luka. IMS membutuhkan perawatan medis untuk sembuh.

Saphena varix

Jika Anda memiliki benjolan pangkal paha yang menghilang ketika Anda berbaring, itu bisa menjadi saphena varix. Saphena varix terjadi ketika katup pada pembuluh darah saphenous gagal membuka sehingga aliran darah terganggu dan menyebabkan darah mengumpul pada pembuluh darah vena. Saphena varix menyebabkan timbulnya benjolan berukuran bola golf yang berwarna biru. Anda memiliki kemungkinan lebih besar mengalami kondisi ini jika Anda memiliki varises, yaitu pelebaran pembuluh darah yang biasanya terjadi di kaki. Saphena varix adalah kondisi yang sangat langka.

Bagaimana cara mencegah munculnya inguinal mass?

Sebagian besar benjolan pada selangkangan muncul secara alami dan tidak dapat dicegah. Namun, Anda dapat membantu mencegah IMS dengan selalu menggunakan kondom.

Jika Anda memiliki resiko terkena inguinal hernia, Anda mungkin dapat mengurangi kemungkinan penyebab terjadinya hernia dengan menghindari mengangkat beban berat, tidak mengejan terlalu keras saat buang air besar, dan mempertahankan berat badan yang ideal.

Bagaimana cara mengobati benjolan pada selangkangan?

Anda harus segera mencari pertolongan medis setelah menemukan adanya benjolan pada selangkangan dan kembali ke dokter Anda jika benjolan tersebut menetap setelah tiga minggu perawatan atau jika kondisi Anda memburuk.

Perawatan medis

Karena ada begitu banyak kemungkinan penyebab benjolan pangkal paha, dokter Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lengkap mengenai kondisi yang Anda derita. Dokter akan menggali riwayat kesehatan Anda lebih dalam dan melakukan pemeriksaan fisik. 

Selain itu, Anda mungkin harus menjalani serangkaian pemeriksaan seperti tes darah untuk memeriksa tanda-tanda infeksi.

Perawatan yang Anda terima tergantung pada penyebab benjolan pangkal paha:

Dokter Anda dapat merekomendasikan operasi untuk mengangkat kista jika itu benjolan pada selangkangan disebabkan oleh kista yang berukuran cukup besar atau menyakitkan.

Hernia mungkin memerlukan pembedahan untuk memindahkan jaringan kembali ke tempatnya dan memperbaiki lapisan yang membatasi area perut dan paha (hernia repair).

Kelenjar yang bengkak akibat infeksi biasanya akan hilang setelah infeksi sembuh, dokter Anda mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang mendasarinya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini