Human Albumin: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Feb 16, 2019 Update terakhir: Okt 25, 2020 Tinjau pada Mei 21, 2019 Waktu baca: 3 menit

Albumin adalah protein yang diproduksi oleh hati yang bersirkulasi dalam plasma (bagian cairan bening darah Anda). Albumin pada obat-obatan terbuat dari protein plasma yang berasal dari darah manusia. Obat ini bekerja dengan meningkatkan volume plasma atau kadar albumin dalam darah.

Nah, pada artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai obat Human Albumin yang biasa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah medis. Beirkut penjelasan lebih lanjut mengenai obat Human Albumin. Selamat membaca.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Mengenai Human Albumin

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Solusi intravena 

Kandungan:

Obat pengganti plasma

Apa sih kegunaan dari obat Human Albumin?

Human Albumin termasuk dalam kelompok obat yang dikenal sebagai pengganti plasma. Albumin dibuat oleh hati dan merupakan protein alami yang ditemukan dalam plasma. Obat ini membantu untuk mengangkut sejumlah zat tubuh (mis., Bilirubin) melalui darah dengan menempelkan diri padanya.

Human Albumin diindikasikan untuk orang dewasa dan anak-anak untuk untuk menggantikan kehilangan volume darah akibat trauma seperti luka bakar parah atau cedera yang menyebabkan kehilangan darah. 

Obat ini juga digunakan untuk mengobati kadar albumin rendah yang disebabkan oleh pembedahan, dialisis, infeksi perut, gagal hati, pankreatitis, gangguan pernapasan, operasi bypass, masalah ovarium yang disebabkan oleh obat kesuburan, dan banyak kondisi lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Berapa dosis obat Human Albumin yang biasa digunakan?

Obat Human Albumin hanya dapat diperoleh berdasarkan resep dari dokter. Obat ini berupa larutan yang mengandung dalam setiap 100 mL, 25 gram serum albumin, secara osmotik setara dengan 500 mL plasma manusia normal. 

Dokter umunya akan memberikan dosis obat sesuai dengan kondisi dan keparahan kondisi pasien.

Berikut dosis obat Human Albumin yang biasa diberikan:

Dosis Intravena untuk Hiperbilirubinemia neonatal

  • Anak: 1 g / kg albumin sebelum pertukaran transfusi. Kecepatan infus biasa: Hingga 5 ml / menit (larutan 5%) atau 1-2 ml / menit (larutan 20%).

Dosis Intravena untuk Hipoproteinemia

  • Dewasa: Hingga 2 g / kg setiap hari. Kecepatan infus biasa: Hingga 5 ml / menit (larutan 5%) atau 1-2 ml / menit (larutan 20%).

Dosis Intravena untuk Syok hipovolemik akut

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35
  • Dewasa: Awalnya, 25 g albumin, disesuaikan menurut respons pasien. Kecepatan infus biasa: Hingga 5 ml / menit (larutan 5%) atau 1-2 ml / menit (larutan 20%).
  • Anak: Hingga 1 g / kg, disesuaikan menurut respons pasien. Kecepatan infus biasa: Hingga 5 ml / menit (larutan 5%) atau 1-2 ml / menit (larutan 20%).

Bacalah petunjuk penggunaan obat sesuai yang tertera pada kemasan obat atau resep dokter. Simpan dan letakkan obat pada tempat yang sejuk atau pada suhu ruangan. Hindari paparan langsung sinar matahari serta jauhkan dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan. 

Periksa dan perhatikan selalu tanggal pemakaian sebelum menggunakan obat.

Apa saja efek samping dari penggunaan obat Human Albumin?

Seiring dengan efek obat yang digunakan, setiap obat-obatan dapat menyebabkan beberapa efek yang tidak diinginkan, yang kadang-kadang menimbulkan efek yang serius. Namun, setiap orang umumnya dapat menimbulkan reaksi yang berbeda-beda terhadap dosis obat yang sama.

Seperti halnya dalam penggunaan obat Human Albumin yang juga memiliki beberapa efek samping, sebagai berikut:

  • Reaksi alergi
  • Mual, muntah
  • Peningkatan produksi air liur
  • Demam dan menggigil
  • Hipotensi
  • Takikardia
  • Hemodilusi, dan edema paru

Jika setelah menggunakan obat Human Albumin terdapat tanda dan gejala seperti yang telah disebutkan diatas atau terdapat tanda dan gejala lain yang menetap dan memburuk, segera hubungi dokter atau layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Kontraindikasi obat Human Albumin

  • Gagal jantung
  • Anemia berat
  • Riwayat hipersensitif
  • Nutrisi parenteral

Interaksi Obat

Obat human albumin tidak dapat dicampur dengan hidrolisat protein atau solusi beralkohol. Risiko reaksi atipikal dengan ACE inhibitor pada pasien yang menjalani terapi pertukaran plasma dengan penggantian human albumin.

Selalu konsultasikan pada dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat ini.

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Human Albumin?

Hindari penggunaan obat ini untuk penderita yang memiliki riwayat alergi terhadap obat Human Albumin atau obat-obatan lainnya.

Sebelum menggunakan obat ini sebaiknya Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda konsumsi baik itu vitamin, herbal, obat dari resep dokter atau tanpa resep dokter. 

Karena beberapa obat dapat menimbulkan efek samping jika dikombinasikan dengan obat Human Albumin. Seperti pada penggunaan ACE inhibitor dan obat-obatan lainnya.

Hati-hati penggunaan obat ini kepada pasien dengan gangguan sirkulasi (misalnya hipertensi, hipotensi, atau edema paru), penyakit jantung, gangguan fungsi ginjal dan anemia.

Obat ini tidak boleh digunakan selama kehamilan kecuali manfaatnya lebih besar daripada risikonya. Jika Anda hamil saat minum obat ini, segera hubungi dokter .

Obat ini dapat masuk ke dalam ASI. Jika Anda seorang ibu yang sedang menyusui dan sedang mengonsumsi obat Human Albumin, obat ini dapat memengaruhi bayi Anda. Bicaralah dengan dokter tentang apakah Anda harus terus menyusui.

Jika setelah menggunakan obat ini tidak terdapat perbaikan atau terjadi perburukan pada kondisi kesehatan Anda. Segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Semoga bermanfaat.


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Albumin Human (Intravenous Route) Description and Brand Names. Mayo Clinic. (https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/albumin-human-intravenous-route/description/drg-20454125)
Albuminar (Albumin (Human)): Uses, Dosage, Side Effects, Interactions, Warning. RxList. (https://www.rxlist.com/albuminar-drug.htm)
albumin injection: Side Effects, Drug Interactions & Dosage. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/albumin-injection/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app