Histidine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Jan 6, 2021 Update terakhir: Jan 6, 2021 Waktu baca: 2 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Histidine adalah asam amino yang digunakan untuk membentuk protein dan dibutuhkan oleh anak-anak dan penderita uremia;
  • Manfaat histidine dapat membantu mengatasi sindrom metabolik, diare akibat kolera, hingga anemia karena gagal ginjal atau dialisis;
  • Dosis histidine sebanyak 4 gram per hari telah terbukti aman digunakan selama 12 minggu, tanpa menimbulkan efek samping;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan histidine saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui;
  • Tidak untuk orang yang mengalami defisiensi asam folat dan alergi terhadap histidine;
  • Klik untuk mendapatkan histidine atau asupan gizi dan nutrisi lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD.

Histidine adalah asam amino yang digunakan untuk membentuk protein. Zat ini terkadang disebut dengan asam amino semi-esensial karena tergolong non-esensial untuk orang dewasa, tetapi dibutuhkan oleh anak-anak dan penderita uremia.

Dalam dunia medis, histidine dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sindrom metabolik, diare akibat infeksi kolera, rheumatoid arthritis, alergi, ulkus, hingga anemia karena gagal ginjal atau dialisis. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai Histidine

Golongan

Tanpa resep dokter

Kemasan

  • Tablet
  • Obat cair
  • Bubuk

Kandungan

Histidine

Manfaat Histidine

Histidine merupakan asam amino yang terlibat dalam banyak proses metabolik dalam tubuh. Maka dari itulah, histidine dapat digunakan untuk mengatasi sindrom metabolik dan beberapa kondisi lainnya seperti:

  • Diare akibat infeksi kolera;
  • Rheumatoid arthritis;
  • Alergi;
  • Ulkus;
  • Anemia karena gagal ginjal atau dialisis.

Selain itu, histidine juga digunakan oleh tubuh untuk membuat hormon dan metabolit spesifik yang memengaruhi fungsi ginjal, transmisi saraf, sekresi lambung, sekresi lambung, hingga sistem kekebalan. Dengan asupan histidine yang cukup, proses perbaikan dan pertumbuhan jaringan serta saraf dapat berjalan optimal dalam tubuh.

Kontraindikasi

  • Orang yang mengalami defisiensi asam folat
  • Alergi terhadap histidine

Efek samping Histidine

Pada dasarnya, histidine aman digunakan selama mengikuti batas dosis yang dianjurkan. Namun, sama seperti obat pada umumnya, penggunaan histidine dapat menimbulkan efek samping. Akan tetapi, reaksinya bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari dosis obat, usia, dan daya tahan tubuh masing-masing orang.

Dilansir dari University of Rochester Medical Center, konsumsi suplemen asam amino tunggal dapat memicu ketidakseimbangan nitrogen negatif dalam tubuh sehingga proses metabolisme jadi terganggu. Bahkan pada anak-anak, suplemen asam amino tunggal dapat memicu masalah pertumbuhan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi suplemen asam amino tunggal, termasuk histidine, dalam jangka panjang maupun dosis tinggi. Bicarakan lebih lanjut dengan dokter.

Dosis Histidine

Dosis histidine bisa jadi berbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung dari usia, jenis kelamin, tingkat keparahan penyakit, dan kebutuhan masing-masing orang.

Dosis histidine sebanyak 4 gram per hari telah terbukti aman digunakan selama 12 minggu, tanpa menimbulkan efek samping. 

Sebetulnya, tidak ada kondisi khusus yang mengharuskan Anda menambah asupan histidine setiap hari. Hanya dengan memenuhi kebutuhan protein harian Anda saja sudah cukup untuk mendapatkan semua asam amino yang dibutuhkan.

Interaksi Histidine

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, obat tidak dapat bekerja dengan maksimal atau bahkan menimbulkan racun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang sedang Anda konsumsi dan beri tahukan pada dokter.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan selama menggunakan histidine adalah sebagai berikut:

  • Beri tahukan dokter jika Anda memiliki riwayat alergi obat maupun penyakit tertentu;
  • Sampaikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, maupun herbal apa pun;
  • Konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan histidine saat hamil atau merencanakan kehamilan, maupun sedang menyusui;
  • Hindari menggunakan histidine jika Anda mengalami defisiensi asam folat karena dapat menyebabkan terbentuknya zat kimia bernama asam formiminoglutamat (FIGLU) dalam tubuh. Nantinya, tubuh tidak mampu memecah dan memproses asam amino dengan baik;
  • Selain mengonsumsi suplemen, Anda dapat mengonsumsi makanan sumber histidine seperti daging, ikan, produk susu, dan makanan kaya protein lainnya.

Artikel terkait:


4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Nutrients. Histidine in Health and Disease: Metabolism, Physiological Importance, and Use as a Supplement. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7146355/). Maret 2020.
Very Well Health. The Health Benefits of Histidine. (https://www.verywellhealth.com/histidine-4777164). 13 Juli 2020.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app