Gejala Mata Ikan - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 791.072 orang

Mata ikan ini biasanya muncul pada telapak kaki akibat dari reaksi alami kulit yang berupaya untuk melindungi dari gesekan dan tekanan yang terjadi secara berulang kemudian permukaan kulit akan menebal dan mengeras. Penampakan fisik bentuknya mengadah ke dalam dengan pusat inti.

Terdapat beberapa jenis mata ikan diantaranya mata ikan keras, lunak, dan kecil.  Penyakit kulit ini dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman dan sakit tiap kali melangkah. Untuk tidak memperparah kondisi karena jika dibiarkan kondisi ini akan semakin memburuk, berikut kami berikan informasi mengenai cara pengobatan yang tepat.

Gejala Mata Ikan

Penyakit ini menimbulkan kelainan pada kulit berupa: 

  • Penebalan
  • Pengerasan
  • Penonjolan pada permukaan kulit 
  • Kulit  menjadi kering, bersisik, dan berminyak
  • Rasa nyeri terutama bila ditekan

Diagnosis Mata Ikan

Anda dapat mengetahui penyakit kulit ini berdasarkan pemeriksaan fisik dimana terlihat ada penebalan dan rasa sakit pada permukaan kulit. dengan foto rontgen daerah sekitar permukaan kulit akan diperiksa untuk melihat perubahan atau kelainan fisik yang bisa mengakibatkan mata ikan.

Kunjungi dokter atau apotek

Tanyakan apa apotek terdekat biasanya apoteker akan memberikan konseling dan swamedikasi untuk penyakit kulit Anda. Bila dalam pengobatan tidak kunjung sembuh maka segera  periksa pada dokter.

Dokter akan membantu menghilangkan penyakit ini dan mencari tahu penyebab terjadinya. Biasanya penyebab yang paling umum adalah penggunaan sepatu yang tidak benar, sepatu yang yang tidak pas, cara berjalan yang kurang benar, kelainan bentuk jari. Mata ikan ini dapat muncul kembali bila Anda tidak menghindari penyebabnya.

Pengobatan pada Mata Ikan

  • Gunakan batu apung untuk menghilangkan Mata Ikan
  • Cara ini mudah dilakukan, yang pertama Anda rendam kaki terlebih dahulu dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini dilakukan untuk melunakkan mata ikan, setelah itu gosokkan batu apung pada mata ikan di kaki Anda untuk mengikis kulit. untuk hasil yang maksimal Anda dapat melakukan perawatan ini secara rutin sampai kaki Anda kembali mulus.
  • Dengan Getah Pepaya
  • Selain buahnya yang lezat ternyata getahnya yang dianggap tidak berguna ini dapat dijadikan sebagai penobatan tradisional untuk menghilangkan mata ikan. Caranya dengan merendam area kaki yang yang terdapat mata ikan dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk bersih. Setelah itu oleskan getah pepaya pada mata ikan 
  • Dengan menggunakan Getah Kamboja
  • Pengobatan dengan menggunakan getah dari pohon kamboja yang biasa di jumpai  area pemakaman ini memang terkenal sebagai obat berbagai penyakit kulit yang mujarab.

    Cara menghilangkan mata ikan dengan getah kamboja sangat simpel yang pertama bersihkan dahulu area yang terkena mata ikan kemudian aplikasikan getah pada permukaan kulit yang bermasalah.
  • Menggunakan Daun Dewa
  • Caranya, ambil 5 helai daun dewa kemudian tumbuk hingga halus. Kemudian aplikasikan secara merata pada permukaan kulit yang bermasalah. Setelah itu balutlah dengan perban dan hindari agar daerah tersebut tidak mengalami gesekan selama perawatan.
  • Menggunakan Rokok
  • Cara ini terbilang cukup ekstrim pasalnya menggunakan rokok yang menyala. Namun cara ini sangat ampuh dan penyembuhannya cepat. Caranya dengan mendekatkan bara rokok yang menyala pada area mata ikan kurang lebih setengah sentimeter kemudian tahan selama 5 menit.

Mencegah agar Mata Ikan tidak kambuh lagi

Mata ikan dapat kembali lagi bila ada pemicunya, oleh karena itu pahami terlebih dahulu apa penyebab dari munculnya mata ikan ini. Pastikan Anda menggunakan kaus kaki yang tebal guna mencegah gesekan. Pilihlah sepatu dengan ukuran yang pas dan memiliki bahan yang empuk.

Jagalah kebersihan kaki dengan mencuci bersih kaki menggunakan sabun dan sikat setiap hari. Bila perlu oleskan krim khusus kaki agar kaki tidak mengalami kering dan mengeras.

Banyak yang beranggapan bahwa mat ikan dan kapalan adalah gangguan kulit yang sama. Padahal ini berbeda dimana kapalan membuat kulit menjadi tebal dan keras tanpa rasa sakit sementara mata ikan memiliki rasa sakit.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang penyakit kulit mata ikan, pentingnya menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penyakit kulit.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit