Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Gaba - Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.437.591 orang

GABA adalah bahan kimia yang dibuat di dalam otak.

GABA diminum untuk menghilangkan kecemasan, memperbaiki mood, mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS), dan mengobati attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD). 

GABA juga digunakan untuk mendukung pertumbuhan otot tanpa lemak, membakar lemak, menstabilkan tekanan darah, dan menghilangkan rasa sakit.

GABA digunakan di bawah lidah untuk meningkatkan rasa segar, mengurangi cedera, meningkatkan toleransi olahraga, mengurangi lemak tubuh, dan meningkatkan berat badan tanpa lemak.

Bagaimana cara kerjanya?

GABA bekerja dengan memblokir sinyal otak (transmisi saraf).

Mungkin Efektif untuk

  • Tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi produk yang mengandung GABA bersama dengan bahan lain dapat mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.
  • Mabuk perjalanan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA dapat memperlambat timbulnya mabuk perjalanan dan mengurangi gejala seperti kedinginan, keringat dingin, dan kulit pucat.

Tidak Cukup Bukti untuk

  • Lumpuh otak. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengambil GABA dapat meningkatkan perkembangan mental, pembelajaran, kosa kata, dan fungsi fisik pada anak-anak dengan lumpuh otak.
  • Infeksi jangka panjang saluran udara di paru-paru (bronkitis). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA bersama dengan obat yang digunakan untuk bronkitis meningkatkan jumlah waktu antara kejadian gejala.
  • Penyakit Cushing. Penelitian awal menunjukkan bahwa GABA mengurangi pelepasan hormon yang menyebabkan penyakit Cushing.
  • Kejang. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA bersama dengan obat yang digunakan untuk mengobati kejang mengurangi frekuensi kejang pada beberapa orang, tetapi tidak menguntungkan orang yang kejang yang dipicu oleh cahaya atau penyebab visual lainnya.
  • Penyakit Huntington. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA sendiri atau dengan perawatan lain tidak memperbaiki pergerakan pada orang dengan penyakit Huntington.
  • Peradangan jaringan di sekitar otak dan tulang belakang (Meningitis). Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA mengurangi perkembangan gejala setelah pemulihan dan mencegah perkembangan kondisi serius lainnya.
  • Gangguan otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA meningkatkan perhatian, memori, dan tanggapan emosional pada anak-anak dengan gangguan otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia.
  • Stres. Penelitian awal menunjukkan bahwa mengkonsumsi GABA mengurangi stres, ketegangan, kecemasan, kebingungan, dan depresi pada orang yang stres.
  • Meredakan kecemasan.
  • Memperbaiki mood.
  • Meringankan sindrom pramenstruasi (PMS).
  • Mengobati attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD).
  • Mendukung pertumbuhan otot tanpa lemak.
  • Membakar lemak.
  • Menstabilkan tekanan darah.
  • Menghilangkan rasa sakit.
  • Kondisi lainnya.

Diperlukan lebih banyak bukti untuk menilai efektivitas GABA untuk penggunaan ini.

Efek Samping & Keamanan

GABA SANGAT AMAN bila diminum dengan benar melalui mulut untuk waktu yang singkat, hingga 12 minggu.

Tindakan Pencegahan & Peringatan Khusus:

Kehamilan dan menyusui: Tidak cukup diketahui tentang penggunaan GABA selama kehamilan dan menyusui. Tetap aman dan hindari penggunaan.

Interaksi

Kami saat ini tidak memiliki informasi untuk interaksi GABA (ASAM GAMMA-AMINOBUTYRIC).

Takaran

Dosis GABA (asam gamma-aminobutyric) yang tepat tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk GABA. Ingatlah bahwa produk alami tidak selalu aman dan dosisnya penting

Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk dan konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda atau profesional bidang kesehatan lainnya sebelum menggunakan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp