Frontal Bossing - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 537.317 orang

Frontal bossing adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan dahi yang mengalami penonjolan berlebihan yang juga sering muncul bersamaan dengan alis yang tebal. 

Gejala ini adalah penanda utama dari banyak kondisi, termasuk masalah yang dipengaruhi oleh hormon, tulang, atau tinggi badan seseorang. Seorang dokter biasanya mengidentifikasinya pada masa bayi atau saat anak berusia dini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Pengobatan dapat mengatasi kondisi yang menyebabkan Frontal Bossing. Namun, Anda tidak dapat memperbaiki dahi yang menonjol karena Frontal Bossing mengubah cara tulang, jaringan wajah dan tengkorak terbentuk.

Frontal bossing menyebabkan anak Anda memiliki dahi yang membesar atau menonjol disertai dengan alis yang lebar. Gejala ini mungkin tidak terlalu jelas pada bulan-bulan dan tahun-tahun awal kehidupan anak Anda. Namun, kondisi ini mungkin menjadi lebih terlihat seiring bertambahnya usia.

Frontal bossing mungkin merupakan suatu gejala akibat kelainan genetik atau cacat bawaan lahir, yang muncul saat lahir. Penyebab Frontal bossing juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti kelainan bentuk fisik.

Apa Penyebab terjadinya Frontal Bossing?

Frontal bossing biasanya disebabkan karena kondisi yang mempengaruhi hormon pertumbuhan anak Anda.

Penyebab mendasar yang paling umum adalah akromegali. Akromegali adalah gangguan kronis yang menyebabkan produksi hormon pertumbuhan yang berlebihan. Orang dengan akromegali memiliki ukuran yang lebih besar normal pada:

  • tangan
  • kaki
  • mulut
  • tulang tengkorak

Penyebab potensial lainnya dari frontal bossing termasuk:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • penggunaan obat anti kejang trimetadione selama kehamilan,
  • sindrom nevus sel basal
  • sifilis bawaan
  • disostosis cleidocranial
  • Sindrom Russell-Silver
  • Sindrom Rubinstein-Taybi
  • Sindrom Pfeiffer
  • Sindrom Hurler
  • Sindrom Crouzon
  • rakhitis
  • pertumbuhan abnormal di dahi atau tengkorak

Abnormalitas pada gen PEX1, PEX13, dan PEX26 bayi juga dapat menyebabkan Frontal Bossing.

Bagaimana Frontal Bossing Didiagnosis?

Dokter anak Anda dapat mendiagnosis Frontal Bossing dengan memeriksa dahi dan alis anak Anda. Namun, penyebab utama terjadinya kondisi ini mungkin tidak begitu jelas. 

Karena Frontal Bossing sering menandakan gangguan yang jarang terjadi, gejala atau kelainan bentuk lainnya mungkin memberikan petunjuk tentang penyebab mendasar terjadinyanya Frontal Bossing.

Dokter Anda akan memeriksa melakukan pemeriksaan fisik pada dahi anak Anda dan mencatat riwayat kesehatan mereka. Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan tentang kapan Anda pertama kali menyadari bahwa Anda atau anak Anda mengalami kelainan Frontal Bossing dan tentang karakteristik atau gejala yang tidak biasa lainnya yang mungkin dimiliki Anda atau anak Anda.

Dokter Anda mungkin akan memesan tes darah untuk memeriksa kadar hormon anak Anda untuk mencari kelainan genetik. Mereka juga dapat memesan pemeriksaan pencitraan untuk membantu menentukan penyebab Frontal Bossing. Pindaian pencitraan atau pemeriksaan radiologi yang biasa digunakan untuk keperluan ini termasuk pindaian sinar-X dan MRI.

X-ray dapat menunjukan cacat pada tengkorak yang mungkin menyebabkan daerah dahi atau alis menonjol. Pemindaian MRI yang lebih rinci dapat menunjukkan kelainan pada tulang dan jaringan di sekitarnya. 

Pertumbuhan abnormal dapat menyebabkan penonjolan dahi. Oleh karena itu pemeriksaan radiologi adalah satu-satunya cara untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab terjadinya kelainan ini.

Apa Pilihan Perawatan untuk menangani Frontal Bossing?

Tidak ada perawatan untuk menghilangkan Frontal Bossing. Satu-satunya perawatan yang tersedia berfokus pada mengurangi gejala kondisi yang mendasarinya dan mengurangi rasa sakit. Frontal Bossing biasanya tidak membaik seiring bertambahnya usia. Namun, Frontal Bossing juga tidak memburuk dalam banyak kasus.

Dokter bedah plastik dapat membantu dalam mengobati banyak kelainan wajah. Namun, tidak ada pedoman saat ini yang merekomendasikan operasi plastik untuk memperbaiki penampilan pada orang yang mengalami Frontal Bossing.

Bagaimana Saya Dapat Mencegah terjadinya Frontal Bossing?

Saat ini tidak ada cara yang diketahui dapat mencegah anak Anda terkena frontal bossing. Namun, konseling genetik dapat membantu Anda menentukan apakah anak Anda kemungkinan akan dilahirkan dengan salah satu kondisi langka yang menyebabkan gejala ini.

Konseling genetik dapat mencakup tes darah dan urin untuk kedua orang tua. Jika Anda diketahui sebagai pembawa penyakit genetik, dokter Anda dapat merekomendasikan obat atau perawatan kesuburan tertentu. Dokter Anda akan membahas opsi perawatan mana yang tepat untuk Anda.

Selalu hindari obat anti kejang trimethadione selama kehamilan untuk mengurangi risiko anak Anda dilahirkan dengan Frontal Bossing.

Ditinjau secara medis oleh Universitas Illinois-Chicago, Fakultas Kedokteran pada 11 Maret 2016 - Ditulis oleh April Kahn

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit