3 Fakta Tentang Paru-Paru, Bisa Tahan Napas Hingga 20 Menit!

Dipublish tanggal: Jul 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
3 Fakta Tentang Paru-Paru, Bisa Tahan Napas Hingga 20 Menit!

Manusia memiliki berbagai organ menakjubkan dalam tubuhnya, salah satunya paru-paru. Tanpa dua buah paru-paru yang terpasang di rongga dada ini, manusia tentu tidak dapat menghirup udara mengandung oksigen dengan bebas. Berkat paru-paru pula, manusia bahkan bisa menahan napas hingga 20 menit, lho! Simak fakta menarik lainnya seputar paru-paru pada ulasan berikut ini.

Fakta menakjubkan tentang paru-paru

1. Sebenarnya Anda dapat menahan napas hingga 20 menit!

Fakta paru-paru yang satu ini tentu cukup mengejutkan bagi sebagian orang, termasuk juga Anda. Umumnya, manusia hanya sanggup menahan napas selama beberapa detik hingga satu menit. Hal ini bukan disebabkan oleh keterbatasan paru-paru Anda, melainkan karena adanya karbon dioksida yang menumpuk di dalam paru-paru. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Penumpukan karbon dioksida itulah yang membatasi kemampuan manusia saat menahan napas. Kuat atau tidaknya menahan napas di dalam air juga dipengaruhi oleh teknik tertentu, seperti yang dilakukan oleh penyelam.

Para penyelam mampu menahan napas lebih lama karena menggunakan teknik bernapas yang berbeda seperti orang pada umumnya, yaitu teknik hiperventilasi. Berkat teknik inilah, mereka sanggup menyelam selama 20 menit dengan menahan napas.

2. Paru-paru dapat mengapung di atas air

Paru-paru mengandung sekitar 300 juta sel alveoli yang memiliki struktur seperti balon. Alveoli adalah kantung kecil penuh oksigen yang digunakan untuk menggantikan karbon dioksida dalam darah sebelum diedarkan ke seluruh tubuh.

Ketika alveoli dipenuhi oleh oksigen, maka paru-paru Anda bisa mengapung di atas air. Menariknya, paru-paru ini menjadi satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat mengapung di atas air, lho!

Untuk membuktikan fakta soal paru-paru ini, sejumlah ahli medis melakukan penelitian pada bayi dalam rahim. Peneliti mengamati kondisi paru-paru bayi untuk mengecek apakah bayi tersebut masih hidup atau tidak di dalam rahim.

Apabila paru-paru mengapung, maka artinya bayi masih hidup. Sementara apabila paru-paru sudah tidak mengapung, dapat diperkirakan bayi sudah dalam keadaan tak bernyawa. Metode ini sendiri memiliki tingkat keakuratan hingga 98%.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

3. Paru-paru jadi lambang penting di zaman Mesir Kuno

Sejak zaman dahulu, orang-orang sudah menyadari betapa pentingnya organ tubuh paru-paru dalam memasok udara ke dalam tubuh. Tanpa pasokan udara yang cukup, seseorang akan mengalami kerusakan pada tubuhnya hingga menyebabkan kematian. 

Di zaman Mesir kuno, paru-paru sangat diagungkan sebagai lambang pertahanan hidup. Untuk mensucikan paru-paru, orang Mesir Kuno membuat ukiran khusus yang menggambarkan paru-paru serta tenggorokan.

Bagaimana cara meningkatkan kapasitas paru-paru?

Beberapa orang membutuhkan paru-paru dengan kapasitas lebih besar untuk mendukung aktivitas kesehariannya. Misalnya saja pada olahragawan, mereka membutuhkan kapasitas paru-paru yang lebih besar agar bisa bernapas panjang dan tidak cepat lelah. Begitu juga dengan penyanyi, kapasitas paru-paru yang besar diperlukan agar ia mampu mencapai nada-nada tinggi. 

Orang yang memiliki kapasitas paru-paru yang kecil umumnya ditandai dengan napas yang pendek. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh kebiasaan merokok

Saat merokok, udara yang dihirup telah terkontaminasi dengan berbagai racun. Akibatnya, paru-paru harus bekerja lebih ekstra agar seseorang bisa bernapas dengan lega.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga pernapasan menjadi lebih panjang. Salah satu caranya adalah dengan latihan fisik dengan berenang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Baca Juga: 6 Cara yang Dapat Dilakukan untuk Membersihkan Paru-Paru Anda

Mengapa berenang baik untuk paru-paru?

Saat berenang, Anda harus bisa menahan napas selama beberapa waktu di dalam air. Pada saat bersamaan, Anda juga harus berusaha bergerak melawan air agar dapat melaju ke depan. 

Ketika tubuh dilatih untuk bergerak melawan air saat berenang, maka tubuh akan terbiasa bekerja lebih keras untuk memasok lebih banyak oksigen ke dalam darah. Dengan proses inilah, secara tidak sadar Anda telah melatih kapasitas paru-paru untuk terus bertambah dan meningkat.

Untuk memperoleh hasil yang optimal, sebaiknya lakukan latihan renang selama 3-4 kali seminggu. Lakukan latihan secara perlahan-lahan agar tubuh dapat beradaptasi. Semakin Anda rajin latihan berenang, maka secara perlahan kapasitas paru-paru juga dapat meningkat.

Baca Juga: 14 Manfaat Berenang yang Melebihi Jenis Olahraga Lain

6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app