Fakta Menarik Seputar Vagina yang Wajib Wanita Tahu

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Fakta Menarik Seputar Vagina yang Wajib Wanita Tahu

Sebagai wanita, pengetahuan mengenai organ dalam seperti vagina tentunya sangat penting untuk diketahui. Hal ini dikarenakan keberadaan organ ini sangat penting sebagai organ seks dan juga jalur lahir untuk bayi. 

Pengetahuan yang salah mengenai organ ini dapat menyebabkan perlakuan yang tidak tepat pada organ seksual sehingga menyebabkan iritasi, bahkan hal-hal berbahaya dapat timbul akibat perlakuan yang salah ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Untuk itu Anda perlu tahu fakta menarik mengenai vagina agar tidak memberikan perlakuan yang salah pada organ intim satu ini.

1. Memiliki zat yang sama yang terkandung pada hiu

Tahukah Anda ternyata vagina wanita memiliki zat bernama squalene. Zat squalene pada vagina berfungsi untuk melumasi organ intim wanita terutama ketika sedang terangsang. Zat ini juga terdapat pada hati hiu yang biasanya diambil untuk menghasilkan minyak hati hiu.

2. Memiliki banyak G-Spot

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan seks Chua Chee Ann, MD asal Malaysia, ternyata terdapat banyak G-spot yang dikenal sebagai titik kenikmatan pada organ dalam wanita. Ilmuwan ini menemukan terdapat A-spot yang terletak beberapa inci di atas titik G-Spot. Titik ini berada di sepanjang sisi samping dinding vagina.

3. Dapat melebar ketika berhubungan seksual

Anda tidak perlu khawatir apabila telah berhubungan seksual berkali-kali, karena ukuran vagina sangat lentur dan dapat melebar bahkan tiga kalinya. Diameter bukaan vagina umumnya hanya berukuran 3 cm. 

Namun, karena jaringan otot vagina dapat melentur ketika meregang, sehingga Anda tidak perlu khawatir vagina akan melar jika berhubungan seks berkali-kali.

Tidak hanya lebarnya saja, namun kedalaman vagina yang umumnya berukuran 7 hingga 8 cm dapat memanjang hingga 10 sampai 11 cm. Setelah ukurannya berubah, vagina dapat kembali ke ukuran aslinya seperti semula. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Alat Kontrasepsi & Hormon via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 7

Kemampuan vagina yang dapat melentur ini bermanfaat untuk persalinan karena ketika persalinan vagina dipaksa melebar sebagai jalan keluar bayi.

4. Memiliki beragam bau

Umumnya vagina memiliki bau asam yang sedikit tajam seperti halnya cuka. Aroma ini bahkan dapat tercium dari jauh. Bau pada vagina antara satu wanita dan wanita lainnya umumnya juga akan berbeda. 

Faktor yang menyebabkan perbedaan bau ini bisa dikarenakan kebersihan si wanita seperti sering mengganti pakaian dalam, faktor makanan, jumlah keringat yang dikeluarkan dan sebagainya. Yang perlu Anda catat adalah vagina normal tidak akan berbau wangi seperti bunga dan buah-buahan.

5. Memiliki banyak ujung saraf

Perlu diketahui bahwa wanita memiliki sejumlah 8000 ujung saraf pada bagian klitoris. Jumlah ini lebih banyak hingga 2 kali lipat dibandingkan penis. Klitoris atau bulatan kecil antara dua bibir vagina memang dikenal merupakan bagian tersensitif dari organ dalam wanita. 

Bulatan kecil ini dapat memberikan sensasi kuat ketika dirangsang hingga menyebar ke area panggul.

6. Otot sangat kuat

Menurut Alyssa Dweck, M.D, otot vagina memiliki ketahanan yang sangat kuat. Dimana otot dalam keadaan diam namun tetap dalam kondisi tegang dan siap untuk bekerja. Vagina ini dapat memerangkap penis yang melakukan penetrasi. Kondisi ini dikenal dengan penis captivus atau mati gancet. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Postinor 750mcg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Postinor 750mcg tab 1

Kondisi ini merupakan kondisi dimana saat penetrasi penis-vagina, otot vagina akan memerangkap penis dengan kuat sehingga penis tidak dapat keluar dari vagina.

7. Tingkat keasaman tinggi

Tahukah Anda bahwa tingkat keasaman pada vagina berkisar 4 dengan pH normal sekitar 3,8 hingga 4,5. Nilai ini sama seperti tingkat keasaman pada sebuah tomat. Tingkat asam ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pada vagina.

Itulah beberapa fakta menarik tentang vagina wanita. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan bagi Anda.


2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
20 Facts Every Woman Must Know About Her Vagina. Health.com. (https://www.health.com/sex/20-vagina-facts)
Vagina facts: What are the 10 things you should know?. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320939)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app