Makanan dan Diet Sehat

Fakta Kandungan Gizi Buah Durian Yang Kaya Manfaat

Update terakhir: Mar 5, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 531.299 orang

Buah durian adalah salah satu buah tropis populer yang terkenal akan aroma dan rasanya. Dengan berbagai keistimewaannya, durian diakui sebagai "Raja Buah" di banyak negara Asia Tenggara. Lantas, apa saja zat yang terkandung dalam buah durian hingga membuatnya istimewa?  Pohon durian sendiri merupakan tanaman tropis dari keluarga Malvaceae, dalam genus Durio; secara botani dikenal sebagai Durio zibethinus. Buah musiman satu ini banyak digemari karena rasanya yang lezat dengan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun, ada beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu tidak berani mengonsumsinya lantaran takut terkena dampak atau efek samping yang ditimbulkan. Ada yang mengatakan buah durian mengandung kolesterol, alkohol, dan lain-lain sehingga wajar jika ditakuti oleh orang yang merasa memiliki penyakit terkait. Daripada berkecamuk dalam kebingungan, lebih baik kita kupas tuntas zat apa saja yang terkandung dalam durian.

Tabel Kandungan Nutrisi Buah Durian

Buah durian (Durio zibethinus), Nilai gizi per 100 g.
Kandungan Nilai Gizi Persentase RDA*
Energi 147 Kkal 7%
Karbohidrat 27,09 g 21%
Protein 1.47 g 2,5%
Lemak total 5.33 g 20%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat makanan 3,8 g 10%
Vitamin
Folat 36 mcg 9%
Niasin 1,074 mg 7%
Asam Pantotenat 0,230 mg 4,5%
Piridoksin 0,316 mg 24%
Riboflavin 0,200 mg 15%
Tiamin 0,374 mg 31%
Vitamin A 44 IU 1.5
Vitamin C 19,7 mg 33%
Elektrolit
Sodium 2 mg 0%
Kalium 436 mg 9,5%
Mineral
Kalsium 6 mg 0,6%
Tembaga 0,207 mg 23%
Besi 0,43 mg 5%
Magnesium 30 mg 7,5%
Mangan 0,325 mg 14%
Fosfor 39 mg 6%
Seng 0,28 mg 2,5%
Nutrisi nabati
Karoten-alpha 6 mcg -
Karoten-ß 23 mcg -
Lutein-zeaxanthin
*= persentase kebutuhan harian tubuh. Sumber: USDA National Nutrient data base

Kolesterol tidak ada, bagaimana dengan kandungan alkohol durian?

Pada dasarnya buah durian tidak mengandung alkohol, namun jika tersimpan dalam kurun waktu yang lama, alkohol dapat terbentuk akibat proses fermentasi. Jadi pastikan untuk memilih durian yang masih segar dengan kematangan yang cukup, tidak terlalu matang dan benyek.

Manfaat Buah Durian Berdasarkan Kandungannya

  • Sumber energi. Buahnya berupa 'daging' yang lembut dan mudah dicerna, terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang ketika dimakan akan menambah energi dan menyegarkan tubuh secara instan. Dalam 100 g buah segar mengandung 147 kalori.
  • Lemak sehat. Meskipun mengandung jumlah lemak yang relatif lebih tinggi di antara buah-buahan lainnya, namun buah durian tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.
  • Serat makanan. Durian kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencahar massal yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan mengurangi waktu paparan dengan racun pada feses. Serat juga membantu mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker dari usus.
  • Antioksidan. Buah durian merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin-C membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mencari radikal bebas yang berbahaya.
  • Vitamin B kompleks. Durian adalah sumber yang sangat baik untuk kesehatan yang bermanfaat karena mengandung vitamin B-kompleks; kandungan langka pada buah-buahan, seperti niasin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan tiamin (vitamin B-1). Vitamin ini sangat penting bagi tubuh karena membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk diisi ulang.
  • Mineral. Durian juga mengandung sejumlah mineral seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai ko-faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase . Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah (RBC).
  • Kalium. Buah durian segar adalah sumber kalium yang sangat kaya. Kalium adalah elektrolit penting di dalam sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.
  • Asam amino. Selain itu, juga mengandung asam amino esensial triptofan (juga disebut "pil tidur alami"). Triptofan pada manusia dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin ; dua neurokimia yang memainkan peran penting dalam inisiasi tidur dan menenangkan iritabilitas saraf.
Itulah sejumlah kandungan gizi dalam buah durian, meski harganya relatif mahal, namun sangat sebanding dengan kenikmatan dan manfaatnya bagi kesehatan.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit