Efek Samping Masturbasi

Dipublish tanggal: Feb 27, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Efek Samping Masturbasi

Masturbasi adalah kebiasaan buruk yang dialami pada pria dan wanita. Masturbasi didorong akibat rangsangan seksual yang dilakukan pada alat kelamin. Orang yang melakukan masturbasi bertujuan untuk mencapai kepuasan seksual antara pikiran dan objek yang dilihat atau dirasa. 

Pencapaian orgasme dengan dengan rangsangan membuat seseorang dapat ketagihan dan sulit untuk berhenti melakukannya. Perlu diketahui bahwa masturbasi memiliki beberapa kerugian dan efek samping dari sisi fisik ataupun psikis seseorang.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengapa Orang Menyukai Masturbasi

Beberapa survey menunjukkan bahwa masturbasi atau onani lebih banyak dilakukan pada pria dibanding wanita. Mereka memerlukan objek dan juga pikiran yang berkaitan lalu melakukan masturbasi untuk mencapai kepuasan hasrat. 

Objek yang digunakan dapat berupa gambar atau film porno. Beberapa alasan lain yang diberikan adalah dengan masturbasi mereka dapat kembali berkonsentrasi dalam kegiatan, meredakan stres, merasa lega dan tidak terganggu oleh keinginan pada otak yang mendorong mereka melakukan masturbasi dan mencapai orgasme.

Alasan lain adalah akibat keterbasan mereka untuk ingin melakukan hubungan seksual yang tidak tercapai sehingga pelampiasan itu dapat dilakukan dengan melakukan masturbasi. 

Masturbasi merupakan salah satu aktivitas seksual yang dapat dilakukan pada pasangan yang sudah menikah, tetapi kesalahan terjadi pada yang belum berpasangan tapi ingin sekali merasakan atau mencapai hasrat seksual. 

Pelampiasan gairah seksual sering dilakukan pada masa-masa remaja yang penasaran akan kenikmatan seksual.

Efek samping Masturbasi

Masturbasi secara normal memang memiliki beberapa keuntungan, seperti meingkatkan kualitas tidur, meningkatkan mood, meningkatkan hasrat seksual kepada pasangan, mencegah penyakit menular seksual dan meningkatkan konsentrasi. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Tetapi masturbasi yang terlalu sering dapat berbahaya bagi fisik dan mental seseorang. Beberapa efek samping yang dapat timbul antara lain:

  1. Ketagihan
    Kenikmatan yang diberikan hanya pada masturbasi membuat orang dapat merasa ketagihan dan mencari objek untuk memuaskan hasrat birahi dengan melakukannya sendiri dengan tangan atau dengan alat
  2. Kehilangan konsentrasi
    Masturbasi pada beberapa orang dapat menghilangkan stres, tetapi ini dapat mengakibatkan Anda sulit berkonsentrasi dengan kegiatan dilakukan sehingga otak menjadi kacau. Otak akan diracuni oleh pikiran yang memicu diri Anda untuk melakukan masturbasi untuk mencapai hasrat puncak
  3. Kanker prostat
    Penelitian menunjukan bahwa remaja muda yang sudah mengenal dan terbiasa melakukan masturbasi dapat beresiko mengalami kanker prostat hingga 30% pada usia tua.
  4. Rutinitas terganggu
    Ketagihan masturbasi dapat menganggu rutinitas dan membuang waktu Anda untuk menyelesaikan kegiatan sehari-hari Anda.
  5. Lemas
    Saat melakukan masturbasi, ada memerlukan tenaga mencapai kepuasan. Dengan ini berakibat anda kehilangan tenaga dan merasa lelah dan lemas sehingga sulit melakukan aktivitas
  6. Luka pada alat kelamin
    Masturbasi yang terlalu keras dan kencang dapat menimbulkan luka pada alat kelamin. Tidak jarang melakukan masturbasi yang terlalu intens menyebabkan rasa nyeri dan ngilu
  7. Infertilitas
    Melakukan masturbasi terlalu sering pada pria dapat menyebabkan infertilitas karena tidak dapat membentuk sel sperma yang normal dan jumlah sel sperma yang menjadi sedikit. Jumlah sperma yang sedikit tidak cukup untuk mencapai dan membuahi sel telur saat melakukan hubungan seksual sehingga janin sulit terbentuk
  8. Impotensi
    Riset membuktikan bahwa terlalu sering masturbasi pada pria meningkatkan impotensi dini pada usia dewasa.
  9. Kehilangan hasrat Seksual
    Masturbasi dapat mengurangi hasrat seksual terhadap pasangan karena pikrian anda menjurus pada hanya kenikmatan masturbasi saja
  10. Gangguan psikis
    Masturbasi yang terlalu sering dapat menimbulkan gangguan psikis yang timbul perlahan. Gangguan yang sering terjadi antara lain adiktif dan mudah depresi

Masturbasi tentu dapat dihindari dengan mudah, yang terpenting adalah mengatur pikiran dan kebiasaan Anda untuk tidak memikirkan hal-hal yang dapat memicu keinginan Anda untuk melakukan masturbasi. 

Lakukan kegiatan bermanfaat atau sesuai hobi Anda seperti bermain game, membaca buku, menonton film bioskop, berkumpul dengan teman, istirahat yang cukup, dan berdoa. 

Tetap fokus dalam mengerjakan kegiatan Anda sehari-hari. Isi waktu Anda dengan hal-hal positif untuk mengurangi dan mencegah hasrat masturbasi yang dapat muncul dan meningkat sewaktu-waktu. 

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Masturbation side effects: Myths and facts. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320265.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app