Dosa Kala Diet

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Dosa Kala Diet

Bagi kebanyakan orang, bentuk tubuh yang kurang ideal menjadi sebuah gangguan. Berbagai cara dilakukan baik oleh kaum wanita maupun pria. Namun, khalayak ramai kerap melakukan diet yang kurang tepat.

Beberapa kebiasaan para pendiet yang kerap menggagalkan usaha mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai harapan dan justru membahayakan kesehatan, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Melawan lemak yang menimbun secara cepat dengan bantuan obat-obatan pelangsing memang terlihat menggiurkan. Namun, terkadang para pendiet tidak lagi benar-benar mempertimbangkan efek samping yang turut serta. Apalagi bila obat-obatan itu belum diuji klinis.
  • Melewatkan jam makan di malam hari memang tidak akan secara signifikan mengganggu kesehatan. Namun, ketika sarapan tiba, anda cenderung akan lebih lapar dan mengonsumsi porsi makan berlebih.
  • Anti karbohidrat. Karbohidrat bukanlah musuh diet. Langkah menghindari sama sekali asupan karbohidrat hanya akan membuat tubuh lemas karena tidak ada asupan sumber energi.
  • Mengurangi asupan kalori memang dianjurkan, tapi butuh tetap membutuhkan kalori untuk pembentukan otot dan pergerakan saat beraktivitas.
  • Detoksinasi dianjurkan untuk menjaga fungsi usus dan membersihkan tubuh dari racun-racun sebab kolesterol berlebih. Pastikan anda tidak dehidrasi saat tengah melakukan proses detoksinasi. Lebih baik anda memperhatikan pola makan dengan memperbanyak serat dan minum air putih.
  • Memuntahkan makanan alih-alih bertujuan mengeluarkan kembali yang kita makan, justru membawa dampak buruk bagi kerongkongan. Asam lambung yang ikut terbawa dari lambung akan merusak kerongkongan dan menimbulkan peradangan bahkan pembengkakan.
  • Banyak orang berpikir mengonsumsi obat pencahar adalah solusi tepat untuk mencegah penyerapan makanan berlemak. Ternyata obat pencahar hanya akan menimbulkan gangguan elektrolit.
  • Olahraga ekstrem dianggap sebagian orang merupakan harga mati untuk membentuk tubuh. Kuncinya bukan seberapa keras, tapi seberapa rutin dan konstan kita berolahragalah yang menentukkan perubahan bentuk tubuh.
  • Ada anggapan keliru yang mengatakan bahwa kebiasaan merokok dapat membuat tubuh cepat langsing. Nikotin memang dapat menekan nafsu makan, namun di balik itu bahaya nikotin lebih banyak ketimbang manfaatnya sebagai penekan nafsu makan.

Pilihlah dan pertimbangkan cara diet yang sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Jangan memforsir tubuh hanya karena keinginan memiliki bentuk tubuh indah. Bukankah memiliki tubuh yang sehat lebih berarti ketimbang hanya nampak indah di luar saja.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
10 Biggest Workout Mistakes Made by Men. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/biggest-workout-mistakes-men-3495584)
Avoiding Mistakes When Building Muscle and Losing Fat. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/mistakes-to-avoid-when-building-muscle-and-losing-fat-3498333)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app