Di Usia Berapakah Kemampuan Mata Manusia untuk Melihat Paling Tajam

Pada sebuah penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa bagian otak yang berperan dalam menyempurnakan kemampuan melihat, terbukti terus berkembang dan mematangkan diri setelah menjalani pemeriksaan jaringan otak. Hasilnya, ketajaman mata untuk melihat akan terus berkembang sampai usia 40 tahun.
Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Di Usia Berapakah Kemampuan Mata Manusia untuk Melihat Paling Tajam

Seperti kebanyakan orang ketahui, kemampuan mata sebagai indra penglihatan akan menurun seiring bertambahnya usia. Tak heran jika banyak orang yang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan pada usia lanjut. 

Namun, ketajaman penglihatan mata tak serta merta berhenti di usia produktif dan terus menurun setelahnya. Faktanya, kemampuan indra penglihatan manusia akan terus berkembang hingga mencapai usia paruh baya. Bagaimana hal tersebut terjadi? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Mata via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 12

Pada usia berapa kemampuan penglihatan yang paling baik?

Pada sebuah penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa bagian otak yang berperan dalam menyempurnakan kemampuan melihat, terbukti terus berkembang dan mematangkan diri setelah menjalani pemeriksaan jaringan otak. Hasilnya, ketajaman mata untuk melihat akan terus berkembang sampai usia 40 tahun.

Ketajaman indra penglihatan yang ternyata terus berlangsung sampai usia 40-an berkaitan dengan perkembangan area otak yang mengatur kemampuan mata untuk melihat. Bagian otak yang berperan dalam perkembangan kemampuan melihat seseorang yaitu korteks visual primer. 

Bagian otak tersebut, termasuk ke dalam area korteks belakang otak, yang di mana semua informasi yang didapatkan oleh mata akan diproses oleh bagian otak tersebut.

Penglihatan Orang Dewasa Usia 19- 40 Tahun

Sebagian besar orang dewasa yang berusia antara 19 dan 40 tahun umumnya sedang menikmati mata yang sehat dan penglihatan yang bagus. Masalah mata dan penglihatan yang paling umum untuk orang-orang dalam kelompok usia tersebut adalah karena tekanan visual dan cedera pada mata. 

Dengan mempertahankan gaya hidup sehat dan melindungi mata dari stres dan cedera, Anda dapat menghindari banyak masalah pada mata dan penglihatan.

Penglihatan yang baik penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari seperti, saat mengejar gelar, memulai karier, atau mungkin memulai dan membesarkan keluarga. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan yang baik:

  • Lindungi mata dari cahaya tampak dengan panjang gelombang pendek. Sebagian besar perangkat digital dan lampu neon dapat memancarkan lebih banyak panjang gelombang di dekat bagian spektrum yang lebih pendek, atau lebih biru. Paparan yang tinggi dan terus menerus pada panjang gelombang tersebut dapat menyebabkan kerusakan retina yang lambat, yang dapat menyebabkan masalah seperti degenerasi makula terkait usia di kemudian hari. Penggunaan kacamata khusus dan pelapis lensa tersedia untuk memblokir cahaya tampak dengan panjang gelombang pendek.
  •  Lindungi mata dari sinar matahari. Matahari dapat memancarkan sinar ultraviolet (UV) berbahaya yang dapat merusak mata dalam jangka panjang. Pilihlah kacamata hitam dengan perlindungan UV-A dan UV-B dengan cakupan yang memadai. Selain itu, gunakan tabir surya di sekitar kulit di sekitar mata Anda, dan kenakan topi atau pelindung mata selain kacamata hitam untuk meningkatkan perlindungan.
  • Hindari kebiasaan merokok. Merokok dapat membuat mata Anda terpapar zat kimia berbahaya tingkat tinggi dan meningkatkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia dan katarak.
  • Makanlah dengan diet seimbang. Sebagai bagian dari diet sehat, makanlah lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Pilih makanan yang kaya antioksidan, seperti sayuran berdaun hijau dan ikan.
  • Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen ke mata dan membantu menghilangkan racun.
  • Lakukan pemeriksaan mata setiap tahun. Meskipun penglihatan umumnya tetap stabil setiap tahunnya, namun masalah dapat berkembang tanpa tanda atau gejala yang jelas. Cara terbaik untuk melindungi penglihatan Anda adalah dengan melakukan pemeriksaan mata secara teratur.

American Optometric Association merekomendasikan agar orang dewasa berusia 19 hingga 40 tahun menerima pemeriksaan mata setidaknya setiap dua tahun sekali. 

Jika Anda berisiko mengalami masalah mata karena riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes, tekanan darah tinggi atau masalah penglihatan sebelumnya, dokter mata mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan mata yang lebih sering. 

Di antara pemeriksaan, hubungi dokter jika Anda melihat perubahan dalam penglihatan Anda. Mendeteksi dan menangani masalah sejak dini dapat membantu mempertahankan penglihatan yang baik selama sisa hidup Anda.

11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Your Child's Vision (for Parents). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/parents/vision.html)
Best Way to Age-Proof Your Vision. Johns Hopkins Medicine. (Accessed via: https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/best-way-to-age-proof-your-vision)
How Does Your Vision Change As You Age?. All About Eyes. (Accessed via: https://allabouteyes.com/vision-change-age/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app