Coba Pelajari Cara Meningkatkan Daya Ingat di Sini

Dipublish tanggal: Sep 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan semakin menurun pula fungsi otak kanannya yang di akibatkan penuaan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui ketahui cara meningkatkan daya ingat. Agar otak Anda dapat bekerja dengan optimal, simak informasinya di bawah ini!

Kepikunan terkadang bisa menjadi masalah seiring bertambahnya usia. Yang menjadi masalah adalah Anda akan lupa beberapa momen kejadian bahkan bisa lupa dengan nama orang lain. 

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Kemudian, di hari yang lain, Anda akan teringat kembali nama tersebut. Daya ingat juga dapat berkaitan dengan short memory, ketika Anda menaruh barang kemudian lupa di mana Anda menyimpannya.  Berikut cara meningkatkan daya ingat untuk yang dapat Anda lakukan agar dapat bekerja dengan baik: 

Memelihara daya ingat dan pola hidup sehat

Memelihara pola hidup sehat sangatlah penting untuk menjaga kebugaran badan tak terkecuali menjaga daya ingat pada otak. Berikut beberapa kebiasaan baik yang perlu Anda lakukan untuk menjaga kebugaran badan dan otak Anda:

Perhatikan asupan gizi Anda 

Otak sangat perlu asupan gizi yang cukup untuk menjaga konsentrasi dan fokus Anda. Konsumsilah sayur sayuran, ikan yang mengandung banyak lemak omega-3, teh hijau, dan kacang-kacangan agar fungsi otak tetap terjaga dengan baik. Anda juga perlu menjauhi bahkan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan yang dapat memperburuk kondisi fungsi kognitif (proses berpikir) dan memori.

Sempatkan berolahraga

Olahraga yang teratur akan membuat daya ingat otak Anda semakin efektif. Karena olah raga akan memperlancar peredaran darah dalam tubuh, maka akan meningkatkan suplai darah ke otak, mendorong pembaruan sel saraf. 

Setidaknya Anda perlu lakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki kurang lebih selam 45 menit dan dilakukan sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Olah otak

Otak juga perlu diasah dan dilatih fokus dan konsentrasinya agar kemampuan otak bisa terjaga secara efektif. Terdapat beberapa cara untuk mengolah konsentrasi otak agar tetap terjaga, seperti dengan melakukan mengisi teka teki silang, bermain puzzle, bermain catur, rajin membaca untuk meningkatkan daya ingat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Atur aktivitas Anda

Seringkali Anda mungkin lupa menaruh barang diletakkan dengan sembarangan. Untuk itu, Anda perlu mengatur aktivitas dengan menulis agenda harian. Biasakan juga untuk menaruh barang pada tempatnya. Beberapa hal tersebut mampu membuat otak Anda lebih fokus dan daya ingat lebih terjaga

Istirahat Yang Cukup

Otak juga butuh istirahat untuk menjaga focus dan kemampuan mengingat. Saat kita terlelap, ingatan akan menyusun kembali informasi yang telah didapatkan dari hal-hal yang sudah terjadi. 

Istirahat yang cukup akan membuat badan dan otak kembali segar dan Anda akan terhindar dari stres. Durasi tidur yang bagus memerlukan waktu tidur selama 7-9 jam istirahat. Istirahat yang efektif dan berkualitas dapat membantu daya ingat untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.

Aktif bersosialisasi

Manusia sebagai makhluk social tentunya perlu untuk bersosialisasi dengan orang disekitar kita, bersosialisasi juga dapat meningkatkan daya ingat dengan efektif. Bercengkrama dengan orang terdekat dapat terbebas dari stress dan depresi. Karena kondisi tersebut berkaitan dengan menurunnya daya ingat kita.

Mengurus diri sendiri

Jika anda masih mampu mengurus keperluan anda sendiri maka lakukanlah sendiri, cara ini dinilai ampuh untuk membuat mengingat hal-hal yang diperlukan diri anda sendiri

Gunakan obat dokter dengan benar

 mintalah petunjuk pemakaian obat yang anda konsumsi, karena beberapa pemakaian obat yang salah akan berdampak pada daya ingat otak anda

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Cara meningkatkan Konsentrasi

Selain daya ingat, konsentrasi juga sangat penting karena jika konsentrasi kurang maka Anda bisa saja melakukan beragam kesalahan.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan daya konsetrasi:

  • Selalu perhatikan dengan seksama informasi yang Anda dapatkan dan apa yang sedang Anda lakukan.
  • Selalu mengutamakan prioritas, dan lakukan satu pekerjaan dalam satu waktu. Hal ini salah satu cara untuk berkonsentrasi. 
  • Catatlah hal-hal dianggap penting agar menjadi pengingat Anda ketika lupa.
  • Ketika sedang belajar atau bekerja, sebaiknya telepon untuk dimatikan karena Anda akan lebih fokus ketika tidak sedang menggunakan telepon
  • Istirahatkan pikiran sejenak setelah bekerja, hal ini dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

Terapkan cara di atas untuk meningkatkan konsentrasi Anda. Apabila konsentrasi Anda tidak kunjung membaik, maka segera konsultasikan hal tersebut ke dokter.


29 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zeidan F, et al. (2010). Mindfulness meditation improves cognition: Evidence of brief mental training. DOI: (https://doi.org/10.1016/j.concog.2010.03.014)
Ybarra O, et al. (2007). Mental exercising through simple socializing: Social interaction promotes general cognitive functioning. DOI: (https://doi.org/10.1177/0146167207310454)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app