Coba Makanan dan Minuman untuk Berhenti Merokok

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Coba Makanan dan Minuman untuk Berhenti Merokok

Apabila Anda seorang perokok yang hendak berhenti melakukan aktivitas tersebut. Maka, selamat! Anda sudah melakukan keputusan yang tepat bagi masa depan Anda sendiri. Anda menyadari betul bahwa rokok lebih banyak mengandung kerugian daripada keunggulan. Bahkan rokok menjadi salah satu urutan tertinggi penyebab kematian di seluruh dunia. Salah satunya karena penyakit yang timbul akibat merokok.

Mengetahui hal tersebut tentu membuat Anda memiliki niat yang cukup untuk berhenti merokok. Apalagi jika Anda masih muda atau telah berkeluarga. Anda tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan hidup lebih sehat, bukan? Akan tetapi persoalan pertama yang muncul adalah sulitnya untuk berhenti merokok. Tentu saja bantuan secara medis akan Anda perlukan supaya hasil yang tercapai lebih optimal. Kemudian Anda bisa pertimbangkan bahan-bahan alami yang dapat membantu dalam terapi pemulihan. Simak penjelasannya berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sebagai satu-satunya jenis air yang paling utama dan paling dibutuhkan oleh tubuh. Berfungsi juga sebagai detoksifikasi sehingga akan mengeluarkan kotoran dan racun yang merugikan tubuh. Hal itu pula yang terjadi pada perokok. Anda bisa lebih banyak minum ketika terbersit keinginan untuk kembali ingin merokok.

Sarapan Oats

Ketika Anda berniat untuk berhenti merokok maka tambahkan menu sarapan Anda dengan oats. Karena kandungan alami oats akan membantu Anda mengurangi konsumsi nikotin harian, sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkan nikotin dalam tubuh dan tidak lagi mendapatkan pasokan nikotin yang baru.

Tambahkan Menu Segelas Susu

Segelas susu akan membantu Anda untuk mulai berhenti dengan kebiasaan merokok. Caranya adalah dengan munculnya rasa tidak enak di daerah mulut saat hendak merokok. Karena kandungan alami susu memberikan efek baik dan mencegah Anda untuk kembali menumpuk nikotin di dalam tubuh.

Teh Ginseng

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya mampu mengurangi rasa kebutuhan akan nikotin. Bahkan Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat teh hangat atau air ekstrak ginseng. Para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi air ginseng lebih sering dalam sehari. Karena banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan seperti stamina yang kembali fit dan sekaligus menghentikan keinginan Anda untuk merokok.

Perbanyak Jus dan Sayuran Sehat

Sebenarnya Anda tidak memiliki cukup vitamin dan serat ketika Anda masih merokok. Karena setiap nutrisi yang datang setelah Anda makan maka nikotin dan zat kimia dalam tubuh akan segera memusnahkan nutrisi tersebut.

Dengan demikian Anda dianjurkan hidup lebih sehat ketika sudah berniat untuk berhenti merokok. Salah satunya dengan membuat jus dari berbagai jenis buah kesukaan atau mengonsumsi cukup sayur setiap hari. Sehingga nutrisi kembali terpenuhi dan nikotin dalam tubuh semakin berkurang.

Sebagai permulaan apabila Anda tidak terbiasa minum jus maka mengemil buah di saat-saat tertentu dapat menjadi awal yang baik. Setidaknya konsumsi buah satu kali sehari lebih baik jika dibandingkan dengan satu batang rokok.

Air Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C sehingga sangat cocok untuk menangkal keinginan yang muncul saat ingin merokok. Anda bisa membuat minuman ini dengan cara yang mudah yakni jeruk dibuat irisan kecil kemudian dijadikan teh, Anda juga bisa gunakan perasan air jeruk yang semakin segar dengan tambahan es batu dan dinikmati saat siang hari.

Selain kesehatan yang tentu akan Anda peroleh saat berniat untuk berhenti merokok, maka semua anggota turut berbahagia melebihi perasaan Anda ketika menerima persetujuan lamaran pekerjaan. Anda tidak percaya? Cobalah sekarang juga!

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Best and Worst Foods to Help You Quit Cigarettes. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/hs/stop-smoking/best-and-worst-foods-quit-smoking/)
Vegetables, Milk May Help People Quit Smoking. WebMD. (https://www.webmd.com/smoking-cessation/news/20070405/quit-smoking-diet-veggies-milk#1)
Foods and Diet Tips That May Help You Quit Smoking. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/foods-to-help-you-quit-smoking-4151700)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app