GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Ciprofloxacin Ampuh Atasi Infeksi Bakteri

Dipublish tanggal: Jul 17, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ciprofloxacin Ampuh Atasi Infeksi Bakteri

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ciprofloxacin atau siprofloksasin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri
  • Penyebab infeksi bakteri bisa terjadi krarena bakteri Enterococcus, Staphylococcus, Streptococcus, Pseudomonas, Salmonella, Shigella, Klebsiella, dan Anthrax
  • Manfaat Ciprofloxacin yang mengandung Ciprofloxacin Hcl juga berguna untuk meredakan diare, sinusitis, dan pneumonia
  • Obat antibiotik Ciprofloxacin tersedia dalam kemasan tablet, kapsul, sirup, krim (cream), obat tetes, dan suntikan infus yang membutuhkan resep dokter
  • Dosis Ciprofloxacin untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri dapat diminum 2 kali sehari (pagi dan malam) secara teratur
  • Ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak di bawah 1 tahun tidak diperbolehkan minum obat Ciprofloxacin
  • Klik untuk mendapatkan Ciprofloxacin atau obat antibiotik lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD

Ciprofloxacin atau siprofloksasin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Obat Ciprofloxacin termasuk dalam golongan antibiotik quinolone yang bekerja untuk menghambat serta menghentikan pertumbuhan bakteri dalam tubuh.

Ciprofloxacin obat apa?

Manfaat Ciprofloxacin dapat digunakan untuk membantu mengobati berbagai jenis infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Enterococcus, Staphylococcus, Streptococcus, Pseudomonas, Salmonella, Shigella, Klebsiella, dan Anthrax.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antibiotik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 24

Manfaat Ciprofloxacin yang mengandung Ciprofloxacin Hcl juga hanya ampuh mengatasi infeksi bakteri dan bukan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau common cold (batuk pilek), karena antibiotik tidak akan bekerja dengan baik dalam tubuh.

Baca juga: Infeksi Bakteri dan Infeksi Virus, Ketahui Apa Bedanya

Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui, serta anak di bawah 1 tahun tidak diperbolehkan minum obat Ciprofloxacin. Begitupun dengan penderita diabetes, stroke, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit hati (liver), kelainan tendon dan lain-lainnya yang harus menggunakan Ciprofloxacin secara hati-hati dan telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atas riwayat penyakit yang dimiliki.

Manfaat Ciprofloxacin 

Manfaat Ciprofloxacin cukup sering digunakan dalam mengatasi berbagai masalah infeksi, seperti:

  • Infeksi saluran pernapasan
  • Infeksi saluran kemih
  • Infeksi kulit
  • Infeksi saluran pencernaan
  • Infeksi menular seksual
  • Infeksi tulang dan sendi

Bahkan Ciprofloxacin juga dipercaya untuk mengobati beberapa jenis infeksi lain yang terjadi di bagian kulit, mata, ataupun telinga. Manfaat Ciprofloxacin juga berguna untuk meredakan diare, sinusitis, dan pneumonia. 

Baca juga: 16 Penyakit Berbahaya yang Disebabkan oleh Bakteri

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Harga Ciprofloxacin & informasi penggunaan

Obat antibiotik Ciprofloxacin yang mengandung Ciprofloxacin Hcl tersedia dalam kemasan tablet, kapsul, sirup, krim (cream), obat tetes, dan suntikan infus. Karena termasuk antibiotik, maka untuk membeli obat Ciprofloxacin diperlukan resep dokter dan disesuaikan dengan kondisi penyakit pasien.

Secara umum, dosis Ciprofloxacin untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri yang tersedia dalam kemasan tablet, kapsul, atau sirup dapat diminum 2 kali sehari (pagi dan malam) dengan dosis yang disesuaikan sesuai petunjuk atau resep dokter. Ingat pula, manfaat Ciprofloxacin akan lebih ampuh jika diminum di waktu yang tepat setiap harinya.

Perhatikan sejumlah efek samping yang mungkin timbul setelah mengonsumsi Ciprofloxacin, di antaranya mual, muntah, diare, gatal, pusing, kemerahan, mati rasa, gangguan tidur, nyeri dada, dan beberapa efek samping lainnya. Jika kondisi tersebut terus terjadi, segera tanyakan ke dokter. 

Merek obat Ciprofloxacin antara lain Baquinor Forte, Cipro, Floxil, Floxigra, Interflox, Meflosin, Scanax, Licoprox, Quidex, Xenoflox, Ziprocap, maupun Ziprox. Harga Ciprofloxacin tergolong bervariasi, antara Rp.10.000 - Rp.80.000, tergantung sediaan dan jumlah obat yang dibutuhkan. Sesuaikan dengan dosis dari dokter, hindari mengonsumsi Ciprofloxacin dalam dosis berlebih baik dalam jumlah maupun waktu penggunaan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Everydayhealth. What Is Ciprofloxacin (Cipro)? (https://www.everydayhealth.com/drugs/ciprofloxacin)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app