Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA ENWA SIWI
Kesehatan Fisik

Cara Menghilangkan Cegukan

Update terakhir: SEP 13, 2019 Tinjau pada SEP 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.039.583 orang

Cara Menghilangkan Cegukan

Dalam praktek sehari-hari tak jarang saya menemukan pasien dengan keluhan cegukan, ada yang mengaku sudah melakukan berbagai macam cara untuk menghilangkan cegukan yang dialaminya, namun sudah 2 hari tak juga hilang. Walaupun kelihatannya sepele, cegukan sangat berpotensi mengganggu aktifitas harian Anda apalagi cegukan terus menerus. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan mengenai cara menghilangkan cegukan ini.

Pada dasarnya cegukan bersifat normal dan akan menghilang dengan sendirinyaAda sejumlah solusi untuk mengobati cegukan. Prinsip dasar sebagai acuan cara mengobati cegukan antara lain:

  • Karbon dioksida yang meningkat dalam darah akan menghilangkan cegukan, yang dapat dicapai ketika seseorang menahan nafasnya.
  • Jika saraf vagus yang berjalan dari otak ke perut dirangsang, cegukan juga dapat dikurangi, ini dapat terjadi ketika seseorang minum air

Dengan prinsip tersebut, berikut Cara Menghilangkan Cegukan yang dapat anda lakukan di rumah :

  •     Menahan Nafas.
  •     Minum segelas air dengan cepat.
  •     Dikagetin atau dikejutkan.
  •     Beri satu setengah sendok teh gula kering di bagian belakang lidah. (Ulangi proses ini 3 kali dengan jarak 2 menit)
  • Bernafas didalam plastik
  • Kumur dengan air es
  • Minum dengan air dingin

Dalam rangka menghilangkan cegukan, Kapan diperlukan berobat Dokter?

Seseorang harus ke dokter jika cegukan menjadi kronis (cegukan terus menerus dan sering kambuh) dan persisten (jika cegukan terus menerus lebih dari 3 jam), atau jika cegukan mempengaruhi pola tidur atau mengganggu makan.

Cegukan jarang mengakibatkan keadaan darurat. Namun, Jika cegukan berlangsung selama lebih dari 3 jam, terjadi dengan sakit perut yang parah, demam, sesak napas, muntah, meludah darah, atau merasa seolah-olah tenggorokan tertutup, orang tersebut harus segera periksa ke dokter untuk mendapatkan obat cegukan.

Pengobatan Medis untuk mengatasi Cegukan

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Blackmores Celery dapat digunakan untuk kesehatan sendi dan meredakan sakit akibat arthirits, encok dan rematik. Dapatkan GRATIS* ongkir untuk pembelian minimal Rp50.000!

Blackmores celery 7000 120 1

Pengobatan medis untuk menghilangkan cegukan tergantung pada seberapa parah cegukan yang dialami seseorang.

  • Untuk cegukan ringan biasanya akan berhenti dengan sendirinya.
  • Untuk cegukan yang lebih parah, cegukan terus-menerus (biasanya berlangsung selama 2 hari), dokter mungkin akan memberi obat cegukan untuk menghilangkannya. Klorpromazin (Thorazine) biasanya diresepkan sebagai pilihan pertama untuk mengobati cegukan, meskipun obat-obatan seperti baclofen (Lioresal) dan obat untuk kejang-kejang seperti phenytoin (Dilantin) terbukti berhasil mengatasi cegukan. (Obat-obat cegukan tersebut dapat diambil hanya dengan resep atau petunjuk dokter).
  • Anestesi untuk memblokir saraf phrenikus dan Pembedahan untuk menonaktifkan saraf phrenikus (saraf yang mengontrol diafragma) menjadi pilihan terakhir untuk mengobati cegukan.

Selain menghilangkan cegukan, mencegah  juga sangat penting agar tidak kambuh lagi,  oleh karena itu saya sarankan anda membaca artikel dengan judul Penyebab Cegukan

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit