Kesehatan Fisik

Ketahui Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Cegukan

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Tinjau pada Mei 6, 2019 Waktu baca: 1 menit
Ketahui Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Cegukan

Apa Itu Cegukan?

Cegukan merupakan gerakan yang tiba-tiba dan tidak disadari akibat kontraksi otot diafragma yang dapat terjadi berulang-ulang. Cegukan berlangsung singkat, akibat kontraksi otot dari diafragma yang dapat terjadi selama beberapa detik atau menit. Cegukan jarang bertahan lebih lama pada individu normal tanpa masalah medis yang mendasari.

Penyebab Cegukan

Cegukan terjadi akibat kontaksi otot diafragma

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Seseorang bisa mengalami cegukan akibat sebab-sebab berikut :

  • Makan terlalu cepat bisa menyebabkan cegukan
  • Memakan makanan yang terlalu banyak (terutama makanan berlemak) atau minum terlalu banyak (alkohol atau minuman berkarbonasi) dapat membuat seseorang rentan untuk mengalami cegukan.
  • Stroke atau tumor otak yang melibatkan batang otak, dan beberapa gangguan kesehatan kronis (seperti gagal ginjal) dilaporkan dapat menyebabkan cegukan, trauma pada otak, meningitis, dan ensefalitis juga dapat menyebabkan cegukan.
  • Kerusakan saraf vagus atau phrenikus dapat menyebabkan cegukan untuk dalam jangka waktu yang lama.
  • Beberapa obat yang dapat menyebabkan refluks asam lambung mungkin juga memiliki efek samping cegukan. Kebanyakan benzodiazepin, termasuk diazepam (valium), alprazolam (Xanax) dan lorazepam (Ativan) dapat menyebabkan cegukan. Selain itu, obat levodopa, nikotin, dan ondansetron (Zofran) juga dapat menyebabkan cegukan.
  • Uap gas berbahaya juga dapat memicu gejala cegukan.
  • Seorang bayi bisa cegukan setelah menangis atau batuk. Hal ini biasa terjadi pada bayi sampai usia 1 tahun. Dalam beberapa kasus, bayi dengan gastroesophageal reflux (GERD) bisa lebih rentan terhadap cegukan.
  • Kecemasan dan stres dapat menginduksi baik cegukan pendek dan jangka panjang.

Cegukan memang membuat tidak nyaman, oleh karena itu setelah anda ketahui penyebab cegukan sebaiknya hindari agar tidak mengalaminya lagi. Namun jika anda tengah mengalami cegukan atasi dengan cara berikut : Cegukan - Cara Mengobati Cegukan

 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to Get Rid of Hiccups: Causes, Symptoms, and Cure. eMedicineHealth. (Accessed via: https://www.emedicinehealth.com/hiccups/article_em.htm)
Hiccups: Causes, treatment, and complications. Medical News Today. (Accessed via: https://www.medicalnewstoday.com/articles/181573)
What Causes Hiccups? (for Kids). Nemours KidsHealth. (Accessed via: https://kidshealth.org/en/kids/hiccup.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app