Cara untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Dipublish tanggal: Sep 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Terkadang masalah dalam berhubungan seksual bagi seorang pria adalah masalah pada performa. Apalagi jika yang dialami adalah ejakulasi yang terlampau cepat sesaat berhubungan atau sering disebut ejakulasi dini

Ejakulasi dini merupakan kondisi dimana ejakulasi terjadi pada waktu yang cepat saat penetrasi atau tak lama saat berhubungan. Padahal rata-rata pria ejakulasi setelah lima sampai tujuh menit berhubungan. Jika kurang dari waktu tersebut, bisa kemungkinan dikatakan ejakulasi dini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

Ejakulasi dini memiliki berbagai faktor penyebab baik secara psikis maupun fisik. Pada kondisi seseorang mengalami masalah psikis seperti depresi atau stress, ejakulasi dini juga dapat terjadi. Kemudian faktor lainnya bisa dari efek samping obat-obatan, gangguan hormon, gangguan fisik atau terlalu lama sudah tidak berhubungan.

Cara untuk Mengatasi Ejakulasi Dini

Meskipun bukan termasuk kondisi yang membahayakan, tentunya hal ini cukup meresahkan khususnya pada sebagian pria hingga berpengaruh kepada pasangan. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan bagi Anda untuk mengurangi kemungkinan ejakulasi dini ataupun memperpanjang durasi ketahanan dalam berhubungan. Beberapa cara yang dapat Anda coba diantara lain:

Senam Kegel

Anda dapat mencoba senam kegel untuk mengatasi ejakulasi dini. Senam kegel ini sangat baik untuk menguatkan otot yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti otot pubococcygeus (PC) yang terletak di area perineum, yakni di antara anus dan scrotum

Melakukan senam kegel juga dapat memperkuat otot bulbocavernosus. Otot bulbocavernosus membantu suplai darah ke area penis selama ereksi dan memompa saat ereksi.

Mencoba gaya lain saat berhubungan.

Cobalah gaya baru yang tidak terlalu memerlukan penetrasi terlalu cepat. Kurangi sedikit kecepatan dan biarkan pasangan mengambil alih permainan.

Konsultasi pada Dokter dalam menggunakan obat

Anda juga dapat menggunakan obat-obatan penunda ejakulasi yang tentunya harus melalui saran dokter yang terpercaya. Pada umumnya obat jenis tersebut mengandung antidepressen dan analgesik. Pemakaian obata-obatan ini juga memiliki efek samping yang perlu untuk Anda perhatikan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Memakai obat bius oles

Pemakaian obat ini dapat mengurangi rangsangan seksual bagi pria sehingga mencegah ejakulasi dini diluar waktu yang dikehendaki. Namun sisi tak menyenangkannya adalah sensai yang dirasakan akan berkurang baik itu yang dirasakan oleh pria maupun wanita.

Masturbasi dan Menahan Penetrasi

Sesaat sebelum berhubungan pria dapat melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan masturbasi. Kemudian pada saat berhubungan dan mulai merasakan akan ejakulasi, tahan dulu dan alih perhatian. Hal ini dapat membantu menambah durasi lamanya ejakulasi.

Menggunakan kondom

Khususnya Anda yang ingin menambah waktu berhubungan seksual sebelum ejakulasi terlalu cepat, bisa menggunakan kondom. Gunakanlah kondom yang tebal untuk mengurangi rangasangan seksual. 

Meski tidak berdampak sepenuhnya pada sensasi yang dirasakan oleh wanita, tetapi tentunya mungkin akan mengurangi kenikmatan yang dirasakan oleh pria.

Tips Mencegah Ejakulasi Dini

Setelah beberapa cara yang bisa Anda coba diatas dan masih mengalami ejakulasi dini, mungkin ada baiknya untuk mencoba beberapa tips di bawah ini. Selain dari segi penangan secara fisik, penanganan secara mental juga perlu untuk diperhatikan. 

Karena mungkin saja faktor penyebab ejakulasi dini berasal dari sisi psikis Anda. Tips yang dapat anda coba diantara lain adalah sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

Relaksasi

Relaksasi dapat membantu mengurangi beban pikiran yang kemudian akan membantu proses dalam berhubungan. Saat berhubungan, dampak stress akan semakin berkurang dan memengaruhi performa. 

Biasanya orang mengalami stress akan mengambil kecepatan penetrasi yang cukup cepat dan berakibat ejakulasi yang juga cepat. Untuk itu, biarlah pikiran Anda rileks terlebih dahulu sebelum berhubungan agar permainan berlangsung lebih lama.

Komunikasikan dengan pasangan

Ada beberapa gaya yang dapat dilakukan dengan kerja sama antar pasangan dan dapat membuat hubungan seksual lebih lama. Sesaat sebelum ejakulasi, Anda dapat meminta pasangan untuk meremas batang dan area kepala penis untuk menunda ejakulasi. Lakukan hingga nantinya terbiasa untuk dapat menahan ejakulasi.

Konsultasikan kepada Dokter

Mungkin ada hal yang terlewat dan tak bisa dilihat secara kasat mata oleh Anda ataupun pasangan. Oleh karena itu perlu untuk mengonsultasikannya kepada dokter ahli. Kemungkinan-kemungkinan tersebut mungkin saja berasal dari faktor internal yang hanya bisa diperiksa melalui kacamata dokter.


22 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kennard, J. Verywell Health (2019). Techniques for Preventing Premature Ejaculation. (https://www.verywellhealth.com/premature-ejaculation-2328534)
Thomas, L. Psychology Today (2018). Struggling with Premature Ejaculation? Keys to Control. (https://www.psychologytoday.com/blog/save-your-sex-life/201802/struggling-premature-ejaculation-keys-control?amp)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Ketahui Cara Alami Untuk Atasi Ejakulasi Dini
Ketahui Cara Alami Untuk Atasi Ejakulasi Dini

Jika Anda memilih untuk menggunakan obat yang alami untuk mengatasi permasalahan ejakulasi dini, ada beberapa piihan obat alami yang bisa Anda gunakan, yaitu :

Buka di app