HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Memar karena Jatuh Saat Sepedaan? Tenang, Ada Thrombophob!

Dipublish tanggal: Nov 4, 2020 Update terakhir: Nov 5, 2020 Waktu baca: 2 menit
Memar karena Jatuh Saat Sepedaan? Tenang, Ada Thrombophob!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Memar atau lebam terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah sehingga sel-sel darah di dalamnya merembes keluar dan mengendap di bawah permukaan kulit. Hal ini menyebabkan timbulnya warna kemerahan atau keunguan pada kulit;
  • Meski kebanyakan lebam akibat benturan atau cedera fisik akan membaik dengan sendirinya, Thrombophob Gel juga bisa menjadi solusi;
  • Thrombophob Gel bekerja dengan cara menghambat protein yang berperan dalam proses pembekuan darah. Obat ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak;
  • Thrombophob Gel adalah obat topikal sehingga hanya bisa digunakan pada permukaan kulit. Akan tetapi, jangan menggunakan Thrombophob Gel pada luka yang terbuka;
  • Klik untuk membeli Thrombophob Gel dari rumah Anda melalui HDMall. *Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan bisa COD;
  • Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat, paket fisioterapi, dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Siapa yang tubuhnya memar karena jatuh saat sepedaan? Ngacung coba! Kalau Anda orangnya, tidak perlu khawatir. Ada, kok, obat-obatan yang bisa diandalkan untuk mengatasi lebam. Salah satu di antaranya adalah Thrombophob. Penasaran cara kerjanya seperti apa? Yuk, simak ulasan berikut!

Memar itu apa, sih?

Memar atau lebam umumnya terjadi saat bagian tubuh terbentur. Ada orang yang bisa langsung lebam walau hanya terbentur ringan, ada pula yang terbentur berat dulu baru mengalami memar. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Memar terjadi ketika pembuluh darah kecil pecah sehingga sel-sel darah di dalamnya merembes keluar dan mengendap di bawah permukaan kulit. Hal ini menyebabkan timbulnya warna kemerahan atau keunguan pada kulit.

Secara alami, sel trombosit (platelet) dalam darah akan bekerja sama dengan faktor pembekuan darah untuk membentuk gumpalan guna menghentikan perdarahan ini. Kemudian sel-sel darah akan diserap kembali oleh tubuh secara perlahan dan memar pun memudar.

Baca juga: Lima Cara Mengobati Memar dengan Cepat

Bagaimana cara menggunakan Thrombophob? 

Meski kebanyakan memar akibat benturan atau cedera fisik akan membaik dengan sendirinya, Thrombophob juga bisa menjadi solusi. Nah, obat ini memiliki kandungan heparin natrium (heparin sodium) dan tersedia dalam bentuk gel dan salep (ointment).

Heparin merupakan obat antikoagulan (pengencer darah) dengan fungsi untuk mencegah pembentukan gumpalan darah. Thrombophob bekerja dengan cara menghambat protein yang berperan dalam proses pembekuan darah.  

Selain untuk memar, Thrombophob dapat diandalkan untuk mengatasi varises. Obat ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak. Meski demikian, pastikan dulu Anda tidak memiliki alergi pada kandungan obat.

Agar dapat bekerja dengan optimal dan tidak membahayakan, Thrombophob harus dipakai sesuai dengan petunjuk penggunaan. Secara umum, cara penggunaannya yang benar adalah:

  • Thrombophob adalah obat topikal sehingga hanya bisa digunakan pada permukaan kulit;
  • Sebelum mengoleskan obat, cuci tangan terlebih dulu. Setelah itu, bersihkan area yang bermasalah dan keringkan dengan baik.
  • Oleskan obat tipis-tipis pada area yang diperlukan, kemudian ratakan secara perlahan,
  • Pastikan area yang diberi obat selalu bersih dan kering;
  • Jangan tutupi lebam dengan plester luka atau perban kain kasa kecuali dianjurkan oleh dokter Anda;
  • Hindari menggunakan Thrombophob pada luka yang terbuka;
  • Hindari kontak dengan mata, hidung, dan mulut;
  • Berkonsultasi dokter jika kondisi Anda tidak berubah atau memburuk setelah 2 minggu menggunakan Thrombophob.

Baca juga: Cara Alami Mengobati Varises Kaki di Rumah

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bruise. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/007213.htm)
Bruise: First aid. Mayo Clinic. (Accessed via: https://www.mayoclinic.org/first-aid/first-aid-bruise/basics/art-20056663)
Treatment Tips To Get A Bruise To Heal. WebMD. (Accessed via: https://www.webmd.com/first-aid/helping-bruise-heal)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app