Cara Senam Kegel Sederhana untuk Wanita

Dipublish tanggal: Jul 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Cara Senam Kegel Sederhana untuk Wanita

Pernah mendengar tentang senam kegel? Tentunya sudah bukan hal yang benar-benar asing atau aneh lagi bukan? Senam kegel sering kali dikaitkan dengan kekencangan otot vagina. Bukan hal yang sepenuhnya salah memang. 

Senam kegel memiliki fungsi utama untuk menjaga dan mengembalikan bentuk otot vagina seperti semula. Sehingga otot vagina yang semula "melebar" seperti setelah melahirkan, akan kembali kencang.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Vagina via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket vagina hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b15 perawatan vagina

 Namun sebenarnya manfaat dari senam kegel ini bukan hanya untuk kembali merapatkan dan mengencangkan vagina. Senam kegel juga memiliki manfaat lain seperti mengatasi penyakit wasir dan meningkatkan gairah seksual untuk wanita yang memasuki usia menopause.

 7 langkah melakukan senam kegel

 Melakukan senam kegel pun terbilang mudah. Bahkan sebenarnya tak membutuhkan banyak persiapan khusus agar bisa melakukan senam satu ini. Di bawah ini, merupakan langkah-langkah tepat dalam melakukan senam kegel.

  • Perhatikan posisi tubuh. Senam kegel dapat dilakukan dengan berbaring atau pun duduk. Untuk pemula, posisi berbaring mungkin akan lebih membantu melakukan senam kegel dengan posisi berbaring.

 Dengan posisi berbaring, luruskan dan letakan tangan di sisi tubuh. Kepala pastikan lurus dan menghadap ke atas dan kedua lutut ditekuk. Usahan tubuh tidak kaku atau pun terlalu lemas. Untuk memantu otot lebih rileks, bisa dengan beberapa kali mengambil nafas lebih dulu.

  •  Kenali otot panggul. Senam kegel sebenarnya tidak secara langsung melatih otot vagina. Sebaliknya yang dilatih sebenarnya merupakan otot panggul bawah.

 Sebelum melakukan senam kegel, sebaiknya ketahui lebih dulu dimana letak otot panggul bawah ini. Caranya dengan berlatih dengan posisi seakan menahan buang air kencing. Pastikan otot pinggang da panggul dalam keadaan santai dan kemudian lakukan gerakan otot seakan sedang menahan kencing. 

Inilah gerakan dari otot panggul bawah tersebut.

  • Langkah senam kegel berikutnya, tahan otot panggul selama 3-5 detik. Ini berarti Anda menahan otot panggul sampai dengan hitungan kelima.
  •  Saat mengencangkan otot panggul bawah ini, pastikan bahwa otot lain dalam keadaan lemas. Ini berarti Anda tak perlu juga mengencangkan otot paha, bokong, pinggang atau pun perut. Fokus hanya dengan mengencangkan otot pada panggul bawah.
  • Selain itu juga pastikan mengatur pernafasan. Anda tidak disarankan untuk menahan nafas saat sedang melakukan senam kegel dengan menahan otot panggul bawah ini.
  • Setelah hitungan kelima, lemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik. Baru ulangi langkah sebelumnya selama 10 kali.
  • Senam kegel dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

 Langkah untuk melakukan senam kegel memang sebenarnya mudah. Anda hanya harus memastikan untuk menggerakan otot yang tepat. Nantinya setelah terbiasa, Anda bisa melakukan senam kegel dengan posisi duduk.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Vagina via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket vagina hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia b15 perawatan vagina

Melakukan senam kegel dengan posisi duduk memiliki cara yang sama. Hanya saja, Anda memastikan tubuh duduk dalam keadaan tegap namun tetap santai. Letakan tangan di sisi tubuh serta kaki memijak lurus dengan lantai.

Saat sudah terbiasa, senam kegel bahkan dapat dilakukan di sela-sela kegiatan di kantor pada saat sedang duduk. misalnya. Bila sudah terbiasa seperti saat ini, Anda juga bisa memperpanjang hitungan senam kegel menjadi 6-10 detik. 

Namun tetap pastikan otot tubuh lain dalam keadaan rileks dan hanya otot panggul bawah yang benar-benar ditahan. Selain itu pernafasan pun seharusnya dalam keadaan benar-benar santai seperti biasa.

Satu hal lagi, jangan melatih senam kegel pada saat hendak buang air kencing ya. Ini akan berbahaya untuk kandung kemih.

 

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Mayo Clinic Staff. (2017). Kegel exercises for men: Understand the benefits. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/mens-health/in-depth/kegel-exercises-for-men/art-20045074?pg=1)
Mayo Clinic Staff. (2017). Kegel exercises: A how-to guide for women. (http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/womens-health/in-depth/kegel-exercises/art-20045283)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app