13 Cara Menyembuhkan Pilek dan Flu Dengan Cepat

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Jun 10, 2021 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
13 Cara Menyembuhkan Pilek dan Flu Dengan Cepat

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pilek atau common cold adalah peradangan pada mukosa hidung yang dapat disebabkan oleh paparan polusi, kelelahan, atau minum minuman dingin.
  • Flu disebabkan oleh virus yang berbeda dengan pilek biasa (common cold) dan gejala flu pun biasanya lebih berat.
  • Pilek atau flu dapat diatasi dengan minum obat dekongestan, ekspektoran, atau obat penekan batuk, tergantung apakah Anda mengalami batuk berdahak atau batuk kering.
  • Cara menyembuhkan pilek atau flu secara alami adalah dengan menambah asupan vitamin C, istirahat yang cukup, dan memperbanyak asupan cairan.
  • Jika gejala pilek atau flu tak kunjung mereda atau bahkan memburuk, segera periksakan diri ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
  • Klik untuk mendapatkan obat batuk dan flu ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Pilek dan flu merupakan penyakit yang dapat mengganggu aktivitas, terutama pada musim pancaroba saat ini yang ditambah dengan banyaknya polusi udara di lingkungan. Siapa saja yang diserang penyakit ini tentu ingin cepat-cepat sembuh agar dapat beraktifitas seperti sedia kala.  Namun sayangnya, banyak yang belum mengetahui cara menyembuhkan pilek atau flu dengan cepat.

Apakah pilek itu sama dengan flu?

Pilek atau common cold, yang dalam bahasa medis disebut rinitis, adalah peradangan pada mukosa hidung. Pilek sangat dipengaruhi oleh perubahan musim, polusi oleh asap, debu dan bulu binatang, kelelahan, dan minuman dingin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pilek sering kali muncul dengan gejala yang sama dengan flu. Namun, kedua kondisi ini sebenarnya berbeda. Flu disebabkan oleh virus yang berbeda dengan pilek biasa (common cold) dan gejala flu pun biasanya lebih berat. Maka dari itu, flu merupakan gejala pilek dalam bentuk yang lebih berat.

Gejala pilek dan flu biasanya mulai muncul seketika setelah daya tahan tubuh menurun. Jika sistem imun sedang tidak prima, virus akan lebih mudah menyerang dan menginfeksi tubuh. Tanda dan gejala pilek umumnya berupa:

  • Hidung yang berair
  • Hidung tersumbat
  • Lendir berlebihan
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Batuk
  • Tubuh terasa nyeri
  • Suhu tubuh meningkat

Baca selengkapnya: 7 Penyebab Pilek Beserta Ciri Khasnya Masing-Masing

Cara cepat menyembuhkan pilek dan flu

Virus flu dapat bertahan dalam tubuh selama berhari-hari. Akan tetapi, dalam 12 jam pertama, virus flu akan lebih mudah menyebar dan dapat menginfeksi tubuh orang lain.

Maka dari itu, diperlukan cara menyembuhkan pilek atau flu agar tidak berlarut-larut. Berikut beberapa tips menyembuhkan flu dengan cepat:

1. Minum obat dekongestan

Dekongestan adalah obat pelega pernapasan. Jenis obat ini bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah di hidung dan menjaga agar rongga hidung tetap terbuka. Contoh obat dekongestan yang dijual bebas di apotek antara lain phenylephrine dan pseudoephedrine.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

2. Minum obat ekspektoran

Ekspektoran adalah obat pengencer lendir atau biasa disebut dengan obat batuk berdahak. Pasalnya, obat ini dapat membantu membersihkan rongga sinus dengan cara mengencerkan lendir, kemudian mengeluarkan dahak yang tertahan di dalam saluran pernapasan. Contoh obat ekspektoran yang bisa Anda temukan di apotek adalah guaifenesin dan Mucinex.

Baca selengkapnya: 3 Obat Batuk Berdahak Paling Manjur Sesuai Kondisi

3. Minum obat penekan batuk

Terkadang, gejala flu hadir disertai dengan batuk. Nah, Anda dapat mengatasinya dengan minum obat penekan batuk.

Jenis obat ini dapat membantu mengurangi gejala batuk. Namun, beda dengan tipe ekspektoran, obat penekan batuk hanya digunakan untuk mengatasi batuk kering, ya. Contoh obat penekan batuk yang bisa Anda pilih adalah dextromethorphan.

Baca selengkapnya: Obat Batuk Kering yang Harus Anda Pilih

4. Konsumsi asupan vitamin C tambahan

Vitamin C sudah sejak lama diketahui dapat mencegah pilek. Bukan cuma itu, jenis vitamin ini juga dapat mempersingkat serangan pilek, lho

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Saat terkena pilek atau flu, cobalah tambahkan asupan vitamin C sehari-hari Anda. Hal ini bisa diperoleh dengan berbagai cara, mulai dari minum jus jeruk, makan buah mengandung vitamin C seperti stroberi dan kiwi, dan makan sayuran berdaun hijau.

Bila perlu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C yang dijual bebas di apotek. Namun, pastikan jangan sampai berlebihan karena kelebihan vitamin C juga tidak baik bagi kesehatan.

Baca selengkapnya: 7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

5. Istirahat cukup

Istirahat cukup adalah salah satu kunci menyembuhkan pilek dengan cepat, lho! Ambil jeda sejenak untuk beristirahat supaya proses pemulihan berjalan maksimal.

Luangkan waktu untuk tidur siang dan pastikan tidur malam Anda cukup selama minimal 8 jam. Dengan cara ini, tubuh akan memiliki cukup energi untuk menang melawan vitus dan penyakit.

Jika mengalami hidung tersumbat atau hidung meler karena pilek atau flu, cobalah tidur dengan posisi kepala lebih tinggi. Hal ini dapat membantu mengeringkan rongga hidung sehingga tidur Anda jadi lebih nyenyak.

6. Jaga tubuh tetap hangat

Selama beristirahat di rumah, selimuti tubuh Anda agar tetap hangat. Selain membuat tubuh terasa lebih nyaman, suhu hangat saat berselimut dapat membantu mengoptimalkan masa penyembuhan dari flu atau pilek.

7. Bersihkan hidung dengan benar

Hidung terasa penuh dengan lendir? Segera bersihkan dengan cara yang benar.

Akan tetapi, hati-hati jangan sampai terlalu keras atau terlalu sering, ya. Bukannya membersihkan rongga hidung dan membuang lendir yang berlebihan, hal tersebut malah bisa membuat lendir terperangkap di dalam rongga sinus dan berisiko memicu peradangan.

Begini cara membersitkan hidung yang benar: Tutup satu lubang hidung menggunakan jari, kemudian bersitkan lubang hidung lainnya secara perlahan. Ulangi cara yang sama untuk lubang hidung sebelahnya. Kalau sudah selesai, jangan lupa untuk segera mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah penularan penyakit.

8. Gunakan larutan irigasi salin

Selain dengan cara manual menggunakan tangan, membersihkan rongga hidung juga dapat dilakukan dengan menggunakan larutan irigasi salin. Larutan ini terbuat dari setengah sendok teh garam yang dicampur dengan segelas air.

Cara menggunakannya begini. Miringkan kepala Anda, lalu tuang larutan irigasi salin pada salah satu lubang hidung. Larutan tadi akan keluar melalui lubang hidung satunya.

Ulangi cara yang sama untuk lubang hidung sebelahnya, ya. Hati-hati saat melakukan cara ini. Bila masih bingung, Anda dapat menanyakannya pada dokter atau apoteker.

9. Minum banyak cairan

Berkeringat di bawah selimut memang bisa membantu mengatasi demam dan membuat tubuh jadi lebih baik. Akan tetapi, cairan keringat yang keluar juga dapat menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dan memicu dehidrasi. Kalau dibiarkan, hal ini malah bisa memperparah gejala pilek.

Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan setiap hari dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air, seperti semangka atau sup sayuran, agar tubuh tidak dehidrasi.

10. Perawatan uap

Panas yang berasal dari uap dapat melonggarkan lendir, sedangkan kelembapan yang berasal dari air dapat membantu melegakan rongga hidung yang kering. Perawatan uap ini tidak harus dilakukan di rumah sakit, kok!

Ya, Anda bisa melakukan perawatan uap sendiri di rumah. Caranya, tuang air mendidih ke dalam mangkuk atau wadah tertentu. Posisikan wajah di atas wadah agar terkena uap dan hirup uapnya secara perlahan. 

11. Mandi air hangat

Mandi air hangat sedikit banyak bisa membantu menyembuhkan flu dan pilek. Pasalnya, hangatnya air dapat melegakan sekaligus memberikan efek relaksasi pada tubuh. Alhasil, proses pemulihan bisa jadi lebih cepat dan meredakan flu atau pilek yang dirasakan.

Baca juga: 6 Manfaat dan Risiko Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan

12. Minum minuman panas

Saat terkena flu atau pilek, cobalah minum minuman panas. Mirip seperti mandi air hangat, minum cairan panas seperti teh hangat atau air hangat bisa membantu membersihkan rongga hidung dan meringankan gejala sakit tenggorokan. 

Minuman panas yang baik untuk menyembuhkan pilek antara lain teh hangat, campuran lemon, madu dan air hangat, serta sup ayam hangat

13. Periksa ke dokter

Apabila pilek dan flu tidak sembuh dengan cepat atau gejala yang muncul bertambah berat, itu artinya Anda perlu segera periksa ke dokter. Dokter akan meresepkan obat-obatan yang manjur untuk meringankan gejala pilek dan flu yang Anda alami.

Baca juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

Pilek dan flu merupakan penyakit yang mudah menular, bahkan sejak 12 jam pertama. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan flu atau pilek dengan cepat agar aktivitas tetap berjalan lancar. Bila Anda sudah melakukan berbagai cara mengobati flu atau pilek di rumah tetapi gejalanya tak juga mereda, segera konsultasikan ke dokter, ya.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Zinc: Fact sheet for consumers. (2016). (https://ods.od.nih.gov/factsheets/Zinc-Consumer/)
Vitamin C: Fact sheet for health professionals. (2018). (https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminC-HealthProfessional/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app