Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Tubuh Ideal

Seringkali bentuk tubuh dan berat badan yang tidak ideal menjadi faktor-faktor yang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk menurunkan berat badan dan mendapatkan kembali bentuk tubuh yang ideal, terkadang seseorang mencoba berbagai cara, mulai dari berbagai tipe diet hingga latihan fisik yang berat. Tetapi tidak semua cara tersebut berhasil mencapai berat badan yang ideal, lalu bagaimana cara yang tepat?

Menurut seorang Personal Trainer di sebuah tempat kebugaran, jika ingin menurunkan berat badan, Anda tak perlu melakukan detoksifikasi, diet ketat, maupun latihan fisik yang berlebihan untuk membakar lemak dan membentuk otot. Tetapi dibutuhkan komitmen dan kepatuhan yang tinggi dalam menjalankan proses pembentukan badan yang ideal tersebut.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Untuk mengawali proses penurunan berat badan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, Anda hanya perlu memulai langkah pertama yang sederhana, yakni berkomitmen dan mengetahui bahwa apa yang dijalankan ini tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja tetapi demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Lakukan perubahan pola makan

Lakukan perubahan pola makan dengan memilah berbagai makanan yang ada pada kulkas dan dapur Anda. Tidak perlu langsung membuang seluruh makanan, tetapi Anda hanya perlu membatasi asupan gula, karbohidrat, lemak, gandum, atau makanan apapun yang tidak baik bagi tubuh. 

Tetapi, harus dipastikan konsumsi protein tercukupi dengan baik untuk memastikan fungsi kerja tubuh tetap berjalan baik. Hal ini juga dapat membantu Anda mempertahankan otot bahkan menambah massa otot serta membantu menurunkan lemak.

Pengaturan pola makan tersebut bertujuan untuk menciptakan defisit energi, di mana terjadi ketidakcocokan antara jumlah energi yang dibutuhkan tubuh dan jumlah energi yang didapat dari diet sehingga tubuh akan mencari sesuatu untuk menutupi kekurangan energi tersebut.

Dalam proses menurunkan berat badan dan membentuk badan ideal, Anda harus memperhatikan jumlah kalori dan protein setiap hari, mengonsumsi makanan sehat yang padat nutrisi, dan mengurangi makanan yang tidak memiliki kandungan gizi bagi tubuh.

Selama program diet dan pelatihan yang Anda lakukan tepat, maka tumpukan lemak yang ada pada tubuh pun akan menyingkir secara perlahan dari tubuh Anda. Tetapi kunci penting untuk keberhasilan tersebut adalah dengan konsistensi dan taat pada aturan diet yang tersedia.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Apakah tetap perlu olahraga untuk menurunkan berat badan?

Salah satu saran untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal adalah dengan berolahraga. Mulai dengan mengatur alarm 20 menit lebih awal sebelum beraktivitas sehingga Anda mempunyai waktu untuk berjalan cepat atau melakukan beberapa olahraga ringan. 

Anda juga perlu mengangkat beban setidaknya 2-4 kali seminggu. Mengangkat beban bukan hanya untuk Anda yang ingin membentuk otot, tetapi latihan angkat beban juga dapat membantu meningkatkan penampilan karena dua hal berikut:

  • Jika tidak melakukan latihan beban saat diet, penurunan berat badan akan berasal dari otot yang juga merupakan lemak
  • Latihan kekuatan dapat memberikan kontribusi langsung pada defisit energi yang dibutuhkan untuk menghilangkan lemak perut

Jika Anda melakukan latihan fisik yang berkaitan dengan otot besar, seperti squats, deadlifts, rows, lat pulldowns, presses, kontribusi dari latihan tersebut sebenarnya cukup untuk fungsi inti substansial dari penurunan berat badan yang diinginkan, tetapi Anda harus memastikan diri untuk berlatih dengan keras untuk menyelesaikan setiap latihan dalam waktu 45-60 menit.

Mengenai latihan kardio, menurut Personal Trainer tersebut, merupakan tambahan latihan yang bersifat opsional karena selama diet diatur dengan benar, Anda tak memerlukan olahraga kardio sama sekali untuk menghilangkan lemak dari perut.

Tidur dapat mempengaruhi berat badan

Untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal, Anda juga perlu mendapatkan tidur malam yang cukup karena tidur merupakan salah satu faktor penting bagi kesehatan tubuh, di samping program diet dan latihan fisik yang dijalankan.

Berdasarkan sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat merusak beberapa hormon yang terlibat dalam hal nafsu makan dan kebutuhan fisik untuk makan serta dapat menurunkan kadar testosteron.

Jika tidak bisa tidur, Anda dapat mendengarkan lagu atau mengambil pulpen untuk menuliskan semua hal yang ada di kepala, yang mungkin saja membebani pikiran dan menyebabkan Anda sulit tidur. 

Baca juga: Cara Mengatasi Insomnia dengan Yoga

Beberapa cara di atas dapat Anda terapkan untuk mengurangi berat badan dan untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, tetapi pastikan Anda bersabar dalam menjalani prosesnya demi tercapainya tujuan yang diharapkan. Fokuslah pada apa yang bisa Anda lakukan dan kendalikan, seperti makanan yang dikonsumsi, latihan yang dapat dilakukan, serta jumlah waktu tidur yang diperlukan setiap harinya.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Body Type Diet: Are You an Ectomorph, Mesomorph, or Endomorph?. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/body-type-diet-are-you-ectomorph-mesomorph-endomorph/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app