10 Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Konsentrasi dan fokus sangatlah penting agar pekerjaan dan aktivitas kita dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah tips meningkatkan konsentrasi dan fokus.
Dipublish tanggal: Apr 10, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 7, 2019 Waktu baca: 4 menit
10 Cara Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Setiap orang mempunyai cara tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaannya dan meningkatkan produktivitas. Terkadang gangguang dari lingkungan sekitar bisa mengubah fokus dan konsentasi Anda yang akhirnya membuat tugas atau pekerjaan Anda tidak selesai.

Saat tiba-tiba Anda merasa lupa atau merasa kurang fokus dalam melakukan pekerjaan atau pada saat mengikuti perkuliahan tentu hal ini cukup mengganggu Anda. Apakah Anda sering mengalaminya? Jika iya, simaklah beberapa bahasan di bawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

Penyebab Seseorang Kehilangan Fokus dan Konsentrasi

1. Terlalu Khawatir

Mempunyai rasa cemas atau khawatir secara berlebihan mempunyai dampak yang tidak baik bagi Anda. Hal tersebut akan membuang waktu Anda untuk mengerjakan hal-hal yang tidak penting.

Alih-alih ingin segera menyelesaikan pekerjaan Anda, namun justru menghambat produktivitas Anda dan membuat kehilangan fokus dan konsentrasi. Alihkan energi Anda dengan hal-hal yang lebih positif.

2. Mengerjakan Beberapa Hal Sekaligus

Para perfeksionis biasanya melakukan berbagai hal sekaligus dalam satu waktu dengan harapan ingin cepat selesai namun justru menghambat pekerjaan. Cobalan untuk fokus pada satu hal dalam satu waktu, lakukan hal ini dalam kegiatan apapun misalnya, bekerja, belajar atau saat menulis.

3. Sosial Media

Teknologi yang semakin canggih bisa membuat Anda merasa ketagihan untuk melihat layar monitor terus-menerus, biasanya disebabkan karena sosial media atau internet.

Cobalah singkirkan handphone atau gadgetmu untuk sementara waktu supaya Anda bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

4. Terlalu Banyak Stress

Ketika Anda stres, kecemasan akan membuat Anda semakin sulit untuk berkonsentrasi. Cobalah untuk melakukan meditasi agar Anda merasa lebih rileks. Belajar bermeditasi juga dapat memperpanjang durasi Anda untuk fokus pada sesuatu dan mengurangi rasa cemas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

5. Kurang Tidur dan Olahraga

Kurang tidur bisa menjadi alasan utama mengapa Anda kehilangan fokus dan konsentrasi. Waktu ideal untuk tidur adalah tujuh sampai delapan jam setiap hari.

Selain itu, kurang berolahraga juga bisa menyebabkan Anda kehilangan fokus. Cobalah untuk tidur tepat waktu dan berolahraga rutin untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi Anda.

Tips Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

1. Buatlah rencana

Buatlah rencana apa yang ingin Anda lakukan. Anda akan memiliki dorongan yang jauh lebih tinggi untuk menyelesaikannya karena sudah memiliki tujuan khusus dalam pikiran Anda. Buatlah daftar tugas yang harus Anda kerjakan, di mana Anda menjabarkan rentang waktu untuk berbagai tugas yang harus Anda selesaikan.

Konsentrasi Anda meningkat secara otomatis ketika otak Anda mengetahui "seberapa banyak" yang harus dilakukan, daripada hanya mengetahui bahwa ia harus melakukan sesuatu secara abstrak.

2. Tidur yang cukup

Tubuh Anda membutuhkan waktu untuk istirahat, setidaknya tujuh jam sehari. Saat Anda tidur, tubuh seperti di re-charge, sel-sel tubuh yang rusak diperbaiki dan rasa capek yang Anda rasakan bisa hilang.

Untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan lalu dilanjutkan ritual yang membuat kita merasa nyaman sebelum tidur; seperti membayangkan hal-hal seru yang akan dilakukan esok hari, atau membaca doa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Saraf & Otak via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 5

3. Lakukan meditasi

Meditasi adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk membuat otak Anda lebih stabil. Konsep utama meditasi adalah dengan cara memusatkan pikiran pada satu hal tertentu dan bukan membuat pikiran Anda menjadi kosong.

Dengan melakukan meditasi (berdoa, sholat, yoga) dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar pada area tertentu.

4. Lakukan pola hidup sehat

Memiliki pola hidup sehat dapat menunjang fokus dan konsentrasi Anda. Semakin lancar aliran darah menuju otak maka akan semakin baik pula daya konsentrasi seseorang.

Sebaliknya saat aliran darah dalam tubuh yang menuju ke otak tidak lancar, maka tingkat konsentrasi seseorang menjadi kurang maksimal. Pola hidup sehat dapat diawali dengan tidur yang cukup, olahraga dan mengonsumsi makanan yang bergizi dan vitamin.

5. Konsumsi makanan yang bermanfaat bagi kesehatan otak

Supaya fokus dan konsentrasi Anda meningkat, otak juga perlu asupan makanan yang bergizi. Saat ini sangat banyak produk suplemen yang mengklaim bisa meningkatkan daya ingat ataupun konsentrasi, namun mengonsumsi makanan sehat yang alami bisa menjadi pilihan utama bagi Anda.

Adapun makanan yang dapat menunjang kesehatan otak antara lain; madu, seledri, ikan dan makanan laut, kedelai, alpukat, pisang, coklat, kemangi, cabai, nanas, kelapa, dan bawang putih.

6. Rehatlah sejenak dari sosial media

Sosial media dapat mengacaukan otak Anda. Ketika Anda melihat postingan teman di instagram, facebook dan lain-lain akan membuat Anda memikirkan hal-hal yang tidak penting.

Cobalah untuk sign out atau rehat sejenak dari sosial media. Simpanlah handphone atau gadget Anda agar tidak kehilangan fokus dan konsentrasi.

7. Kerjakan one by one pekerjaan Anda

Ada baiknya Anda menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu, baru kemudian Anda beralih ke pekerjaan lainnya supaya hasil yang Anda dapat lebih maksimal.

Jangan biasakan diri Anda untuk multitasking, hal ini akan membuat fokus dan konsentrasi Anda terpecah-pecah dan akhirnya membuat pekerjaan banyak yang tidak beres.

8. Stay positive

Pikiran membawa pengaruh yang besar dalam kehidupan Anda sehari-hari. Ketika Anda berpikir positif, segala tindakan Anda akan lebih terarah dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Namun, jika Anda lebih sering berpikiran negatif maka pola pikir tersebut justru merusak dan akhirnya membuat kinerja Anda tidak maksimal. Percayalah pada kemampuan yang Anda miliki dan jaga emosi Anda supaya tetap stabil.

9. Dengarkan musik yang menenangkan

Putarlah musik lembut secara berulang dalam volume rendah, dan pilihlah musik yang tidak memiliki lirik. Selain itu, mendengarkan musik juga dapat membuat pikiran Anda menjadi rileks.

Saat Anda tengah bekerja, ambil jeda waktu sebentar untuk mendengarkan musik yang menyenangkan dan yang bisa memberi energi positif bagi Anda.

10. Rencanakan liburan

Jika Anda bekerja di kantor tidak ada salahnya untuk sesekali mengambil cuti. Selama cuti Anda bisa menggunakannya untuk istirahat atau berpergian untuk mengunjungi tempat-tempat yang Anda sukai.

Liburan merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk merefresh kembali pikiran Anda. Begitu kembali dari liburan, maka fokus dan konsentrasi Anda akan kembali ke titik prima.

Fokus dan konsentrasi sangat dibutuhkan ketika Anda belajar atau bekerja. Pada dasarnya kunci fokus terletak pada indra Anda, itulah sebabnya meditasi sangat membantu dalam meningkatkannya.

Hindari segala hal yang mampu mengurangi fokus dan konsentrasi Anda dan coba terapkan beberapa tips di atas. Namun, jika Anda masih mempunyai masalah dengan fokus dan konsentrasi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Food for Concentration: 11 Foods That Boost Memory & Help You Focus. WebMD. (https://www.webmd.com/add-adhd/ss/slideshow-brain-foods-that-help-you-concentrate)
Improving Concentration and Focus. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/mind-and-mood/improving-concentration-and-focus)
Life hacks: 5 ways to improve concentration. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/320165.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app