Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Dipublish tanggal: Feb 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Jul 22, 2019 Waktu baca: 3 menit
Bagaimana Cara Untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Dengan alasan untuk menjaga penampilan, khususnya bagi seorang wanita, bekas luka apalagi luka akibat terbakar, akan terlihat sangat mengganggu, apalagi jika lokasinya bukan pada tempat-tempat yang biasa tertutup pakaian.

Banyak sekali cara alternatif atau cara-cara tradisional alami yang diklaim bisa menghilangkan bekas luka akibat terbakar, namun apakah hal itu benar? Yuk disimak artikel berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Luka bakar

Sebelum mempelajari cara menghilangkan luka akibat terbakar, kita harus mengetahui sedikit mengenai apa yang terjadi pada tubuh saat kulit kita terbakar. Kebanyakan luka bakar disebabkan oleh kontak langsung dengan api atau objek panas (55%). 

Sekitar 40% dari semua luka bakar berupa lepuhan, yang disebabkan oleh cairan atau uap panas. Luka ini umumnya terjadi akibat kecerobohan dalam kehidupan sehari-hari, dan seringkali terjadi pada anak-anak.

Luka bakar diklasifikasikan menurut tingkat keparahannya – dari luka bakar ringan, di mana yang rusak hanyalah lapisan atas kulit, hingga luka bakar parah, di mana yang rusak adalah semua lapisan kulit dan jaringan yang ada di bawahnya.

  • Luka bakar tingkat pertama
    Kulit berwarna kemerahan, agak bengkak dan terasa sakit. Bagian yang terpengaruh hanyalah lapisan atas kulit (epidermis) saja, sehingga memungkinkan untuk kulit sembuh secara sempurna.
  • Luka bakar tingkat kedua
    Timbul lepuhan dan luka terasa sangat sakit. Cedera ini menembus lebih jauh hingga ke dalam jaringan dan memengaruhi lapisan atas (epidermis) dan lapisan tengah (dermis) kulit. Sehingga memungkinkan kulit tumbuh secara sempurna dengan perawatan intensif.
  • Luka bakar tingkat ketiga
    Luka tidak terasa sakit karena ujung saraf pun rusak. Bukan hanya kulit saja yang rusak, namun juga jaringan di bawahnya. Sehingga kemungkinan kulit sembuh secara sempurna hampir tidak mungkin tanpa dilakukan operasi plastik untuk memperbaiki jaringan yang rusak.

Menghilangkan bekas luka bakar sesuai derajat keparahannya

Jika dilihat dari tingkatannya, menghilangkan luka bakar, bergantung sepenuhnya pada tingkatan luka bakar yang terjadi pada kulit seseorang. 

Untungnya, kebanyakan luka bakar dapat digolongkan sebagai luka ringan, namun sering pula terjadi pada area kulit yang lebih luas dan dapat dan karenanya dapat meninggalkan bekas jika tidak dirawat secara benar.

Pada luka bakar tingkat 1, hanya dibutuhkan perawatan luka agar tidak terjadi infeksi dan jangan digaruk-garuk untuk hasil penyembuhan yang maksimal. Sedangkan untuk luka bakar tingkat 2 yang membutuhkan perawatan intensif untuk menghilangkan bekas luka secara total. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka pada luka akibat luka bakar tingkat 2.

  • Penggunaan PRP (Protein Rich Plasma)
    Dalam darah mengandung platelet. Platelet tersebut mengandung tujuh macam growth factor penyembuh luka. faktor penyembuh luka itu selain mempercepat kesembuhan luka juga memiliki kandungan antimikrobial.

    Penggunaan PRP pada luka bakar tingkat 2 diharapkan menjadi terobosan terbaru untuk penyembuhan luka yang dalam. Walaupun masih jarang digunakan dan harganya relatif mahal, namun metode ini sangat menjanjikan dan banyak penelitian yang telah membuktikan khasiatnya.
  • Suntikan Steroid
    Bagi Anda memiliki luka hypertrophic akibat bekas luka bakar, dapat diatasi dengan menggunakan cara yang satu ini. Suntikan steroid dapat membantu dalam melunakkan tampilan bekas luka jenis tersebut. Steroid akan disuntikan ke dalam bekas luka berulang kali dalam jangka waktu cukup panjang guna meratakan bekas luka tersebut.
  • Konsumsi makanan kaya vitamin A,E dan C
    Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A,E dan C sangat baik untuk regenerasi kulit. Kamu bisa mengkombinasikan lebih dari satu cara untuk menghilangkan bekas luka.

    Anda bisa menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin A,E dan C. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung cukup vitamin E seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau. Meski begitu, penggunaan vitamin E sebagai sarana menghilangkan bekas luka masih memerlukan lebih banyak penelitian.
  • Dermabrasi
    Jika bekas luka bakar yang Anda miliki berbentuk seperti menggumpal atau lebih tinggi dari kulit sekitarnya, Anda dapat menggunakan cara ini. Dermabrasi dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang akan mengikis bagian permukaan kulit bekas luka bakar. Hasilnya lapisan kulit yang baru akan terlihat lebih halus.
  • Laser resurfacing
    Perawatan ini memiliki prosedur yang hampir sama dengan dermabrasi, dan tidak seperti perawatan laser sebelumnya yang membutuhkan waktu pemulihan lebih lama. Penggunaan laser jenis terbaru dalam perawatan ini dapat memberikan hasil yang lebih halus, karena bekerja pada jaringan kolagen dalam dermis tanpa menghilangkan lapisan atas kulit.

Bagaimana dengan luka bakar tingkat 3?

Pada luka bakar derajat 3, cara satu-satunya agar kulit kembali bagus seperti semula adalah dengan melakukan tindakan operasi plastik atau yang disebut dengan skin graft. 

Skin graft termasuk tindakan bedah dengan cara menggambil potongan kulit yang telah dipisahkan secara komplit dari area donor. Lalu menempelkannya ke area resipien pada suatu tubuh. Biasanya dilakukan pada luka luas dan luka bakar derajat 3.

Setelah dilakukan skin graft, dan kulit sudah tumbuh namun belum halus, dapat dilanjutkan dengan perawatan luka bakar derajat 2 seperti dermabrasi, suntik steroid atau laser resurfacing untuk membuat permukaan kulit menjadi halus kembali.


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Post-burn scars and scar contractures. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3038392/)
MALIGNANT DEGENERATION IN BURN SCARS. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1575778/)
How Burn Scars Are Treated. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/burn-scars-treatment-4173075)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi
Cara Menangani Luka Bakar Agar Tidak Infeksi

Biasanya dokter akan meresepkan salep khusus luka bakar seperti kolagenase, larutan salin, dan obat pereda nyeri agar rasa sakit yang ditimbulkan tidak terlalu tinggi. Untuk menghindari terjadinya infeksi, perlu dilakukan penanganan pertama untuk luka bakar Anda.

Buka di app