Kebiasaan Sehat

6 Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Saat WFH

Dipublish tanggal: Apr 17, 2020 Update terakhir: Apr 20, 2020 Waktu baca: 3 menit
6 Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala Saat WFH

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Ada banyak masalah kesehatan yang mulai bermunculan saat kelamaan bekerja di rumah. Mulai dari nyeri punggung, badan pegal-pegal, hingga nyeri kepala.
  • Beberapa penyebab sakit kepala saat WFH adalah kelamaan menatap layar laptop, pekerjaan yang menumpuk, telat makan, hingga kurang istirahat.
  • Meletakkan tanaman hijau di dekat meja kerja dapat membantu meningkatkan mood dan produktivitas hingga 15%.
  • Cahaya dari layar monitor dapat meningkatkan ketegangan otot-otot mata. Atur pencahayaan layar atau gunakan filter khusus untuk layar untuk membantu meredam radiasi.
  • Duduklah dengan posisi tegak selama bekerja. Posisi membungkuk dapat menghambat aliran darah ke otak dan memicu sakit kepala.
  • Lakukan prinsip 20-20-20 untuk menghindari mata lelah saat bekerja. Setelah bekerja selama 20 menit, arahkan pandangan Anda ke depan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Meski bisa bekerja sambil santai, work from home alias WFH terkadang membuat pikiran jadi suntuk. Tak hanya itu, sebagian orang juga mengeluh mengalami sakit kepala akibat keseringan menatap layar laptop. Ditambah lagi dengan akses WiFi yang tersendat-sendat dan semakin bikin stres. Agar bisa tetap produktif, ikuti berbagai cara mengatasi sakit kepala saat WFH pada ulasan berikut ini.

Tips mengatasi sakit kepala saat WFH

Ada banyak masalah kesehatan yang mulai bermunculan saat kelamaan bekerja di rumah alias work from home. Mulai dari nyeri punggung, badan pegal-pegal, hingga nyeri kepala.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penyebab sakit kepala saat WFH bermacam-macam, mulai dari kelamaan menatap layar laptop, pekerjaan yang menumpuk, telat makan, hingga kurang istirahat. Bila dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa membuat Anda jadi tidak fokus bekerja dan menurunkan produktivitas.

Sebagai solusinya, beberapa cara berikut bisa membantu mengatasi sakit kepala saat WFH, antara lain:

1. Atur meja kerja senyaman mungkin

Tanpa disadari, pengaturan meja kerja turut memengaruhi kondisi kesehatan Anda selama bekerja. Supaya pikiran bisa lebih rileks, coba atur meja kerja Anda senyaman mungkin.

Carilah spot kerja yang nyaman dan khusus untuk bekerja di rumah. Ketimbang bekerja di dalam kamar, sebaiknya siapkan satu meja khusus di sudut ruang tamu. Kemudian tata barang-barang di atas meja dengan rapi.

Bila ada, coba letakkan tanaman atau akuarium di sudut meja kerja. Para ahli dari University of Exeter mengungkapkan bahwa melihat tanaman hijau bisa membantu meningkatkan mood dan produktivitas hingga 15%, lho!

Baca Juga: 5 Tips Ini Bikin Anda Tetap Produktif Saat Work From Home

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2. Atur pencahayaan ruangan dan layar

Duduk di depan komputer selama berjam-jam merupakan dalang utama mengapa Anda sering sakit kepala akhir-akhir ini. Ditambah lagi dengan cahaya yang terlalu terang dari layar, mata harus bekerja lebih keras lagi untuk membaca tulisan-tulisan di layar.

Hal itulah yang membuat otot-otot sekitar mata jadi menegang, sehingga mata jadi cepat lelah dan terasa perih. Oleh karena itu, aturlah pencahayaan pada layar agar tidak terlalu terang maupun gelap. Bila perlu, gunakan filter anti-silau pada monitor untuk membantu meredam radiasi.

3. Duduklah dengan tegak

Sakit kepala saat WFH juga bisa terjadi akibat posisi duduk yang salah, biasanya karena posisi membungkuk. Akibatnya, aliran darah ke otak jadi tidak lancar dan memicu sakit kepala. Nyeri punggung dan ketegangan otot leher juga sering terjadi.

Guna mengatasinya, perbaiki posisi duduk Anda agar lebih tegak dan nyaman selama bekerja. Pastikan posisi mata lurus dengan layar, begitu juga dengan posisi tangan dengan keyboard

4. Istirahat sejenak

Bukan rahasia lagi jika stres dapat memicu sakit kepala. Saat sedang stres, otot-otot tubuh jadi menegang sehingga menimbulkan nyeri di beberapa bagian tubuh, termasuk di kepala.

Baca Juga: Duh, Stres Saat Bekerja Bisa Memicu Banyak Penyakit!

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Meski bekerja dari rumah, aturlah waktu istirahat yang sama seperti saat Anda bekerja di kantor. Ketika jam istirahat tiba, hentikan semua pekerjaan dan lakukan aktivitas lainnya seperti makan siang atau merebahkan diri sejenak.

Ingat, istirahat bukan hanya bisa dilakukan saat jam makan siang saja, ya. Justru, Anda perlu mengistirahatkan tubuh dan pikiran setiap 20 menit.

Lakukan prinsip 20-20-20. Artinya setelah bekerja selama 20 menit, arahkan pandangan Anda ke depan sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik.

Melihat sesuatu berjarak 6 meter tidak perlu Anda ukur. Cukup lihat benda-benda yang letaknya jauh dari posisi Anda, contohnya melihat pohon di luar jendela. Yang terpenting adalah mata Anda bisa beristirahat sejenak dari menatap layar laptop saat bekerja.

5. Lakukan peregangan sejenak

Selain mengistirahatkan mata, Anda juga perlu melakukan peregangan di sela-sela pekerjaan. Lakukan gerakan-gerakan sederhana seperti merentangkan tangan, putar-putar bahu atau badan, peregangan kaki, hingga berdiri-duduk secara bergantian. Cara ini akan membantu merilekskan otot-otot yang tegang karena duduk seharian.

Baca Selengkapnya: 7 Olahraga Ringan yang Dapat Dicoba Sebelum Bekerja

6. Minum air putih

Sudah cukupkah asupan cairan Anda selama work from home? Kalau Anda jadi jarang minum, maka bisa jadi inilah penyebab sakit kepala saat WFH yang Anda alami.

Dehidrasi merupakan salah satu pemicu sakit kepala yang paling umum. Mulai sekarang, selalu siapkan air putih di atas meja kerja dan minumlah dengan rutin untuk mencegah sakit kepala.

Jangan biarkan sakit kepala mengganggu produktivitas Anda di rumah. Nah, berbagai tips di atas patut Anda coba untuk mengatasi sakit kepala saat WFH.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Science Daily. Why plants in the office make us more productive. (https://www.sciencedaily.com/releases/2014/09/140901090735.htm). 1 September 2014.
Very Well Health. Causes of Headaches at Work. (https://www.verywellhealth.com/work-related-headache-triggers-1719655). 7 Februari 2020.
Everyday Health. 9 Ways Your Job Is Giving You a Headache. (https://www.everydayhealth.com/news/ways-your-job-giving-you-headache/). 12 November 2015.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app