Doctor men
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Anak Balita

Jangan Panik! Begini Trik Menenangkan Anak Rewel Saat Lebaran

Update terakhir: NOV 17, 2019 Tinjau pada NOV 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Telah dibaca 1.354.429 orang

Jangan Panik! Begini Trik Menenangkan Anak Rewel Saat Lebaran

Ajang silaturahmi mungkin jadi momen paling menyenangkan bagi orang dewasa, tapi bisa jadi tidak untuk si kecil. Terkadang, suasana panas dan penuh orang saat silaturahmi membuat anak jadi tidak nyaman dan gampang rewel.

Wajar saja kalau Anda jadi ikut panik atau bahkan tersulut emosi. Namun, jangan buru-buru tarik urat dulu. Yuk, tenangkan anak rewel dengan kiat-kiat jitu berikut ini.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Langkah-langkah menenangkan anak rewel saat Lebaran

Ada banyak alasan kenapa anak rewel saat Lebaran atau bepergian jauh. Bisa karena kepanasan, lapar, bosan, atau malu bertemu orang baru. Oleh karena itu, para orangtua tentu harus tahu dulu penyebab anak rewel sebelum mulai mencari solusinya.

Nah, berikut ini berbagai cara mengatasi anak rewel saat Lebaran yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Jangan memarahi anak

Meskipun tidak mudah, sebisa mungkin hindari memarahi anak yang sedang rewel atau tantrum. Ingat, tantrum itu normal dan termasuk salah satu fase pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Tantrum adalah ekspresi yang muncul ketika anak merasa tidak nyaman dalam kondisi tertentu. Daripada harus membuang-buang energi untuk memarahi anak, lebih baik ajak anak duduk bersama. Ajak si kecil berkomunikasi dan tanyakan baik-baik apa penyebab ia rewel.

2. Berikan pelukan hangat

Tangisan anak biasanya menjadi tanda bahwa ia ingin diperhatikan oleh kedua orangtuanya. Coba peluk buah hati Anda dan usap lembut punggungnya. Tanpa disadari, pelukan hangat dapat memberikan energi positif dan menenangkan anak rewel, lho!

3. Alihkan perhatian anak dengan mainan favoritnya

Wajar saja kalau Anda panik ketika anak rewel saat Lebaran. Pasalnya, Anda takut tangisan si kecil akan mengganggu momen silaturahmi dengan keluarga.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Salah satu penyebabnya mungkin karena anak merasa bosan dan tidak betah dikelilingi banyak orang. Supaya anak lebih tenang, coba alihkan perhatiannya dengan memberikan mainan favoritnya, misalnya mobil-mobilan, boneka, buku, atau puzzle. Mainan tersebut dapat membantu menghilangkan kebosanan dan mengembalikan mood anak.

4. Berikan camilan sehat

Selain karena bosan, anak bisa rewel tiap kali merasa lapar. Bila memang ini penyebabnya, coba berikan camilan favorit anak sambil terus menenangkannya.

Makanan tinggi karbohidrat, seperti kraker gandum dan roti, adalah jenis camilan terbaik untuk anak. Anda juga bisa memberikannya potongan buah, biskuit, yogurt, atau susu untuk anak untuk memperbaiki suasana hatinya.

5. Ajak anak bermain dengan teman sebayanya

Momen Lebaran biasanya dijadikan ajang bagi anak untuk berkumpul bersama saudara-saudara seumurannya. Nah, coba ajak si kecil bermain bersama sepupunya yang lain. Bukan cuma membantu mengatasi anak rewel, cara ini juga dapat melatih si kecil berkomunikasi dengan orang lain. 

6. Atur waktu bepergian

Untuk mencegah anak rewel saat Lebaran, ada baiknya pertimbangkan lagi lama perjalanan dan acara silaturahmi dengan suasana hati anak. Kunjungan yang terlalu lama, ditambah kondisi jalanan yang macet, biasanya akan membuat anak tidak nyaman dan akhirnya rewel. Jadi, aturlah waktu sedemikian rupa supaya Anda bisa tetap merayakan silaturahmi dengan keluarga dan si kecil pun tetap merasa nyaman.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit