Cara Memilih Sepatu untuk Olahraga

Dipublish tanggal: Jul 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Memilih Sepatu untuk Olahraga

Apakah Anda masih sering kesulitan dalam memilih sepatu untuk olahraga? Tentu saja dalam pemilihan sepatu, Anda harus memperhatikan pula jenis olaraga apa yang akan Anda lakukan, karena berbeda jenis olahraganya, maka berbeda pula jenis sepatunya. 

Sol sepatu olahraga diciptakan berbeda-beda pula tergantung jenis olahraga apa yang akan dilakukan. Daya cengkram, berat, dan fleksibilitas sepatu harus Anda pertimbangkan dalam memilih sepatu supaya dapat mendorong performa olahraga Anda dan mencegah terjadinya cedera.  

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berdasarkan jenis olahraga yang dilakukan, terdapat 5 jenis sepatu olahraga antara lain : sepatu olahraga lapangan tertutup, sepatu olahraga lapangan terbuka, sepatu atletik, sepatu olahraga khusus, dan sepatu olahraga di alam. 

Sepatu olahraga lapangan tertutup 

Sepatu untuk olahraga di lapangan tertutup ini diantaranya sepatu tenis, voli, dan basket. Olahraga yang dilakukan di lapangan tertutup ini kebanyakan mengharuskan gerakan maju, mundur, dan ke samping kanan maupun kiri. Maka dari itu, sepatu yang digunakan haruslah dengan sol yang tebal dan berat. 

Sepatu olahraga lapangan terbuka

Sepatu untuk olahraga di lapangan terbuka ini diantaranya sepatu untuk sepak bola dan baseball. Sepatu untuk olahraga ini umumnya berduri, berkancing, atau berpaku. Letak duri dan kancing pada sepatu ini bervariasi tergantung jenis olahraga apa yang dilakukan. Tapi, umumnya formasi duri dan kancingnya dapat diganti dan dilepas di sol nilon.

Sepatu atletik

Olahraga yang termasuk dalam olahraga atletik antara lain berjalan, jalan cepat, berlari, jogging, dan mendaki gunung. Apabila Anda sedang mencari sepatu untuk berjalan, sebaiknya Anda memilih sepatu yang bantalannya empuk, alas halus, penyerapan udara baik, dan desain sol yang dapat mendorong gerakan alami kaki selama berjalan. 

Sedangkan sepatu untuk jogging sebaiknya memiliki bantalan, kontrol, fleksibilitas, dan stabilitas di wilayah tumit yang ringan serta daya cengkram baik.

Sepatu olahraga khusus

Sepatu untuk olahraga khus diantaranya sepatu untuk bersepeda, golf, dan menari.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sepatu olahraga di alam

Sepatu yang termasuk untuk kegiatan di alam antara lain sepatu untuk kegiatan rekreasi seperti memancing, berburu, dan berperahu.

Sedangkan berdasarkan olahraga spesifikya, sepatu olahraga dapat dibagi menjadi 6, antara lain : sepatu mendaki gunung, sepatu lari, sepatu sepakbola, sepatu basket, sepatu golf, dan sepatu tennis.

Sepatu mendaki gunung

Sol sepatu mendaki gunung didesain khusus untuk menjalani medan berbatu. Solnya biasanya terbuat dari karet, dan memiliki pola serta kedalaman yang bervariasi supaya pijakannya lebih aman pada permukaan jalan yang kasar. 

Sol sepatu yang dalam biasanya memiliki daya cengkram yang lebih kuat dibandingkan dengan sol sepatu yang tidak dalam. Sol sepatu mendaki gunung ini biasanya paling kokoh dan tidak selentur sepatu atletik, tapi memiliki penyerapan benturan yang maksimal.

Sepatu lari

Sol sepatu lari biasanya minimalis dan di dasar sepatu terdapat karet dengan ketebalan kurang lebih 3 mm yang sangat fleksibel. Sol sepatu lari ini sangat fleksibel. 

Namun, hanya memiliki sedikit bantalan dan penyerapan benturan. Sol sepatu lari yang minimalis ini memiliki sol yang lebih tebal dan lebih fleksibel daripada sepatu lari lainnya.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sepatu sepak bola

Sol pada sepatu sepak bola biasanya memiliki duri atau kancing untuk mempererat cengkraman pada ladang rumput saat berlari. Kancing biasanya dapat diganti dan dilepas. Biasanya kancing terbuat dari logam, karet, maupun plastik. 

Namun, beberapa klub sepakbola tidak memperbolehkan penggunaan sepatu dengan kancing yang terbuat dari logam. Bentuk kancing bermacam-macam, ada yang runcing, kerucut, dan berdasar keras. Sol sepatu sepak bola memiliki penyerapan benturan dan fleksibilitas sedang. 

Sepatu basket

Sol sepatu basket biasanya dibuat cukup datar dan bahannya terbuat dari karet. Kebanyakan sepatu basket lebih lebar dan memiliki pola herringbone untuk meningkatkan stabilitas dan cengkraman untuk memulai dan memberhentikan pergerakan secara cepat. Sol sepatu basket biasanya memiliki penyerapan benturan maksimal dengan fleksibilitas sedang.

Sepatu golf

Sol sepatu golf memiliki penyerapan benturan yang paling kecil dan paling tidak fleksibel bila dibandingkan dengan sepatu lari maupun basket. Sepatu golf ini bermacam-macam, ada yang terdiri dari paku lembut, paku logam, atau tidak ada paku sama sekali. 

Sepatu dengan paku yang lembut memiliki cengkraman terhadap tanah yang sedang. Jenis sol dengan paku logam biasanya dilarang karena dapat merusak arena golf terutama arena hijau. Sedangkan sepatu tanpa paku memiliki daya cengkram yang lebih baik dibandingkan dengan sepatu tanpa paku lainnya.

Sepatu tennis

Sol sepatu tennis merupakan sepatu dengan permukaan yang lebih datar dan halus bila dibandingkan dengan sepatu mendaki gunung maupun sepatu basket. Sol sepatu tennis sebenarnya bermacam-macam, tergantung jenis lapangannya. Sepatu untuk lapangan dari tanah liat tidak tahan lama bila dibandingkan dengan sepatu untuk lapangan beton. 

Maka dari itu, sepatu tennis untuk lapangan dalam ruangan memiliki berat yang ringan dan fleksibel. Selain itu, solnya juga dibuat sangat halus, sehingga tidak akan menempel ke lantai saat bergesekan atau menggores lantai.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Choosing sports shoes and trainers. NHS (National Health Service). (https://www.nhs.uk/live-well/healthy-body/choosing-sports-shoes-and-trainers/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app