ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Panduan Membersihkan Botol Susu Bayi yang Tepat Agar Steril

Dipublish tanggal: Jan 15, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 21, 2020 Waktu baca: 3 menit
Panduan Membersihkan Botol Susu Bayi yang Tepat Agar Steril

Saat anak mulai terbiasa minum susu pakai botol, kebersihan botol susu si kecil menjadi salah satu hal yang paling penting. Pasalnya, hal ini turut menentukan sehat atau tidaknya si kecil selama minum susu. Hati-hati, kalau tidak dicuci dengan bersih, sisa-sisa kuman bakteri di dalamnya malah bisa mengganggu kesehatan bayi Anda. Coba cek lagi, apakah selama ini Anda sudah membersihkan botol susu bayi dengan benar? Yuk, simak panduannya berikut ini.

Apa saja peralatan bayi yang harus dibersihkan?

Seluruh peralatan bayi wajib dijaga kebersihannya setiap hari. Ini karena sistem imun bayi masih tergolong lemah, sehingga tubuhnya lebih rentan terkena penyakit. Kalau benda-benda yang digunakannya tidak benar-benar bersih, maka hal ini tentu bisa membuat si kecil gampang sakit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Karena itulah, para orangtua wajib menjaga kebersihan semua peralatan bayi. Hal ini tidak hanya badan botol susu saja, tapi juga cincin dot, dot, cangkir obat, sendok, piring bayi, dan peralatan makan lainnya. Begitu juga dengan pakaian hingga tempat tidur si kecil.

Baca Juga: Kapan Bayi Sebaiknya Diberikan Susu Formula?

Cara membersihkan botol susu bayi pakai tangan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan botol susu bayi. Kebanyakan orangtua mungkin lebih nyaman menggunakan tangan karena bisa memastikan kebersihannya, tapi ada juga yang lebih suka menggunakan mesin pencuci piring supaya lebih praktis.

Apa pun cara yang Anda tempuh, yang terpenting pastikan botol susu bayi Anda benar-benar bersih. Agar tidak salah langkah, simak aturan membersihkan botol susu bayi dengan tangan berikut ini:

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik sebelum mulai mencuci botol susu si kecil.

2. Pisahkan setiap bagian botol susu bayi

Jangan langsung membersihkan botol bayi dalam kondisi utuh. Sebaiknya lepaskan tiap-tiap bagiannya seperti cincin dot, dot, dan badan botol. Hal ini bertujuan agar setiap bagian botol bisa dibersihkan dengan mudah dan maksimal.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

3. Bilas setiap bagian botol bayi

Sebagai permulaan, bilas setiap bagian botol bayi di bawah air mengalir. Hindari meletakkannya di permukaan wastafel. Anda bisa menggunakan air dingin untuk mencuci, tapi kalau ingin lebih steril gunakanlah air panas.

4. Cuci botol dengan sabun

Letakkan seluruh bagian botol di dalam baskom atau wadah bersih yang khusus untuk membersihkan peralatan bayi. Jangan mencuci langsung di atas permukaan wastafel karena bisa terkontaminasi oleh kuman.

Isi baskom dengan air panas dan tambahkan sabun khusus pencuci botol bayi. Gunakan sikat khusus untuk membersihkan botol susu bayi, lalu gosok seluruh bagian botol hingga ke sela-selanya.

5. Bilas lagi hingga bersih

Setelah selesai dibersihkan dengan sabun, bilas lagi semua bagian botol bayi di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun yang menempel. Jangan lupa bilas juga sikat yang tadi Anda gunakan.

6. Keringkan

Letakkan bagian-bagian botol, baskom, dan sikat botol di atas handuk bersih. Biarkan semuanya kering dengan sendirinya. Hindari menggunakan handuk untuk menggosok atau menepuk-nepuk botol karena ini bisa memindahkan kuman dari handuk ke permukaan botol.

Cara membersihkan botol susu si kecil dengan mesin pencuci piring

Kalau ingin lebih praktis dan hemat waktu, Anda juga boleh membersihkan botol bayi dengan bantuan mesin pencuci piring. Berikut langkah-langkahnya:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

1. Cuci tangan terlebih dahulu

Meskipun menggunakan bantuan mesin pencuci piring, Anda harus tetap mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasukkan botol susu bayi ke dalam mesin. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik agar tangan Anda terbebas dari kuman bakteri.

2. Pisahkan seluruh bagian botol

Meskipun dengan mesin pencuci piring, bukan berarti Anda bisa mencuci botol bayi sekaligus alias berbentuk sebotol utuh. Anda tetap harus memisahkan setiap bagiannya seperti cincin dot, dot, dan badan botol agar tidak ada bakteri atau sisa-sisa susu yang menempel.

3. Letakkan di rak mesin pencuci piring

Setelah dipisahkan per bagian, masukkan botol susu bayi ke dalam rak mesin pencuci piring. Keunggulannya, Anda dapat mengatur suhu air yang digunakan untuk mencuci. Gunakan air panas agar lebih efektif mensterilkan botol susu bayi.

4. Keringkan

Hati-hati saat membuka mesin pencuci piring setelah beroperasi, sebab bisa mengeluarkan uap panas dan botolnya terasa sangat panas. Setelah itu, letakkan setiap bagian botol ke atas handuk bersih dan biarkan semuanya kering dengan sendirinya.

Hindari menggunakan handuk untuk menggosok atau menepuk-nepuk botol. Meski mempercepat pengeringan, cara ini justru bisa memindahkan kuman dari handuk ke permukaan botol.

Baca Juga: Inilah Tanda-Tanda Bayi Tidak Cocok Susu Formula dan Cara Mengatasinya

Simpan botol susu si kecil dengan baik

Setelah membersihkan botol susu bayi dengan benar, perhatikan juga cara penyimpanan botol si kecil. Walau sudah dibersihkan dengan baik, percuma jika botol susu tidak disimpan dengan benar sehingga lagi-lagi terkontaminasi oleh bakteri.

Setelah semua bagian botol susu benar-benar kering, simpan botol di tempat yang bersih dan kering. Misalnya di kotak penyimpanan khusus botol atau lemari yang hanya digunakan untuk menyimpan peralatan makan bayi.

Jadi, sudah benarkah cara Anda membersihkan botol susu bayi? 

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Once baby arrives, from Food Safety for Moms-to-Be. (2018). (http://www.fda.gov/Food/ResourcesForYou/HealthEducators/ucm089629.htm)
How to clean, sanitize, and store infant feeding items. (2018). (https://www.cdc.gov/healthywater/hygiene/healthychildcare/infantfeeding/cleansanitize.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app