Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN
Perawatan Rambut

Inilah Cara-Cara Mudah Memanjangkan Rambut Di Rumah

Update terakhir: NOV 13, 2019 Tinjau pada NOV 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.058.554 orang

Inilah Cara-Cara Mudah Memanjangkan Rambut Di Rumah

Kepala kita memiliki sekitar 100.000 folikel rabut. Folikel rambut adalah struktur kulit di mana rambut akan tumbuh. Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel rambut akan berhenti memproduksi rambut, yang dapat menyebabkan botak atau penipisan rambut.

Akademi Dermatologi Amerika mengatakan bahwa rambut tumbuh sekitar 1/2 inci per bulan. Totalnya sekitar 6 inci per tahun untuk rambut di kepala Anda. Ada banyak cara untuk menumbuhkan rambut dengan cepat, sehat, dan kuat. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Memijat kulit kepala atau menerapkan perawatan rambut khusus adalah slah satu cara yang baik. Makan makanan yang sehat dan seimbang juga dapat membantu pertumbuhan rambut Anda. 

Namun, yang paling penting, pastikan Anda merawat rambut Anda dengan baik agar tidak terjadi kerusakan. Rambut yang tidak terawat dan tidak sehat cenderung akan rusak, rambut yang rusak akan sangat susah untuk mencoba menumbuhkannya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memanjangkan rambut:

1. Pijatan pada kulit kepala

Memijat bagian tubuh Anda akan meningkatkan sirkulasi dengan meningkatkan aliran darah ke area tersebut, sama halnya seperti kulit kepala Anda. Ketika Anda memijat kulit kepala Anda, peningkatan aliran darah merangsang folikel rambut Anda untuk tumbuh. 

Pijatan pada kulit kepala adalah teknik yang sederhana dan mudah untuk membantu rambut Anda tumbuh dengan sehat dan cepat. Cobalah memijat kulit kepala Anda setiap kali Anda mandi. 

Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok lembut kulit kepala Anda dengan gerakan memutar. Pastikan untuk memijat seluruh bagian kepala, bagian depan, belakang, dan samping kepala.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Ulangi proses ini sebanyak yang Anda suka. Hal ini memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi ketegangan dan membantu Anda merasa tenang.

2. Gunakan kondisioner setiap keramas

Gunakan kondisioner minimal satu kali dalam seminggu untuk mengganti protein dan lipid yang berangsur menurun dari dalam batang rambut Anda. Selain itu, kondisioner juga membantu menutup kultikula agar tidak terjadi kerusakan lebih parah. 

Gunakan kondisioner hanya pada ujung rambut, jangan menggunakan kondisioner pada kulit kepala karena dapat menyebabkan rambut mudah rontok.

3. Gunakan Minyak kelapa, minyak zaitun, minyak almond 

Minyak diatas dianggap dapat membantu rambut tumbuh tebal dan kuat. Untuk melakukan perawatan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk minyak zaitun, basahi rambut dan usap ke seluruh rambut Anda. Kemudian pijat kulit kepala Anda selama 2-3 menit.
  • Basahi rambut Anda dan pijat satu hingga dua sendok makan minyak ke kulit kepala Anda selama lima menit.
  • Pijat rambut menggunakan jari Anda untuk mendistribusikan minyak dari akar ke ujung rambut Anda. Anda juga dapat menggunakan sisir untuk melakukan hal ini.
  • Tutupi rambut Anda dengan topi mandi dan biarkan minyak meresap selama satu hingga dua jam.
  • Bilas rambut Anda menggunakan shampoo seperti biasa. Anda mungkin harus mencuci dua kali untuk menghilangkan minyak yang berlebih.

4. Pakai masker putih telur

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyediakan tiga butir telur yang diambil bagian putihnya saja dan satu sendok makan minyak zaitun. 

Lalu kocok telur dan minyak zaitun hingga merata. Setelah itu, oleskan menyeluruh ke rambut dan kulit kepala sambil pijat-pijat lembut kulit kepala Anda. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Diamkan selama 5 hingga 10 menit. Biarkan nutrisi dari telur tersebut terserap sempurna oleh rambut agar rambut lebih kuat dan sehat. Setelah itu bilas hingga bersih.

Cara alami memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur mengandung nutrisi untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Telur kaya akan senyawa protein, zinc, zat besi, sulfur, selenium dan yodium yang dibutuhkan dalam pertumbuhan akar dan helai rambut.

5. Gunakan Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya dalam menjaga kesehatan dan memicu pertumbuhan rambut memang sudah dikenal sejak dulu. Lidah buaya mengandung senyawa yang disebut enzim proteolitik. 

Senyawa ini mampu memperbaiki kerusakan sel rambut dalam kulit kepala sekaligus merangsang pertumbuhan folikel rambut sehingga rambutmu bisa segera tumbuh panjang

6. Jangan menyisir rambut saat masih basah

Kebanyakan orang sering menyisir dalam keadaan rambut masih basah, hal ini merupakan suatu kebiasaan buruk untuk pertumbuhan rambut. 

Sisiralah rambut ketika rambut sudah kering, jangan dalam keadaan basah. Rambut basah cenderung lebih lemah dan lebih mudah mengalami kerusakan dibandingkan ketika rambut dalam keadaan kering.

Sisirlah rambut dua kali sehari, terutama sebelum tidur. Pilihlah sisir yang bergigi jarang atau sikat berbulu halus untuk mencegah rambut rontok. Anda juga bisa menggunakan jari-jari untuk mengurai rambut secara perlahan. 

Jadi, pastikan Anda tidak menarik rambut terlalu kencang agar tidak menyebabkan kerusakan fisik pada rambut dan kulit kepala.

7. Memperhatikan asupan nutrisi makanan

Selain beberapa kebiasaan yang sudah disebutkan di atas, memperhatikan asupan nutrisi makan juga jadi salah satu cara untuk memanjangkan rambut. 

Konsumsilah makanan yang banyak mengandung protein, omega 3, vitamin A dan vitamin B dari kacang-kacangan dan sayur-sayuran untuk merangsang pertumbuhan rambut langsung dari akarnya.

Minumla air yang cukup. Ketika tubuh Anda mengalami dehidrasi, hal itu dapat terlihat di rambut Anda. Rambut Anda bisa menjadi kering, rapuh dan lebih mudah patah. 

Ketika rambut Anda patah dan rontok, lebih sulit untuk menumbuhkannya. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan meminum banyak air setiap hari.

Referensi

Hatfield, H. WebMD (2011). 8 Ways You're Damaging Your Hair.

Heiser, C. Everyday Health (2017). 5 Ways Coconut Oil Can Save Your Skin and Hair.

WebMD (2010). Hair Loss: The Science of Hair.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit