Cara Ampuh Berhenti Merokok dengan Akupunktur

Akupunktur merupakan suatu metode yang bisa menyukseskan upaya berhenti merokok yang tengah Anda lakukan. Inilah 5 hal penting mengenai akupunktur.
Dipublish tanggal: Jun 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Cara Ampuh Berhenti Merokok dengan Akupunktur

Merokok merupakan suatu kebiasaan buruk yang sangat berisiko bagi kesehatan tubuh. Bukanlah hal yang mudah juga untuk menghentikannya. Anda sampai memerlukan bantuan agar bisa berhasil berhenti merokok. 

Akupunktur merupakan suatu metode yang bisa menyukseskan upaya berhenti merokok yang tengah Anda lakukan. Inilah 5 hal penting mengenai akupunktur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

1. Akupunktur efektif menyukseskan upaya berhenti merokok

Metode akupunktur sudah dikenal sejak lama dan sanggup menangani beragam persoalan kesehatan. Salah satunya, ternyata adalah mampu menyukseskan program berhenti merokok. 

Dalam efeknya, akupunktur mampu melawan ketagihan atau kecanduan merokok yang disebabkan oleh nikotin. Metode ini mampu membatasi keinginan merokok dalam jangka panjang.

Sudah banyak orang berhasil membuktikannya. Berbagai penelitian juga sudah sejalan. Pada studi yang terbaru, para peneliti mengumpulkan data dari penelitian terdahulu yaitu sebanyak 14 penelitian berbeda.

Tujuannya untuk melihat alternatif yang membantu pasien menghentikan kebiasaan merokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akupunktur serta hipnoterapi berhasil membantu pasien berhenti total dari kebiasaannya merokok.

2. Terdapat titik akupunktur untuk berhenti merokok

Dalam metode akupunktur, dikenal berbagai titik-titik syaraf yang dikenal dan berkaitan dengan penyembuhan suatu gangguan kesehatan. Untuk menghentikan kebiasaan merokok, terdapat titik “Tim Mee” yang mampu menyukseskan program berhenti merokok secara spesifik. 

Titik tersebut berada pada 1 jari di atas lipatan pergelangan tangan, pada bagian dalam lengan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Titik tersebut digunakan dalam membantu orang berhenti merokok serta mengubah rasa rokok. Titik akupunktur tersebut ternyata belum cukup. Diperlukan titik akupunktur yang mendukung titik Tim Mee untuk melawan keinginan merokok Anda. 

Keseimbangan tubuh serta proses pemulihan juga perlu dibentuk dari titik lain yang mendukung.

3. Akupunktur mengurangi keinginan merokok

Menghentikan kebiasaan merokok lebih sulit dibandingkan ketergantungan secara fisik. Jika merokok mampu mengatasi situasi sulit, maka berhenti merokok bisa membuat sengsara. 

Jika merokok adalah bagian dari aktivitas sehari-hari, maka tidak merokok bisa membuat Anda merasakan kejanggalan. Wajar saja jika berbagai hal tersebut dirasakan.

Untuk itu, Anda dianjurkan menggunakan semua sistem dukungan untuk memotivasi keputusan berhenti merokok. Berbagai dukungan tersebut dapat diperoleh dengan meminta bantuan keluarga dan teman, bergabung bersama komunitas dukungan, berolahraga, serta mencari aktivitas bebas rokok yang positif.

4. Terdapat teknik akupunktur sederhana

Anda dapat melakukan teknik akupunktur sederhana di rumah agar mengefektifkan pengobatan akupunktur dalam menghentikan kebiasaan merokok. Anda dapat melakukan pijat telinga di rumah yang mampu melepas endorphin sebagai penghilang rasa sakit secara alami. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pijatlah telinga yang juga mampu menstimulasi titik akupuntur sampai menyeimbangkan Qi.

Terdapat banyak teknik yang digunakan dalam memijat telinga. Anda bisa meletakkan ibu jari di bagian terlebar pada bagian atas telinga. Anda bisa pijat dengan gerakan memutar. Anda bisa memijat di celah dalam dan bagian pangkal luar telinga. 

Bagian cuping telinga juga bisa dipijat dengan gerakan memutar dan tarikan ringan.

Dalam beberapa kasus, ahli akupunktur bisa meletakkan manik kecil di titik tertentu dan menahan dengan plester. Saat melakukan teknik akupunktur sederhana di rumah, Anda dapat menirunya dengan menekan bagian tersebut.

5. Rempah-rempah mampu melawan keinginan merokok

Rempah-rempah juga berguna untuk menunjang kesehatan tubuh. Banyak tanaman herbal yang berfungsi optimal melawan keinginan merokok secara terus menerus. Kecanduan terhadap rokok ini dapat diatasi dengan pengobatan menggunakan tanaman herbal.

Proses detoksifikasi dan perbaikan jaringan bisa kembali dilancarkan. Rasa mudah marah sebagai efek terlalu sering merokok juga bisa ikut dihentikan. Efek fisik dan psikis yang disebabkan oleh aktivitas merokok dapat diatasi secara alami.

Berbagai fakta penting mengenai metode akupunktur tersebut sangat menarik, bukan? Anda dapat mengetahui berbagai fakta tersebut sebagai jalan dalam menyukseskan upaya berhenti merokok. Tetaplah berusaha menuntaskan keinginan merokok agar bisa berhenti total.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)
Can Acupuncture Help You Stop Smoking?. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/can_acupuncture_help_you_stop_smoking/ask.htm)
Acupuncture for smoking cessation: A systematic review and meta-analysis of 24 randomized controlled trials. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6662782/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app