GRACIA BELINDA
Ditulis oleh
GRACIA BELINDA
DR.VINA SETIAWAN
Ditinjau oleh
DR.VINA SETIAWAN

Cara Alami Membersihkan Paru-Paru dari Debu dan Polusi Udara

Dipublish tanggal: Jan 6, 2020 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Feb 21, 2020 Waktu baca: 4 menit
Cara Alami Membersihkan Paru-Paru dari Debu dan Polusi Udara

Masalah polusi udara di kota besar seperti Jakarta memang sudah menjadi hal umum yang terjadi. Hal ini juga menyebabkan kualitas udara menjadi kurang baik bahkan meningkatkan risiko penyakit paru-paru. Polusi udara termasuk debu, asap kendaraan, hingga asap rokok tentu dapat mempengaruhi kesehatan sistem pernapasan.

Beberapa masalah pernapasan seperti asma hingga kanker paru diklaim terjadi akibat polusi udara tersebut. Oleh karena itu, diperlukan beberapa cara alami yang dapat membantu membersihkan paru-paru dan mengembalikan fungsi kerja paru-paru ke tahap yang lebih optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Baca juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Paru-Paru

Cara Alami Membersihkan Paru-Paru dari Debu dan Polusi Udara

Meski setiap organ tubuh memiliki kemampuan untuk membersihkan diri, tetapi diperlukan perhatian khusus untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Berikut ini beberapa cara alami yang bisa membantu membersihkan paru-paru dari debu dan polusi udara, di antaranya:

1. Melakukan terapi uap

Terapi uap atau inhalasi adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk membersihkan paru-paru yang kotor. Terapi ini biasanya dilakukan untuk melegakan saluran pernapasan dengan cara mengencerkan lendir yang mungkin menyumbat sistem pernapasan dan membantu melembabkan saluran pernapasan ketika mengalami batuk kering.

Terapi uap cukup mudah dilakukan di rumah, yaitu dengan menyiapkan panci cukup besar yang berisi air panas. Dekatkan wajah ke dalam uap panas yang keluar sambil menarik napas panjang. Agar uap lebih terasa, tutupi bagian depan kepala menggunakan handuk. 

2. Minum teh hijau

Cara lain untuk membantu membersihkan paru-paru akibat polusi udara adalah dengan minum teh hijau. Teh hijau (green tea) kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah peradangan pada paru-paru akibat radikal bebas, termasuk paparan polusi udara ataupun asap rokok. Teh hijau tanpa gula yang dikonsumsi setiap hari diklaim dapat membuat fungsi kerja paru-paru menjadi lebih baik.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Tak hanya teh hijau, mengonsumsi makanan sehat juga diperlukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu jenis makanan sehat yang dibutuhkan adalah makanan mengandung sifat antiinflamasi yang sangat baik untuk dikonsumsi, di antaranya kunyit, sayuran hijau, blueberry, cherry, kacang kenari, kacang polong, hingga minyak zaitun. Makanan tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi inflamasi atau peradangan yang dapat menyebabkan sesak napas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk Ibu dan Anak via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Obat batuk ibu anak pei pa koa 75 ml 1

Selain itu, cara lain untuk menghindari penyakit paru bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Buah dan sayur seperti anggur, kiwi, jeruk, brokoli, tomat, dan paprika kaya akan vitamin C. Sementara itu, makanan yang mengandung antioksidan seperti wortel, tomat, apel, anggur, kacang merah, salmon, brokoli, dan bayam.

Baca juga: Manfaat dan Sumber Makanan yang Kaya Antioksidan

4. Olahraga secara rutin

Selain mendapatkan udara segar, olahraga yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk seluruh rangkaian saluran pernapasan yang meliputi hidung, tenggorokan, trakea, hingga paru-paru dapat menjadi lebih bersih. 

Tak hanya itu, salah satu manfaat olahraga adalah untuk membantu pembentukan dan perbaikan jaringan dalam paru-paru yang dapat meningkatkan fungsi kerja paru-paru menjadi lebih optimal. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat antara lain berenang, jalan kaki, hingga yoga. 

Tips Lain dalam Menjaga Kesehatan Paru-Paru

1. Tak perlu minum obat batuk

Meski obat batuk dapat membantu menghilangkan rasa tidak nyaman di tenggorokan, tetapi batuk sendiri merupakan cara alami tubuh dalam mengeluarkan lendir atau kotoran yang mengganggu saluran pernapasan. Jika batuk masih cukup ringan tanpa disertai demam, maka sebaiknya tidak perlu minum obat batuk. Cukup minum air hangat dan lakukan terapi uap untuk membantu meredakan batuk.

Selain itu, batuk juga sebenarnya dapat menjadi cara membersihkan paru-paru dari debu dan kotoran. Caranya dengan duduk dengan tegak tapi santai pada kursi dengan kaki di lantai. Tarik napas secara perlahan melalui hidung dengan posisi tubuh condong ke depan, lalu usahakan untuk batuk 2-3 kali pada saat menghembuskan napas dari mulut.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Gunakan air purifier

Air purifier menjadi salah satu alat yang dapat membantu membersihkan udara di dalam ruangan. Penggunaannya dapat menyerap dan menurunkan kadar udara kotor dalam ruangan sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan paru-paru.

Meski sudah ada alat canggih dalam menjaga kualitas udara, tetapi kebersihan lingkungan terutama di dalam rumah sangat penting dijaga. Salah satunya dengan rajin membersihkan lantai, mengelap jendela dan perabotan, serta mengganti pakaian dan sprei secara rutin. Debu dan bakteri dapat menumpuk pada berbagai tempat dan jika dibiarkan tentunya dapat mengganggu sistem pernapasan, termasuk paru-paru.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Rokok yang mengandung banyak zat kimia sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika Anda merupakan perokok aktif dan hindari pula asap rokok dan wilayah yang penuh asap rokok meski Anda hanya seorang perokok pasif, terutama bagi anak-anak dan ibu hamil. 

Kebiasaan tidak sehat tersebut sudah dikenal lama sebagai salah satu penyebab yang dapat merusak paru-paru dan menimbulkan risiko penyakit bronkitis, emfisema, pneumonia, hingga kanker paru. Zat kimia dari rokok yang masuk ke paru-paru membuat jumlah lendir semakin banyak dan menebal sehingga menutupi paru-paru.

Baca juga: Waspadai Penyakit Paru-Paru pada Perokok Aktif

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Ueno-lio, T., Shibakura, M., Yokota, K., Aoe, M., Hyoda, T., Shinohata, R., … Kataoka, M. (2014, July 17). Lavender essential oil inhalation suppresses allergic airway inflammation and mucous cell hyperplasia in a murine model of asthma. Life Science, 108(2), 109-115 (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24909715)
Raja, A. (2014, Jan-Mar). Comparison of the efficacy of laughter therapy and breathing exercises on pulmonary function among smokers. Asian Journal of Nursing Education and Research, 4(1),105-110 (http://www.indiannursingcouncil.org/pdf/1-Raja.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app