Bisakah Berhenti Merokok dengan Terapi Akupuntur?

Sebetulnya, lebih tepat jika dikatakan, bahwa akupuntur itu bisa mengatasi kecanduan terhadap obat-obatan. Mulai dari sakau karena nikotin, rasa gelisah, marah, dan sulit berkonsentrasi.
Dipublish tanggal: Jun 13, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Bisakah Berhenti Merokok dengan Terapi Akupuntur?

Selain untuk mengembalikan kebugaran tubuh, teknik akupuntur dipercaya bisa bikin seseorang berhenti merokok. Masa iya? Sebetulnya, lebih tepat jika dikatakan, bahwa akupuntur itu bisa mengatasi kecanduan terhadap obat-obatan. 

Mulai dari sakau karena nikotin, rasa gelisah, marah, dan sulit berkonsentrasi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sistem kerjanya bagaimana?

Pengobatan dengan teknik akupuntur menitikberatkan pada keseimbangan energi di dalam tubuh. Tujuannya untuk mengoptimalkan efek sehat pada si penderita kecanduan obat-obatan. Alhasil, tubuh pun terasa lebih rileks dan bisa jadi medium untuk detoksifikasi. 

Samakah dengan meditasi dan yoga? Meski beda platform, efeknya hampir sama.

Berdasarkan studi dari Universitas Oslo di Norwegia, teknik akupuntur bisa menurunkan keinginan seseorang untuk merokok. Efeknya baru kelihatan di 5 tahun awal. Tanda yang bisa dirasakan salah satunya adalah rasa rokok jadi tidak enak atau memburuk dari waktu ke waktu. 

Siapa juga yang mau menghisap asap rokok jika sudah merasa tidak nyaman?

Jarum yang biasa digunakan untuk akupuntur itu setipis rambut. Penerapannya ada pada bagian telinga serta titik tubuh lain. Tujuannya untuk menstimulasi titik akupuntur agar pikiran jadi lebih tenang. Alhasil, keinginan untuk merokok yang menggebu-gebu itu bisa diminimalisir.

Sebetulnya, teknik pengobatan akupuntur ini sudah diterapkan sejak lama. Jadi, sama sekali bukan pengobatan ajaib atau hasil dari sulap. Apabila Anda merasa sulit mengendalikan diri untuk tidak merokok, tidak ada salahnya untuk menghubungi ahli akupuntur dalam waktu dekat. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Jangan lama-lama. Nanti sulit lepas dari kebiasaan merokok.

Titik-titik mana saja yang ditusuk jarum?

Masing-masing penderita kecanduan rokok mendapat pengobatan yang berbeda. Tapi, pada umumnya, titik yang ditusuk jarum untuk pengobatan akupuntur kurang lebih sama. Ada titik yang bernama Tim Mee. Titik ini berada pada pergelangan tangan. Kurang lebih di antara LU-7 dan LI-5. 

Titik inilah yang bisa menghentikan kebiasaan merokok.

Kemudian ada yang namanya Four Gate Points pada LI-4 dan LV-3. Fungsinya untuk menjaga sirkulasi energi atau Qi pada tubuh agar saraf-sarafnya bisa lebih tenang. Sedangkan titik pada bagian telinga difungsikan untuk penyakit yang menyasar organ ginjal, paru, dan sistem pencernaan.

Lantas, berapa kali harus mendapat pengobatan akupuntur untuk mengatasi kebiasaan merokok? Sebaiknya, lakukan 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Lakukan secara rutin. Proses akupuntur sendiri berjalan hanya dalam kurun waktu 5 sampai dengan 30 menit saja. 

Jarum-jarum yang dipasang biasanya ditugaskan untuk mengurangi keinginan untuk merokok.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Berapa lama agar bisa sembuh?

Program akupunkur sendiri yang paling efektif berjalan antara 4 sampai dengan 6 bulan. Tapi, tergantung juga seberapa dahsyat Anda ketagihan untuk mengkonsumsi rokok. Selain itu, amat diperlukan kesadaran diri untuk tidak merokok pada masa penyembuhan dengan teknik akupuntur.

Selama masa pengobatan, ubah pola makan maupun pola hidup sehari-hari. Anda mesti rajin-rajin berolahraga agar bisa mengurangi tingkat stres dan tubuh jadi lebih rileks. Kemudian, konsumsi makanan sehat seperti jus buah dan sayuran. Fungsinya untuk menetralkan darah dari kontaminasi akibat asam nikotin.

Sebisa mungkin, hindari makanan cepat saji atau fast food karena bisa mengganggu kadar gula darah serta meningkatkan keasaman pada darah. Bila dilanjutkan, gejala sakau nikotin bisa menjadi-jadi. Lalu, lakukan latihan pernapasan agar oksigen dalam tubuh bisa meningkat. 

Jiwa pun lebih tenang setelah Anda menerapkannya secara kontinu.

Sembuh atau tidaknya, kembali lagi pada keyakinan serta keseriusan Anda selama masa pengobatan dengan teknik akupuntur. Ketika keinginan untuk merokok bertandang, alihkan dengan melakukan kegiatan positif lain yang tentunya mampu menghibur jiwa Anda. 

Gabunglah dengan orang-orang bervisi-misi yang sama dengan Anda.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
More Ways to Quit Smoking - Additional Quit Smoking Methods . American Cancer Society. (https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/guide-quitting-smoking/other-ways-to-quit-smoking.html)
Want to Quit Smoking? Acupuncture Can Help You With Cravings. Health Essentials from Cleveland Clinic. (https://health.clevelandclinic.org/want-to-quit-smoking-acupuncture-can-help-you-with-cravings/)
Can Acupuncture Help You Stop Smoking?. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/can_acupuncture_help_you_stop_smoking/ask.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app