Berhenti Merokok Bikin Gemuk? Cegah dengan Cara Ini!

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Berhenti Merokok Bikin Gemuk? Cegah dengan Cara Ini!

Mungkin Anda merasa bahwa berat badan Anda mengalami kenaikan setelah berhenti merokok. Namun hal ini tidak selamanya benar, karena gemuk atau tidak itu tergantung dari pola makan Anda dan pola gaya hidup Anda. Apabila Anda tidak menjaga pola gaya hidup yang tepat, maka hal ini akan mempercepat kegemukan

Namun jika Anda melakukan pencegahan, tentunya kegemukan dapat Anda hindarkan dengan mudah.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Berat badan yang naik akibat dari berhenti merokok bisa disebabkan karena beberapa faktor, seperti kebiasaan merokok Anda ganti dengan kebiasaan mengemil. 

Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok bisa mempercepat metabolisme pada tubuh, oleh karena itu apabila Anda berhenti merokok, maka hal ini bisa menjadikan tubuh menjadi normal dan hal inilah penyebab dari kenaikan berat badan Anda.

Selain itu merokok juga dapat berperan untuk penekan nafsu makan. Hal inilah yang menjadikan tubuh perokok menjadi lebih kurus dibandingkan ketika berhenti merokok. Untuk mencegah terjadinya kegemukan setelah Anda berhenti merokok, maka Anda dapat memperhatikan beberapa hal penting sebagai berikut ini:

Perbanyak olahraga

Melakukan olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar saja. Akan tetapi dengan melakukan olahraga secara rutin, maka akan mencegah tubuh dari kegemukan. Ketika berolahraga, semua anggota tubuh akan bergerak, sehingga hal ini mampu membakar timbunan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

Olahraga yang dapat Anda lakukan sebagai pencegah kegemukan yaitu seperti jogging, senam, fitness, berenang maupun aktivitas olahraga yang lainnya. Jika Anda ingin mengunci tubuh Anda agar tidak gemuk, maka lakukan olahraga secara rutin, yaitu setiap hari.

Hindari mengemil

Apabila Anda ingin mencegah kegemukan, maka Anda harus menghindari kebiasaan ngemil. Meskipun Anda sedang dalam keadaan lapar, sebaiknya Anda makan nasi. Jika Anda ingin mengemil, Anda dapat mengkonsumsi sayuran maupun buah-buahan saja. 

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

hindari makanan ringan seperti biskuit, keripik, gorengan maupun makanan yang manis.

Meskipun kebiasaan mengemil dapat mengalihkan perhatian Anda dari merokok, namun hindari kebiasaan mengemil jika Anda tidak ingin berat badan semakin melebar.

Hindari diet ketat

Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika ingin menurunkan berat badannya dengan melakukan program diet ketat. Sedangkan untuk Anda yang ingin menghindari kegemukan setelah berhenti merokok, maka diet terlalu ketat bukan menjadi solusinya.

Rasa lapar akibat diet ketat justru akan membuat Anda merasa semakin ingin merokok. Hindari kebiasaan makan yang tidak teratur atau bahkan tidak makan sama sekali demi menginginkan tubuh yang kurus dan menghindari kegemukan.

Jaga gaya hidup yang sehat

Pola gaya hidup yang sehat dapat menghindarkan Anda dari yang namanya kegemukan. Pola gaya hidup yang bisa Anda rapikan yaitu dengan menjaga waktu makan dengan baik, mengimbangi dengan olahraga, menghindari tidur siang maupun tidak mengkonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan.

Setelah 6 bulan Anda berhenti merokok, tubuh akan kembali normal seperti saat Anda merokok. Sehingga jangan, merasa khawatir ketika berat badan Anda mengalami kenaikan setelah berhenti merokok. Namun meski demikian, Anda dapat menerapkan ke 4 kegiatan positif seperti yang ada di atas untuk menghindarkan Anda dari kegemukan.

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah tubuh yang gemuk akibat berhenti merokok tidaklah terlalu sulit untuk Anda lakukan. Namun hal ini hanya membutuhkan ketelatenan Anda ketika melakukan pencegahan.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Weight gain after quitting smoking: What to do. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000811.htm)
The Effects of Cigarette Smoking on Metabolism. Verywell Mind. (https://www.verywellmind.com/smoking-and-metabolism-2825347)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Buka di app