Kesehatan Fisik

Berapa Lama Durasi Ideal Istirahat Setelah Bekerja?

Durasinya sendiri bervariasi tergantung kebijakan perusahaan. Ada yang memberikan waktu istirahat selama 60 menit bahkan ada yang memberikan selama 90 menit. Waktu istirahat ini umumnya dimanfaatkan pekerja untuk makan, beribadah, dan istirahat bersantai.
Dipublish tanggal: Jul 7, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Okt 25, 2019 Waktu baca: 2 menit
Berapa Lama Durasi Ideal Istirahat Setelah Bekerja?

Istirahat di saat bekerja diketahui memiliki manfaat yang besar tidak hanya untuk kesehatan karyawan namun juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Hal ini karena rasa lelah akibat kerja berjam-jam dapat menurunkan kinerja pekerjaannya.

Oleh karena itu di beberapa perusahaan ternama seperti Google malah menyediakan waktu khusus untuk karyawannya tidur di siang hari. Lantas sebenarnya berapa lamakah waktu yang dibutuhkan oleh pekerja kantoran untuk beristirahat? Berikut ulasannya.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Berapa lama waktu istirahat yang ideal bagi pekerja kantoran?

Di Indonesia, waktu istirahat siang hari biasanya bertepatan dengan masuk waktunya sholat Dzuhur bagi muslim. Durasinya sendiri bervariasi tergantung kebijakan perusahaan. Ada yang memberikan waktu istirahat selama 60 menit bahkan ada yang memberikan selama 90 menit. 

Waktu istirahat ini umumnya dimanfaatkan pekerja untuk makan, beribadah, dan istirahat bersantai.

Kebutuhan durasi istirahat yang cukup juga terlihat pada kegiatan belajar mengajar di sekolah. Umumnya anak sekolah akan diberikan waktu istirahat selama 1 jam di siang hari yang bisa digunakan untuk makan, bersantai dan beribadah. 

Riset menunjukkan bahwa waktu istirahat yang cukup sangat berpengaruh terhadap penurunan kadar stres, meningkatkan konsentrasi belajar di kelas selanjutnya dan dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak. 

Hal ini dikarenakan ketika istirahat, siswa biasanya akan menghabiskan waktu dengan mengobrol dan bersosialisasi sehingga kemampuan bersosial mereka pun meningkat.

Oleh karena itu, banyak ahli kesehatan yang kemudian menyarankan untuk memberi waktu istirahat pekerja kantoran selama minimal 1 jam. Hal ini dianggap cukup mengingat waktu istirahat umumnya akan dihabiskan untuk makan dan sisanya untuk melemaskan otot setelah lelah bekerja.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Manfaat beristirahat setelah lelah bekerja

Bekerja itu penting, namun istirahat setelah lelah bekerja juga tidak kalah penting. Anda harus ingat bahwa tubuh juga memiliki hak untuk beristirahat. Dikutip dari banyak penelitian menunjukkan bahwa istirahat memiliki peranan yang sama penting dengan olahraga. 

Hal ini dikarenakan istirahat dapat mengembalikan vitalitas tubuh Anda setelah lelah bekerja. Berikut ini beberapa manfaat istirahat yang bisa diperoleh.

1. Melemaskan otot

Melemaskan otot tidak hanya dibutuhkan oleh orang yang bekerja keras menggunakan ototnya namun juga oleh Anda yang bekerja di kantoran. Baik bekerja di kantor maupun tidak, selama bekerja otot anda akan mengalami penegangan secara otomatis untuk menyesuaikan aktivitas. 

Jika kondisi otot yang menegang ini terus dibiarkan, maka Anda akan rentan terkena penyakit. Oleh karena itu, istirahat dibutuhkan untuk mengendurkan otot-otot yang tegang tersebut.

2. Membantu regenerasi tubuh

Setiap hari, sel-sel di tubuh kita terus mengalami pembaharuan (regenerasi) untuk menunjang setiap aktivitas kita. Namun, tahukah bahwa proses regenerasi akan utama terjadi ketika Anda beristirahat, makan dan minum yang cukup? 

Ketika tubuh beristirahat, maka tubuh akan melakukan pemulihan serta peremajaan sehingga hormone yang dibutuhkan juga akan diproduksi kembali. Ketika seseorang kurang beristirahat, maka produksi hormone tersebut akan terganggu.

3. Produktivitas meningkat

Istirahat berfungsi untuk mengembalikan mood dan energi setelah lelah bekerja. Oleh karena itu, beristirahat di siang hari justru dapat mengembalikan semangat dan kekuatan Anda untuk melanjutkan pekerjaan dengan lebih produktif.

4. Menghilangkan Jenuh dan Mengembalikan Mood

Bekerja selama seharian terus-menerus tentu melelahkan, apalagi jika Anda menghadapi banyak beban pekerjaan di kantor. Dengan istirahat, sebenarnya anda sedang dalam proses untuk mengembalikan mood Anda yang hilang karena lelah bekerja. 

Istirahat juga dapat menghilangkan jenuh yang muncul sehingga Anda lebih produktif bekerja. 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit