Pemeriksaan

Berapa Biaya Ct Scan Kepala?

Dipublish tanggal: Feb 22, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Jun 13, 2019 Waktu baca: 2 menit
Berapa Biaya Ct Scan Kepala?

Ketika dokter menganjurkan seseorang untuk menjalani pemeriksaan ct scan kepala, tidak serta merta pasien melakukannya. Lantaran belum mengetahui berapa biaya ct scan kepala sehingga takut jangan-jangan itu mahal sekali.

Memang harga menjadi pertimbangan yang cukup berpengaruh, terlebih jika hal itu harus dibiayai sendiri. Meskipun begitu tentu saja tujuan dari pemeriksaan agar penyakit cepat diketahui dan ditangani adalah hal yang terpenting dan dokter yang profesional tentu saja tidak asal menganjurkan pemeriksaan ct scan kepala jika itu tidak diperlukan.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

<a href='https://www.honestdocs.id/berapa-biaya-ct-scan-kepala' target='_blank'>%70358249239520%</a> kepala

CT Scan adalah jenis pemeriksaan untuk memindai bagian tubuh sehingga mendapatkan gambar tulang dan jaringan lunak yang tak terlihat secara kasat mata. Alat ini bekerja dengan menggunakan serangkaian pemindaian X-ray yang diambil dari berbagai sudut yang berbeda. Kemudian komputer akan memproses sehingga menghasilkan gambar tulang dan jaringan lunak di dalam tubuh.

Alat CT scan berupa mesin pemindai berbentuk lingkaran yang besar seperti terowongan yang cukup untuk dimasuki orang dewasa dengan posisi berbaring. Alat ini dapat digunakan untuk mendiagnosis dan memonitor beragam kondisi kesehatan.

Pemeriksaan CT Scan kepala merupakan salah satu pemeriksaan yang kerap dianjurkan oleh dokter untuk mengetahui kondisi atau penyakit di dalam kepala kita, yang terdiri dari tulang tengkorak, pembuluh darah, cairan otak, otak, dan batang otak.

Adapun biaya CT Scan kepala sangatlah bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya, bedasarkan pengamatan yang kami lakukan, biaya ct scan kepala di daerah kabupaten, kisaran harga yang dipatok yaaitu kisaran Rp.600.000 – 800.000, sedangkan di daerah di kota besar kisaran harga ct scan kepala mencapa Rp. 800.000 – 1.200.000.

Apa yang membedakannya?

Biasanya faktor pembedanya adalah dari segi alat yang digunakan, seperti pada daerah kabupaten lebih banyak alat generasi lama, dan sedangkan di kota besar cenderung alatnya lebih baru dan teknologinya lebih canggih sehingga lebih mahal, namun ini tidak selalu ya. Faktor lainnya yang mempengaruhi harga ct scan kepala yaitu bahan habis pakai yang digunaan apakah murah / mahal, dan fasilitas yang didapatkan.

Apakah untuk biaya CT scan kepala bisa ditanggung oleh BPJS?

BPJS kesehatan bisa meng-cover biaya CT scan kepala apabila rujukannya sesuai dengan indikasi klinis, disamping itu pihak BPJS punya standarisasi biaya yang dijaminkan, sedangkan besaran biaya ct scan kepala yang dijaminkan oleh pemerintah itu tentunya tergantung pada kelas atau tipe rumah sakit. Jika rumah sakit tipe A (Rumah sakit besar dan rujukan), maka biaya yang dijaminkan lebih besar dari pada rumah sakit tipe B dan C.

Mungkin hanya ini yang bisa kami informasikan mengenai biaya ct scan kepala, semoga bermanfaat. terimakasih.

10 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app