Begini Cara Mengatur Siklus Tidur yang Sehat bagi Orang Sibuk

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Begini Cara Mengatur Siklus Tidur yang Sehat bagi Orang Sibuk

Salah satu jenis istirahat yang bisa merilekskan badan dan pikiran adalah tidur. Namun sayangnya banyak orang yang mengalami masalah dengan aktivitas ini. Bangun dengan tubuh lelah dan kepala yang pusing menjadi pertanda bahwa tidur Anda tidak berkualitas.

Ya, memang perkara tidur bukan kuantitasnya yang penting, melainkan kualitas. Masalah ini sering dialami oleh mereka yang berada di usia produktif. Jika Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas, maka ketahui dulu siklus tidur yang sehat. Dengan begitu Anda tetap bisa mendapatkan tidur yang berkualitas meski waktu yang dimiliki tak banyak.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sekilas Mengenai Siklus Tidur

Siklus tidur adalah tahapan yang harus Anda lalui untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Pada dasarnya siklus tidur terdiri dari 3 tahapan yaitu tidur ringan atau light sleep, tidur dalam atau deep sleep, dan Rapid Eye Movement (REM) sleep. Ketiganya harus Anda lalui untuk mendapatkan tidur yang sehat. Lantas apa perbedaan ketiga tahapan tersebut, berikut ini penjelasannya.

  1. Light sleep merupakan kondisi dimana Anda baru saja tertidur
  2. Deep sleep merupakan kondisi dimana Anda sudah tertidur lelap. Dalam tahapan ini Anda tidak mungkin mengalami mimpi
  3. Rapid Eye Movement Sleep merupakan kondisi dimana Anda tidak tertidur lelap. Pada tahapan ini gerakan mata cepat dan tidak teratur. Mimpi biasa terjadi pada tahapan ini.

Dalam satu siklus tidur waktu normal dibutuhkan waktu 90 menit. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, Anda memerlukan lima kali siklus tidur atau sekitar 7,5 jam.

Cara Mengatur Siklus Tidur Jika Tidak Punya Banyak Waktu

Kesibukan kadang membuat Anda hanya memiliki waktu tidur yang sebentar. Meski begitu ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga keesokan harinya dapat terbangun dengan kondisi yang segar.

Targetkan siklus tidur

Anda butuh 5 kali siklus tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Apabila Anda ingin bangun pukul 05.00 keesokan paginya, maka Anda harus tidur pada pukul 21.30 malam. Jadi bukan kuantitas tidur yang Anda kejar, melainkan kualitasnya dengan cara menargetkan siklus tidur yang diperlukan.

Biasakan tidur dan bangun dalam waktu yang sama

Setiap harinya mungkin Anda memiliki aktivitas yang berbeda. Meski begitu usahakan tidur dan bangun pada waktu yang sama. Atur jadwal Anda sebaik mungkin agar bisa sampai rumah sebelum waktu tidur tiba.

Jangan tunda bangun tidur

Sekalipun keesokan harinya adalah akhir pekan, sebaiknya jangan menunda untuk bangun tidur. Jika Anda terbiasa tidur dan bangun dengan teratur, maka tubuh akan membiasakan diri sehingga kondisi badan menjadi lebih ringan dan segar keesokan paginya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Namun jika menunda bangun tidur hanya beberapa menit saja, kemungkinan Anda akan tertidur lebih dalam dan terbangun dalam kondisi badan yang tak sinkron.

Capailah tahapan deep sleep

Meski waktu tidur yang dimiliki sangat sempit, setidaknya Anda harus mencapai satu siklus tidur. Jadi Anda harus melewati minimal satu tahapan deep sleep agar kondisi kesehatan fisik dan mental terjaga, serta satu tahapan REM Sleep yang bermanfaat untuk memulihkan memori.

Curi-curi waktu tidur bila perlu

Saat aktivitas yang Anda jalani cukup padat, usahakan mencuri waktu untuk tidur selama 30 menit saja. Namun ingat jangan lebih dari 30 menit karena jika sudah masuk tahapan deep sleep Anda akan terbangun dengan kondisi yang lebih mengantuk dari sebelumnya.

Kelima cara diatas bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas meski hanya memiliki waktu yang sempit. Menerapkan pola tidur sesuai dengan siklus hidup sehat sangat penting agar kondisi fisik, mental, dan pikiran Anda tetap terjaga kesehatannya.

9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
The Science of Sleep: A Brief Guide on How to Sleep Better Every Night. James Clear. (Accessed via: https://jamesclear.com/sleep)
How to Use Bedroom Lighting to Improve Sleep Quality. Michigan Medicine. (Accessed via: https://healthblog.uofmhealth.org/health-management/how-to-use-bedroom-lighting-to-improve-sleep-quality)
How to Improve Your Sleep Efficiency. Verywell Health. (Accessed via: https://www.verywellhealth.com/sleep-efficiency-3014912)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app