Anak Balita

Mengenal Keuntungan Memiliki Balita Aktif dan Tipenya

Dipublish tanggal: Mar 8, 2019 Update terakhir: Feb 11, 2020 Tinjau pada Agu 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Keuntungan Memiliki Balita Aktif dan Tipenya

Anda sebagai orang tua mungkin merasa capai dan lelah ketika buah hati senang bergerak ke sana ke mari. Tidak hanya saja repot menjaganya, namun anak aktif kerap sering kali banyak mengeksplor dunia sekitarnya.

Tidak sedikit coretan di dinding dan banyaknya mainan di lantai yang berserakan membuat Anda jengkel. Awalnya Anda merasa senang bahwa dalam benak Anda, anak yang tidak hanya diam dan senang bermain merupakan ciri-ciri anak cerdas.

Iklan dari HonestDocs
Dermal Fillers Treatment di Reface Clinic

Dermal Filler merupakan perawatan wajah yang berfungsi untuk memperbaiki area tertentu yang memang diperlukan. Misalnya, untuk membantu mengatasi kerutan, garis halus atau cekungan yang disebabkan penuaan, meratakan tekstur dan menghaluskan kulit, hingga menghilangkan bekas luka. Perawatan wajah ini dilakukan dengan menyuntikan cairan seperti asam hialuronat atau kolagen, maupun zat sintesis kebagian wajah yang bermasalah, Contohnya pipi,hidung,bibir,rahang,dagu,area sekitar muka, dan lainnya. Perawatan dermal filler akan menjadikan wajah menjadi lebih berisi sehingga keriput atau garis-garis halus jadi tersamarkan.

Dermal fillers treatment di reface clinic

Setelah saling bercerita kepada orang tua yang lain dan mendapati anak lain tidak seaktif anak Anda, maka mulai timbul pertanyaan “Apakah anakku yang sangat aktif ini normal”?  

Keuntungan anak aktif

Anak yang aktif bergerak cenderung memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengasah otaknya. Menurut Professor Phil Tomporowski dari University of Georgia, anak yang aktif bergerak memiliki efek yang sangat baik untuk perkembangan otaknya.

Selain itu, beberapa keuntungan memiliki anak yang aktif seperti yang dilansir oleh website dari  departemen kesehatan dan sumber daya manusia (Victoria, Australia) ialah:

1. Anak yang aktif memiliki kondisi jantung dan hati yang lebih baik

2. Memiliki kemampuan motorik kasar lebih baik

3. Menurunnya kemungkinan untuk terserang diabetes dan obesitas

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

4. Tulang dan otot yang lebih kuat

5. Kesempatan untuk bersosialisasi yang tinggi

6. Mampu berkonsentrasi lebih baik

7. Pola tidur yang lebih teratur

Masih banyak keuntungan memiliki anak yang aktif. Namun, bagaimana ciri-ciri anak aktif yang sehat? Seringkali anak yang terlalu aktif dikaitkan dengan gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

Menurut Professor Allen Frances, M.D dari Duke University, sekitar 11% kenaikan jumlah anak yang terdiagnosis ADHD, angka yang tidak masuk akal ini adalah 3 kali lipat dari yang biasanya hanya 2-3% setiap tahunnya.

Iklan dari HonestDocs
Derma Filler Wajah Di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk meninggikan hidung, membentuk dagu supaya lebih Vshape, membentuk bibir supaya lebih menawan, dan menghilangkan kantung mata. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Derma filler wajah di genese clinic

Hal ini bisa disebabkan banyak alasan seperti diagnosa terlalu dini, kekhawatiran berlebih dari orang tua, dan kemungkinan adanya keterlibatan pemasaran obat untuk anak ADHD.

Sebelum terburu-buru membawa anak ke dokter dan mendiagnosa anak terkena ADHD, Professor Allen menegaskan bahwa orang tualah yang mengenal anak paling baik. Sehingga kemampuan orang tua untuk observasi perilaku anak sangat penting.

3 jenis ADHD yang umum terjadi

1. ADHD combined type
Anak dengan tipe ini biasanya susah berkonsentrasi, selalu gelisah dan tidak pernah merasa capai. Selalu bertindak tanpa berpikir.

2. ADHD inattentive type or attention deficit disorder (ADD)
Anak dengan tipe ini tidak bisa berkonsentrasi, mengingat instruksi, dan menyelesaikan tugas.

3. ADHD hyperactive/impulsive type
Anak dengan tipe ini selalu bergerak tanpa kenal lelah dan bertindak ceroboh dan membahayakan.

Diagnosa terkait ADHD harus dilakukan dengan seksama di umur antara 5-12 tahun, karena anak di bawah 5 tahun masih belum berkembang secara optimal dan juga banyak alasan lainnya.

Alangkah baiknya jika Anda tidak terburu-buru mendiagnosa anak ketika Anda mendapati anak tidak bisa berkonsentrasi, susah untuk duduk manis, atau dia mau mendengarkan peraturan.

Hal-hal tersebut sangat umum terjadi dan membutuhkan latihan. Namun tetap terus berusaha mendampingi buah hati untuk berusaha fokus dan berkonsentrasi.

Berikut beberapa tips untuk dapat Anda lakukan bersama anak Anda

  • Jauhkan atau batasi penggunaan gadget. Gadget tidak membantu anak Anda melatih konsentrasi, namun hanya mampu mengalihkan perhatian sementara. Studi mengatakan gadget justru membuat anak untuk susah berkonsentrasi.
  • Ikuti kegiatan olahraga terstruktur. Selain anak dapat bergerak dan menggunakan tenaganya, olahraga terstruktur seperti sepak bola anak-anak memiliki peraturan yang bisa diikuti oleh anak.
  • Ajak anak untuk bermain di tempat terbuka. Penelitian menunjukkan ruang terbuka seperti taman, mampu membantu anak untuk meningkatkan konsentrasinya dengan lebih waspada akan hal-hal dan benda-benda sekitarnya.
  • Jadilah model yang baik. Jika Anda menunjukan pada anak untuk selalu mengikuti peraturan, banyak berinteraksi dengan orang sekitar, maka anak perlahan akan mendapatkan pemahaman akan hidup bersosialisasi dan menaati peraturan sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda merasa kewalahan menghadapi si kecil yang aktif, jangan malu dan segan untuk mengutarakannya kepada suami/istri atau teman terdekat. Bahwa senantiasa yang Anda lakukan adalah untuk kebaikan anak dan masa depannya.

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Physical Activity - Facts - Healthy Schools. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (Accessed via: https://www.cdc.gov/healthyschools/physicalactivity/facts.htm)
Exercise and Children: The Benefits. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health-news/exercise-benefits-children-physically-and-mentally)
Sport and children. Better Health. (Accessed via: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/sport-and-children)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit
Buka di app