Bisakah Baking Soda Digunakan untuk Mencerahkan Ketiak?

Dipublish tanggal: Nov 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Des 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Bisakah Baking Soda Digunakan untuk Mencerahkan Ketiak?

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh yang juga butuh perawatan khusus. Saat ini banyak video tutorial di internet yang mengklaim bahwa penggunaan soda kue atau baking soda dapat mencerahkan ketiak. Namun hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang dapat membuktikan kebenarannya.

Warna kulit pada ketiak seringkali berwarna lebih gelap daripada kulit tubuh lainnya dan hal tersebut tentu dapat mengurangi rasa kepercayaan diri. Untuk membantu mencerahkan kulit pada ketiak, beberapa bahan alami dapat diaplikasikan tetapi perlu mendapat perhatian karena lipatan bawah lengan ini memiliki sifat yang sensitif karena lapisan kulit yang tipis.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Penyebab Kulit Ketiak Gelap atau Menghitam

Berikut ini adalah beberapa penyebab kulit ketiak memiliki warna yang lebih gelap, di antaranya:

  • Iritasi akibat bercukur. Anda bisa mencoba metode pencabutan rambut lainnya, seperti waxing
  • Iritasi karena gesekan. Gesekan dengan pakaian juga dapat menyebabkan warna ketiak menjadi lebih gelap karena kurangnya oksigen yang didapatkan ketiak. Anda bisa mengatasinya dengan mencoba pakaian yang nyaman dan lebih longgar serta tidak terlalu ketat
  • Iritasi terhadap bahan kimia dari deodorant atau antiperspirant. Anda bisa mencoba merk deodorant dan antiperspirant lain atau mencoba alternatif deodorant dari bahan alami seperti baking soda. Karena keringat berlebih juga dapat menyebabkan warna ketiak menghitam
  • Hiperpigmentasi (atau kondisi ketika kulit menjadi tampak lebih gelap atau hitam dibandingkan dengan warna kulit sebenarnya) juga dapat menyebabkan kulit ketiak terlihat lebih gelap. Hiperpigmentasi dapat disebabkan akibat kebiasaan merokok sehingga Anda bisa mencoba untuk berhenti merokok supaya kulit ketiak Anda menjadi lebih cerah kembali
  • Akumulasi sel kulit mati. Anda bisa mencoba menggunakan scrub tubuh atau produk lainnya untuk mengelupas sel kulit mati sehingga selain membersihkan ketiak, kulit ketiak juga bisa tampak lebih cerah

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Tidak Merata

Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Baking Soda

Menggunakan baking soda atau soda kue sebagai deodorant

Menurut penelitian di Amerika Serikat, Anda bisa menepuk-nepukkan soda kue (baking soda) pada ketiak setelah mandi untuk menetralisir bau badan. Apabila soda kue terlalu kasar, Anda bisa mencampurnya dengan tanah liat putih atau tepung jagung. Kandungan pada baking soda dapat mencegah bau badan dan mengurangi kelembapan yang berlebih pada ketiak.

Menggunakan baking soda sebagai exfoliant (bahan untuk menghilangkan sel kulit mati)

Dengan menggunakan bahan alami seperti baking soda sebagai eksfoliasi atau exfoliant, maka dapat merangsang pergantian sel kulit sehingga dapat menyebabkan permukaan kulit tampak lebih cerah dan halus. Anda dapat menggunakan pasta baking soda dan air sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati yang ada pada ketiak. 

Pengangkatan sel kulit mati melalui eksfoliasi cukup dilakukan sebanyak 2 kali seminggu, baik secara fisik maupun kimia. Eksfoliasi kimia akan menggunakan asam (chemical exfoliator) seperti glycolic acid. Sementara eksfoliasi secara fisik dilakukan dengan menggunakan sikat dan butiran scrub. Anda juga dapat mencampur soda kue (baking soda) dengan bahan-bahan lain, seperti:

  • Alpukat
  • Jus lemon
  • Minyak kelapa
  • Madu
  • Timun
  • Cuka sari apel
  • Gliserin

Baca juga: Cara Melakukan Eksfoliasi yang Benar

Iklan dari HonestDocs
Brightening And Hair Removal By Pulse Light di Genese Clinic

Perawatan ini berfungsi untuk menghilangkan rambut pada area keringat. Perawatan ini di lakukan oleh dokter.

Brightening and hair removal by pulse light di genese clinic

Sebelum menggunakan baking soda pada ketiak, sebaiknya Anda melakukan tes terlebih dahulu pada sebagian kecil kulit Anda. Perlu diketahui sebelumnya bahwa kulit Anda bersifat asam, yaitu dengan pH 4,5-5,3, sedangkan baking soda bersifat basa dengan pH sekitar 8,3. Apabila penggunaan baking soda mempengaruhi keseimbangan pH kulit ketiak Anda, maka bisa menyebabkan iritasi dan kulit ketiak menjadi kering.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan soda kue pada ketiak, sebaiknya Anda menguji terlebih dahulu pemakaiannya selama beberapa hari pada area kecil kulit Anda. Apabila kulit Anda mengalami iritasi atau ruam kemerahan, maka hentikan tes pada kulit dan jangan gunakan soda kue pada ketiak Anda karena tidak cocok.

Perawatan Tradisional untuk Mencerahkan Kulit Ketiak

Sebelum mengaplikasikan produk atau krim apapun ke ketiak, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kulit. Dokter akan membantu memberikan opsi terbaik berdasarkan jenis kulit Anda. Untuk mencerahkan kulit ketiak, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menggunakan produk pencerah tradisional, yang mengandung bahan-bahan seperti: 

  • retinoid
  • hidrokuinon
  • asam glikolat
  • arbutin
  • asam kojic
  • asam azelaic

Kulit ketiak yang berwarna agak gelap mungkin bukan termasuk masalah serius. Namun Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila dirasa cukup mengganggu, karena kulit ketiak gelap mungkin dapat menjadi salah satu pertanda penyakit seperti Hiperpigmentasi, Penyakit Addison, Eritrasma, Melasma, maupun Acanthosis nigricans.

2 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Baking Soda for Underarms: Can It Lighten Skin? Plus Other Methods. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/baking-soda-for-underarms)
Baking Soda Deodorant: Is It Effective Against Underarm Odor?. Healthline. (Accessed via: https://www.healthline.com/health/baking-soda-deodorant)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app