Pahami dan Waspadai Gejala Long COVID!

Dipublish tanggal: Jun 29, 2021 Update terakhir: Jul 13, 2021 Waktu baca: 2 menit
Pahami dan Waspadai Gejala Long COVID!

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Pasca sembuh dari infeksi virus Corona (Covid 19), para penyintas Covid 19 tetap perlu waspada beberapa gejala lanjutan long Covid yang mungkin terjadi
  • Long Covid dapat dialami oleh siapa saja dengan gejala yang berbeda-beda tiap orang, meskipun tidak menular tetapi perlu ditangani dengan baik
  • Sejumlah gejala long Covid jangka panjang yang umum terjadi di antaranya kelelahan kronis, sesak napas, hingga gangguan psikotik (psikosis)
  • Pada gejala long Covid berat bahkan bisa berdampak pada kesehatan organ tubuh seperti jantung, ginjal, paru-paru, otak, dan sistem saraf
  • Bagi penyintas Covid 19, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, terapkan protokol kesehatan yang ketat, serta menjalani pola hidup sehat 
  • Klik untuk membeli produk suplemen dan vitamin yang dikirim ke rumah kamu melalui HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia dan bisa COD
  • Lakukan tes COVID-19 dan pemeriksaan kesehatan baik di klinik maupun di rumah dengan harga khusus dan promo menarik hanya melalui HDmall

Meski telah sembuh dari infeksi virus Corona, para penyintas Covid 19 masih mungkin mengalami sejumlah gejala lanjutan atau disebut juga dengan long Covid. Efek jangka panjang ini bisa terjadi selama beberapa minggu hingga beberapa bulan pasca dinyatakan hasil test negatif Covid 19.

Apa itu long Covid?

Munculnya gejala long Covid setelah sembuh dari infeksi Covid 19 umumnya disebabkan sebagai reaksi dan efek respon tubuh terhadap virus Covid 19 sehingga menimbulkan gejala lanjutan, tetapi dalam kondisi ini infeksi virus sudah tidak dapat menular ke orang lain. Para penyintas Covid 19 hanya perlu mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi gejala long Covid tersebut. 

Iklan dari HonestDocs
Paket Vaksin Hepatitis B Di NK Health Klinik

Cegah Penyakit Hepatitis B dengan Vaksin. Paket ini termasuk 3x suntik vaksin Hepatitis B, biaya registrasi, konsultasi dengan dokter, dan pemeriksaan tanda-tanda vital.

Paket vaksin hepatitis b di nk health klinik

Meski memiliki gejala ringan ataupun tidak bergejala (OTG) pada saat terinfeksi Covid 19, tetapi tidak menutup kemungkinan mengalami gejala long Covid ini. Gejala post-COVID-19 syndrome ini pun bisa berbeda tiap orang.

Baca juga: Dampak Virus COVID-19 pada Tubuh

Gejala long Covid yang perlu diwaspadai oleh penyintas Covid 19

Efek gejala long Covid jangka panjang yang mungkin dialami pasca sembuh dari infeksi virus Corona (Covid 19) dapat berupa:

  • kelelahan kronis
  • sesak nafas
  • nyeri dada
  • peningkatan detak jantung
  • kabut otak (gangguan memori dan konsentrasi)
  • sulit tidur (insomnia)
  • pusing atau sakit kepala
  • nyeri sendi
  • gangguan kecemasan
  • gangguan psikotik (psikosis)
  • kehilangan nafsu makan
  • ruam pada kulit
  • perubahan indera penciuman atau perasa


Selain gejala long Covid di atas, ada beberapa penyintas Covid 19 yang juga mengalami gejala ringan seperti batuk, sesak nafas, kelelahan, dan sakit kepala. Bahkan berdampak pada organ penting lainnya termasuk jantung, ginjal, paru-paru, otak, dan sistem saraf.

Beberapa efek gejala long Covid yang dapat menimbulkan masalah kesehatan pada organ tubuh tertentu, antara lain:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Masalah jantung meliputi kerusakan otot jantung atau gagal jantung
  • Masalah paru-paru meliputi kerusakan jaringan pada paru-paru (fibrosis)
  • Masalah ginjal meliputi gagal ginjal akut
  • Masalah otak dan sistem saraf meliputi anosmia, miokardiopati, stroke, atau gangguan kognitif

Baca juga: 3 Faktor Penyebab Terjadinya Kerusakan Paru-paru Akibat Covid-19

Apa yang perlu diperhatikan jika mengalami long Covid?

Jika gejala long Covid yang dirasakan tidak kunjung membaik setelah beberapa hari sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya komplikasi atau risiko gangguan kesehatan yang lebih parah. Beberapa jenis pemeriksaan kesehatan yang mungkin diperlukan, di antaranya tes darah, rontgen dada, serta cek jantung dan tekanan darah bergantung gejala long Covid yang dialami. 

Oleh karena itu, meski telah dinyatakan sembuh dan negatif Covid 19, para penyintas Covid 19 tetap disarankan untuk melakukan cek kesehatan atau medical check up secara berkala terutama untuk memastikan tidak ada efek jangka panjang dari paparan infeksi virus Corona yang pernah dialami. Jalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan suplemen vitamin, rajin berolahraga, beristirahat yang cukup, serta hindari stress.

Baca juga: Sembuh dari COVID-19, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, baik itu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menghindari kerumunan. Jika ada kesempatan untuk mengikuti program vaksinasi Covid 19, segera konsultasikan dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan Anda sudah memenuhi persyaratan untuk menerima vaksin Covid 19.


9 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app