Bahan Alami Menumbuhkan Rambut

Dipublish tanggal: Okt 30, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Des 30, 2019 Waktu baca: 4 menit
Bahan Alami Menumbuhkan Rambut

Memiliki rambut sehat dan indah merupakan idaman setiap wanita karena rambut dipandang sebagai mahkota. Maka tak heran jika para wanita ingin memperbaiki kualitas rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut secara alami supaya tetap terlihat sehat. Bahkan beberapa masalah rambut seperti rambut rontok, rambut lepek, dan rambut berminyak seringkali menjadi hal yang menyebalkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Rambut Berminyak Bebas Lepek

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

Cara alami menumbuhkan rambut

1. Pijat

Memijat kulit kepala dapat membantu mengembalikan pertumbuhan rambut seperti semula. Anda dapat memijat kulit kepala bersamaan dengan minyak maupun masker rambut. Dengan memijat kulit kepala, maka akan merangsang kulit kepala yang mendorong pertumbuhan dan ketebalan rambut di sel papila dermal. Selain itu, memijat kulit kepala juga dapat menghilangkan stress dan ketegangan supaya Anda lebih rileks.  

2. Minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehingga dapat mengurangi kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa dapat digunakan sebelum atau setelah keramas, tergantung dari jenis rambut. Apabila rambut cenderung berminyak, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa sebelum keramas, sedangkan apabila rambut cenderung kering, maka Anda bisa mengoleskan minyak kelapa setelah keramas. Minyak kelapa memang sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan kilau rambut, namun masih perlu diteliti lebih jauh.

3. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera seringkali menjadi bahan yang sangat disukai untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin, asam lemak, mineral, dan asam amino esensial di dalamnya dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok, mengurangi gatal di kepala, dan mengatasi masalah ketombe. Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya murni ke kulit kepala dan rambut selama beberapa kali seminggu atau juga bisa menggunakan shampo dan kondisioner dengan kandungan lidah buaya.

 4. Minyak ikan

Minyak ikan merupakan sumber asam lemak omega 3 dan 6. Dengan mengonsumsi asam lemak omega 3 dan 6 yang berasal dari salmon, ikan sarden, dan kacang-kacangan, maka dapat membantu Anda memperbaiki rambut dari dalam. Selain itu, minyak ikan juga dapat membantu meningkatkan kepadatan dan diameter rambut sehingga resiko Anda mengalami rambut rontok dapat berkurang.

 5. Viviscal

Viviscal adalah suplemen pertumbuhan rambut alami yang berisi vitamin, mineral, bubuk hiu, dan moluska atau hewan berbadan lunak dan bercangkang seperti siput dan bekicot. Bahan-bahan ini dipercaya dapat membantu meregenerasi sel baru dan memperkuat sel sebelumnya. Anda harus minum pil viviscal 2 kali sehari selama minimal 6 bulan untuk melihat hasilnya. Selain suplemen, viviscal juga terdapat dalam bentuk shampo dan kondisioner.

  6. Ginseng

Selain diklaim dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, suplemen ginseng juga dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara merangsang folikel rambut. Ginseng memiliki senyawa aktif ginsenosides yang memiliki manfaat bagi rambut seperti membuat rambut lebih lebat, mencegah kerontokan dan rambut kering. Namun sebelum menggunakan suplemen ginseng, sebaiknya Anda memperhatikan kemungkinan efek samping dan menggunakannya sesuai petunjuk.

Iklan dari HonestDocs
Beli NIZORAL SS 1% SHAMPO 80ML via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Nizoral ss 1 shampo 80ml 1

7. Minyak geranium

Anda dapat menggunakan minyak geranium untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi dalam rambut. Cara penggunaan minyak geranium adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak geranium ke dalam minyak lainnya seperti minyak kelapa, minyak biji bunga matahari, minyak mineral, dan minyak kastor, lalu kemudian digunakan untuk membuat masker rambut. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak geranium pada shampo dan kondisioner saat membersihkan rambut. Minyak geranium dapat membantu memperkuat, melembabkan, dan menutrisi rambut.

8. Minyak rosemary

Minyak rosemary adalah salah satu minyak esensial yang dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan dapat digunakan untuk mengobati alopesia androgenetik (kerontokan rambut akibat faktor genetik). Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam minyak kelapa atau minyak biji bunga matahari lalu dioleskan ke rambut dan kulit kepala. Lakukan ini beberapa kali per minggu. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemary ke dalam shampo dan kondisioner setiap hari. Anda harus selalu mencampur minyak rosemary dengan shampo, kondisioner, dan minyak lainnya, tetapi jangan langsung menggunakan minyak rosemary langsung ke kulit. 

Baca juga: Minyak Alami untuk Perawatan Rambut

9. Lemon

Anda dapat menggunakan jus lemon segar atau minyak lemon karena lemon dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut Anda.  Lemon oil dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala Anda serta mendorong pertumbuhan rambut.  Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut Anda 15 menit sebelum keramas.  Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon dan dilarutkan dalam minyak kelapa atau minyak biji bunga matahari sebagai masker rambut.

10. Jus bawang

Jus bawang memang memiliki bau menyengat khas bawang, namun jus bawang bermanfaat untuk mengobati alopecia areata, yaitu kerontokan rambut akibat serangan sistem imun Anda sendiri (autoimun). Jus bawang juga dianggap dapat meningkatkan sirkulasi rambut. Pada penelitian dengan subjek hewan, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan faktor pertumbuhan keratin dan aliran darah ke kutikula. Cara menggunakan jus bawang untuk pertumbuhan rambut adalah dengan mencampur beberapa bawang dan memeras jusnya. Lalu dioleskan ke kulit kepala dan rambut Anda selama kurang lebih 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan keramas secara normal.

Apabila Anda ingin memperbaiki rambut, Anda harus membuat rencana perawatan rambut dan tetap konsisten terhadap rencana tersebut. Beberapa perawatan rambut memang tidak bisa langsung terlihat hasilnya, butuh waktu hingga beberapa bulan. Jadi Anda harus tetap sabar dan konsisten dalam melakukannya. 

Penerapan gaya hidup sehat, makan makanan bergizi, dan menghindari stress juga bisa membantu Anda untuk merangsang pertumbuhan rambut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengaplikasikan suatu produk pada rambut atau berkonsultasi dengan dokter jika cara alami pertumbuhan rambut di atas masih belum juga berhasil.

25 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app