Bagaimana Perawatan Gigi dan Gusi Yang Disarankan?

Dipublish tanggal: Agu 31, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 30, 2020 Waktu baca: 3 menit
Bagaimana Perawatan Gigi dan Gusi Yang Disarankan?

Dengan perawatan yang tepat, gigi dan gusi Anda akan tetap sehat selama Anda hidup. Semakin sehat gigi dan gusi Anda, semakin berkurang risiko Anda untuk mengalami pembusukan gigi dan penyakit gusi.

Bagaimana cara merawat gigi dan gusi Anda?

Ada lima langkah dasar untuk merawat gigi dan gusi Anda:

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi Dan Remove Stain 1 Kali di Fre DentalCare

1. Pembersihan karang gigi dan stain dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. 2. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan remove stain   1x   fre dentalcare
  • Menyikat gigi
  • Melakukan flossing
  • Berkumur dan membilas
  • Memakan makanan yang tetap
  • Memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin

Tips dalam menyikat gigi

Sikatlah gigi setidaknya dua kali sehari. Jika bisa, sikatlah gigi setiap selesai makan. Tunggulah sekitar 30 menit setelah makan untuk membiarkan semua enamel yang melunak akibat asam selama proses makan kembali mengeras dan tidak tersikat oleh sikat gigi. 

Menyikat gigi membersihkan plak, lapisan bakteri yang menempel pada gigi. Ketika bakteri pada plak melakukan kontak dengan makanan, akan terbentuk asam. Asam ini menyebabkan gigi berlubang

Untuk menyikat gigi yang harus Anda lakukan adalah:

  • Mengambil sedikit pasta gigi pada ujung kepala sikat gigi, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Gunakan juga sikat gigi yang lembut bulunya.
  • Memosisikan sikat gigi pada gigi dalam arah 45 derajat terhadap garis gusi
  • Menggerakkan sikat gigi menggunakan gerakan melingkar kecil. Lanjutkan gerakan ini untuk membersihkan semua gigi. Tetap pertahankan bagian ujung sikat terhadap garis gusi. Hindari menekan terlalu keras sehingga bulu sikat melebar. (Hanya bagian ujung sikat gigi yang membersihkan gigi.) Biarkan bulu sikat mencapai sela-sela antar gigi.
  • Menyikat hingga seluruh permukaan pengunyah gigi. Pastikan bulu sikat mencapai bagian ujung dan sela-selanya.
  • Gunakan gerakan melingkar kecil untuk membersihkan bagian terluar gigi bagian atas dan bawah, bagian samping yang menghadap ke lidah.
  • Untuk membersihkan bagian dasar gigi bagian depan Anda, buatlah kepala sikat gigi menyudut ke arah dalam dalam posisi ke atas dan ke bawah menghadap ke bagian dasar mulut dan gerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar kecil.
  • Untuk bagian dalam gigi bagian atas depan, buatlah kepala sikat gigi menyudut dalam posisi keatas dan kebawah dengan bagian ujung kepala menunjuk ke arah langit-langit gigi. Gerakkan sikat gigi dalam gerakan melingkar kecil.
  • Lakukan penyikatan pada lidah Anda dengan sikatan yang lembut, sikatlah dari bagian belakang lidah Anda ke depan. Jangan terlalu keras dalam menggosok. Menyikat lidah akan menghilangkan bakteri dan membuat mulut Anda segar.
  • Setelah menyikat gigi selama dua hingga tiga menit, bilaslah mulut Anda dengan air.
  • Gantilah sikat gigi Anda dengan yang baru sekali setiap tiga atau empat bulan.

Tips untuk melakukan flossing gigi

Lakukan flossing gigi setidaknya sekali sehari. Flossing akan membersihkan makanan dan plak yang ada di antara gigi-gigi Anda, pada bagian yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. 

Jika plak tetap bertahan di sela-sela gigi, plak akan mengeras menjadi tartar, yang harus dibersihkan oleh dokter gigi. Untuk melakukan flossing:

  • Ambillah sekitar 18 inci benang floss dari wadahnya
  • Putarlah floss di sekitar jari tengah tiap tangan, meninggalkan 1 inci di terbuka untuk digunakan flossing. Lakukan flossing pada gigi bagian atas terlebih dahulu, baru lakukan bagian bawah.
  • Letakkan floss di mulut Anda dan gunakan jari telunjuk untuk mendorong floss ke sela-sela gigi. Berhati-hatilah untuk tidak mendorong terlalu keras dan melukai gusi
  • Gerakkan floss ke atas dan ke bawah berlawan arah dengan gigi ke atas dan di sekitar garis gusi. Floss harus membentuk huruf C pada gigi yang Anda lakukan flossing.
  • Lakukan flossing di antara sela-sela gigi dan juga pada bagian belakang gigi.
  • Gunakan bagian floss yang bersih sesuai dengan kebutuhkan dan putarkan floss yang sudah digunakan ke jari Anda.

Tips untuk membilas mulut Anda

Obat kumur tidak hanya membuat nafas Anda segar. Berkumurlah dengan obat kumur antibakteri setidaknya sekali sehari untuk membunuh bakteri yang dapat menyebabkan plak dan penyakit gusi tahap awal. 

Obat kumur yang mengandung fluoride akan membantu mencegah pembusukan gigi dan gigi berlubang. Beberapa obat kumur bisa melakukan keduanya.

  • Tidak akan berpengaruh apakah Anda berkumur sebelum atau sesudah Anda menyikat gigi.
  • Desirkan obat kumur di mulut selama 30 hingga 60 detik.

16 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Taking care of your teeth and mouth. (2016). (https://www.nia.nih.gov/health/taking-care-your-teeth-and-mouth)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app