Ketahui Apakah Cegukan Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?

Dipublish tanggal: Apr 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Agu 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Ketahui Apakah Cegukan Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh?

Cegukan terjadi ketika otot diafragma yang membatasi rongga perut dan dada mengalami kontraksi. Setiap kontaksi diikuti dengan tertutupnya pita suara dan memproduksi suara seperti bunyi “hik”.

Orang dewasa biasanya cegukan karena makan dan minum terburu-buru, konsumsi alcohol dan soda dalam jumlah besar. Hampir semua orang cegukan karena penyebab yang sama. Hal ini biasanya tidak bertahan lama dan tidak berbahaya. Namun cegukan dapat juga sebagai tanda penyakit lain dan bisa jadi berbahaya serta mengancam jiwa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Batuk dan Flu via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 9

Seseorang yang cegukan dapat batuk berulang kali untuk mengeluarkan makanan atau cairan dari jalan udara atau tenggorokan. Pada kasus tertentu benda, makanan atau cairan mengganjal di tenggorokan dan menghambat suplai udara di tenggorokan.

Akibat Cegukan

Seseorang yang cegukan biasanya tidak mampu untuk bicara, batuk, membuat kegaduhan dan bernafas. Mereka juga memiliki warna bibir, kuku dan kulit yang pucat akibat kekurangan oksigen.

Mereka mungkin memberi tanda dengan menyilangkan tangan di tenggorokan untuk memberitahu orang lain bila mereka cegukan. Namun jika penderita tidak memberikan sinyal perhatikan apakah mereka melakukan hal-hal berikut:

  • Tidak dapat berbicara
  • Kesulitan bernafas atau nafas bersuara
  • Terdengar suara nyaring saat bernafas
  • Batuk, yang mungkin lemah atau dipaksakan
  • Kulit, bibir dan kuku berubah warna menjadi hitam atau biru
  • Kulit yang memerah kemudian berubah warna menjadi pucat dan kebiruan.

Penyebab

Anak-anak memasukkan benda asing ke mulut karena merasa penasaran. Selain itu mereka mungkin cegukan karena makan terlalu cepat atau berbicara saat sedang makan.

Beberapa benda yang biasanya membuat anak mengalami cegukan yaitu, popcorn, permen, penghapus pensil, potongan wortel, roti lapis, permen karet, kacang, tomat ceri, anggur, potongan besar buah dan sayur. Sementara orang dewasa biasanya cegukan ketika menelan makanan terburu-buru atau tertawa ketika sedang makan atau minum.

Cara Mengatasi Cegukan

Jika bersama orang lain

Gunakan metode red cross five and five untuk merawat seseorang tentang cegukan. Gunakan telapak tangan untuk memukul punggung seseorang yang mengalami cegukan sebanyak 5 kali. Lakukan juga manuver heimlich sebanyak lima kali. Gunakan kedua metode tersebut bergantian sampai cegukan hilang.

Iklan dari HonestDocs
Beli PARATUSIN 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Paratusin tablet 3

Beberapa langkah untuk melakukan manuver heimlich yaitu:

  • Berdiri di belakang seseorang yang cegukan sambil melingkarkan tangan ke pinggang mereka.
  • Sandarkan diri ke orang di depan.
  • Kepalkan tangan dan tempatkan pada perut mereka, di atas pusar mereka.
  • Gunakan tangan satunya untuk memegang kepalan tangan dan tekan ke perut mereka dengan gerakan ke atas.
  • Ulangi hingga lima kali.
  • Jika benda masih terjebak, ulangi hingga lebih dari 5 kali.

Jika sedang sendirian

Jika Anda sendirian dan cegukan dengan disertai sumbatan jalan nafas segera hubungi IGD untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Meskipun Anda tidak dapat melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri, Anda dapat tetap melakukan abdominal thrust untuk mengeluarkan benda asing. Langkah yang dilakukan yaitu:

  • Letakkan kepalan tangan tepat di atas pusar 
  • Pegang kepalan tangan dengan tangan satunya kemudian membungkuk ke depan
  • Dorong kepalan tangan ke depan

Jika penderita tidak sadarkan diri

Jika penderita tidak sadarkan diri, bersihkan jalan udara sebisa mungkin. Anda dapat menggunakan jari. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai menekan benda masuk ke tenggorokan. Bawa ke Instalasi Gawat Darurat untuk memulai CPR. Untuk melakukan prosedur CPR Anda harus mengikuti langkah berikut:

  • Telentangkan penderita pada permukaan yang datar
  • Berlutut di samping mereka dan tempatkan tangan di tengah dada dan posisi telapak tangan di bawah
  • Tempatkan tangan satunya lagi diatas tangan tadi. Sandarkan bahu dan tekan ke bawah dengan cepat sekitar 100 kali per menit. Hal ini disebut kompresi dada.
  • Ulangi proses ini sampai penderita bernafas kembali.

Prosedur ini tidak disarankan dilakukan pada anak-anak. Anak-anak sebaiknya hanya menggunakan manuver heimlich.

Komplikasi dapat terjadi pada penderita cegukan. Beberapa diantaranya adalah iritasi tenggorokan, kerusakan tenggorokan hingga kematian dari asfiksiasi.

Pencegahan

Anda dapat mencegah anak-anak cegukan dengan menjaga agar tempat bermain bebas dari benda kecil. Potong makanan anak dengan ukuran kecil sehingga memudahkan mereka untuk menelan. Ingatkan anak Anda untuk tidak berbicara saat makan atau minum.

Hindari cegukan dengan mengunyah makanan hingga selesai, menghindari berbicara atau tertawa saat makan dan selalu siapkan air minum di dekat Anda.

13 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Steger M, et al. Systemic review: The pathogenesis and pharmacological treatment of hiccups. Alimentary Pharmacology and Therapeutics. 2015;42:1037.
Lembo AJ. Overview of hiccups. http://uptodate.com/home.
Walsh D, et al. Hiccups. In: Palliative Medicine. Philadelphia, Pa.: Saunders Elsevier; 2009. http://www.clinicalkey.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app